Tahun 2015 Akan Terasa Lebih Lama Karena Bumi Melambat

oleh Ayu
10:15 AM on Jan 7, 2015

Waktu adalah hal yang paling misterius di dunia ini. Oleh karena itu, ilmu sains seringkali digunakan untuk mempelajari waktu yang tak bisa diubah atau dikembalikan. Manusia mempelajari tentang apa yang bisa dilakukan di masa kini dan masa depan, dari masa lalu yang hanya bisa dijelaskan lewat histori dan pengalaman.

Baca Juga :Artis Korea Yang Bergama Islam

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Namun dilansir dari Mirror (6/1), tahun 2015 adalah tahun yang akan terasa lebih lama. Tahun ini diperkirakan akan 1 detik lebih lama dibanding tahun sebelumnya. Meski hanya satu detik, hal ini juga menjadi perhatian para ilmuwan yang berusaha memahami apa dampak dari 1 detik tersebut. Hal ini disebabkan oleh lebih melambatnya rotasi bumi.

Tahun 2015 Akan Terasa Lebih Lama Karena Bumi Melambat MIRROR
Tahun 2015 Akan Terasa Lebih Lama Karena Bumi Melambat MIRROR

Ternyata adanya tambahan satu detik di bumi, dikhawatirkan bisa menyebabkan crash pada internet sejagat. Diperkirakan tambahan detik ini terjadi sekitar tanggal 30 Juni 2015. Sebagai contoh pada tahun 2012 di mana sempat terjadi leap second semacam ini, menyebabkan beberapa browser dan social media mengalami crash.

Baca Juga :10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai

Menurut Nick Stamatakos dari US Naval Observatory, tanggal 30 Juni 2015 akan terjadi selama 86.401 detik, bukan 86.400 detik. Sementara itu, Google sepertinya sudah lebih preventif dengan menambahkan sistem leap smear yang bisa menambahkan beberapa mili detik secara bertahap. Lalu, adakah dampaknya bagi penggunaan internet pada manusia?

Sepertinya ini hanya masalah waktu dan perbedaan waktu. Sementara internet adalah program yang sudah dimasukkan sistem waktu di dalamnya. Hal inilah yang mungkin akan memberikan dampak karena waktu aktual akan lebih membingungkan bagi suatu sistem yang sudah berjalan secara runtut. Sehingga memungkinkan adanya crash pada internet.

Baca Juga :10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Terbelalak

Isu seperti ini seringkali dikaitkan dengan fenomena lain seperti doomsday atau kiamat internet. Namun jangan khawatir. Hingga kini, belum ada informasi yang mengatakan bahwa internet dan komunikasi dalam kondisi yang membahayakan. (mirror).

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA