in

Syarat Berat untuk Menjadi Selir Raja di Thailand, Berpendidikan Tinggi Hingga Tak Boleh Iri

Selir raja [sumber gambar]

Dari dulu hingga sekarang, keberadaan seorang selir masih saja diterapkan oleh sebuah kerajaan. Satu raja yang memerintah, maka ia bisa punya pilihan selir yang melayaninya –terutama untuk urusan ranjang. Dalam hal ini, permaisuri juga menerima dengan lapang dada dan harus berbagi suami dengan wanita lain.

Salah satu negara yang masih menerapkan sistem kerajaan adalah Thailand, dan bisa ditebak kalau raja yang memerintah saat ini punya puluhan selir. Namun, meski hanya sebagai pelengkap di kehidupan raja, menjadi seorang selir ini juga tidak bisa asal cantik saja ya, tetapi ada syarat lain. Apa saja sih? simak terus ulasan Boombastis.com berikut ini ya!

Merupakan orang yang punya pengetahuan luas

Selir raja [sumber gambar]
Syarat yang pertama dan utama untuk menjadi selir di Thailand –dan juga berlaku pada raja-raja terdahulu—yang jelas adalah harus punya paras yang rupawan. Selanjutnya, untuk menjadi seorang selir tak cukup hanya bermodal wajah saja, tetapi juga harus punya keterampilan lain. Saat ini, raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn mempunyai puluhan selir, mereka datang dari berbagai kalangan, mulai dari selebriti, pejabat militer, militer (yang terjun ke lapangan) hingga pelayan istana.

Tidak boleh menunjukkan sifat iri kepada permaisuri

Selir tak boleh iri [sumber gambar]

Banyak yang mengatakan bahwa seorang selir itu merupakan wanita murahan, karena bagaimana pun, ia hanya menjadi teman raja, tak bisa pula sama dengan istri utama atau permaisuri. Anak-anak dari selir juga tidak bisa menjadi pewaris tahta. Namun, selir ini tetap tidak boleh melampaui batas dan ingin bersaing dengan permaisuri, apapun alasannya. Dalam sejarah kerajaan Thailand sendiri, salah seorang selir bernama Sineenat Wongvajirapakdi, karena ia berusaha menggeser posisi ratu. Wanita yang berprofesi sebagai pilot pesawat tempur ini pun dicopot gelarnya oleh raja.

Harus setia kepada raja

Setia pada raja [sumber gambar]
Sebagai seorang selir, mereka harus patuh terhadap apapun yang menjadi titah dari raja, karena memang begitulah tugas mereka. Saat sang selir mencoba untuk memberontak, tak patuh pada aturan, maka raja akan mencopot gelar mereka dan tidak lagi menjadi seorang selir. FYI, dalam kerajaan Thailand, seorang selir juga mendapatkan gelar bangsawan dari raja saat mereka diangkat menjadi selir. Gelar tersebut juga akan diambil secara tidak hormat jika mereka melanggar peraturan yang sudah ada.

Selir adalah pekerjaan yang menjadi idaman wanita

Perempuan selir raja [sumber gambar]
Meskipun tidak semua, beberapa wanita mungkin mengidamkan menjadi seorang selir. Karena, walaupun dipandang rendah, selir adalah sosok yang dihormati dalam kerajaan. Mereka juga mendapatkan banyak fasilitas mewah dari raja. Menjadi seorang selir membuka jalan bagi seorang wanita untuk bisa merasakan hidup dalam gelimang harta. Perilaku selir juga dinilai oleh raja, jika mereka membelot, tak setia, atau melampaui batas yang sudah dijanjikan, maka gelar mereka akan dicopot.

BACA JUGA: Macam Begini Syarat Ketat Bagi Wanita Zaman Dulu untuk Bisa Diangkat Selir oleh Raja-Raja Jawa

Nah, di tengah pandemi corona ini, kabarnya raja Thailand akan membawa 20 selirnya mengisolasi diri dalam hotel di Jerman. Tugas mereka, sudah pasti melayani apapun yang diinginkan oleh raja. Tetapi, tetap saja, sebagai selir, seorang wanita tak akan bisa mengungguli permaisuri.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kaya Raya dan Jadi Anggota Dewan, Ternyata Ahmad Sahroni Tak Pernah Bertemu Ayahnya

Mengenal Blok Migas Rokan, Kekayaan Terbesar RI Selain Tambang Emas Freeport di Papua