Macam Begini Syarat Ketat Bagi Wanita Zaman Dulu untuk Bisa Diangkat Selir oleh Raja-Raja Jawa

oleh Rizal
13:50 PM on Sep 17, 2016

Meskipun hanya pelengkap, keberadaan selir sungguh nggak bisa dipisahkan dari sebuah sistem kerajaan. Mereka mungkin bukan siapa-siapa dan nggak berpengaruh apa-apa, tapi eksistensi mereka sangat dibutuhkan oleh raja. Meskipun itu pun hanya untuk urusan kasur saja.

Kesannya yang seolah hanya jadi sampingan membuat banyak orang menganggap selir itu murahan. Asal cantik pasti sang raja bakal menerimanya. Ternyata nggak seperti itu. Cantik memang wajib hukumnya, tapi nggak hanya itu saja yang menjadikan seorang wanita bisa diterima raja sebagai selir. Ada berbagai macam syarat dan ketentuan berat yang harus dipenuhi untuk itu.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Dalam budaya kerajaan Jawa zaman dulu, mereka juga menganut sistem pemilihan selir macam ini. Para calon selir harus punya kriteria khusus serta sanggup melulusi semua syarat-syarat berat yang ada. Dan berikut ini adalah syarat-syarat yang dimaksud yang harus dipenuhi seorang wanita untuk jadi selir.

Seorang Calon Selir Haruslah Cantik

Nggak ada ceritanya seorang selir itu adalah wanita yang biasa-biasa saja fisiknya. Mereka selalu berparas sangat-sangat cantik dan benar-benar tanpa cela sedikit pun. Kecantikan memang adalah syarat utama bagi mereka yang ingin dipersunting raja. Dan ini adalah semacam hal yang nggak bisa dinego alias ditolerir. Semahir apa pun seorang calon selir kalau ia tidak begitu cantik, maka mustahil untuk dipilih.

Selir harus cantik [Image Source]
Selir harus cantik [Image Source]
Cantik memang syarat utama, tapi bukan yang sembarang cantik. Raja hanya menghendaki selir yang memiliki kecantikan unik dan beda. Maksudnya, seperti semacam kembang desa atau wanita yang paling menonjol sendiri kecantikannya di sebuah wilayah tertentu. Kalau syarat cantik ini terpenuhi, bisa dianggap si wanita itu setengah lulus dari semua syarat menjadi selir.

Calon Selir Harus Berasal dari Keluarga Terpandang

Meskipun selir bukanlah hal yang benar-benar penting, tapi sedikit banyak mereka turut memengaruhi pamor sang raja. Selir yang berasal dari kaum kelas atas jelas akan membuat wibawa raja jadi terjaga, begitu pula sebaliknya. Makanya, syarat berikutnya bagi seorang wanita yang ingin diangkat sebagai selir adalah harus berasal dari keluarga terpandang.

Harus dari keluarga baik-baik [Image Source]
Harus dari keluarga baik-baik [Image Source]
Nggak harus dari keluarga bangsawan atau saudagar kaya, raja juga tak keberatan untuk mengambil selir dari keluarga biasa yang terpandang dan dikenal baik. Misalnya pemangku pejabat setempat atau mungkin keluarga kecil yang dikenal masyarakat baik dan santun. Biasanya, para selir yang berasal dari keluarga rata-rata akan didukung oleh sanak familinya. Pasalnya, ini akan meningkatkan level si keluarga, terutama dalam hal ekonomi.

Sopan Santun dan Tahu Etika

Syarat berikutnya bagi seorang wanita untuk bisa diangkat jadi selir adalah bisa menjaga tabiat dan sopan santun. Ketentuan satu ini bisa dibilang sangat penting. Pasalnya, meskipun cantik nggak karuan dan berasal dari keluarga terpandang, kalau nggak punya sopan santun maka sama seperti nggak ada nilainya.

Selir harus punya sopan santun (ilustrasi) [Image Source]
Selir harus punya sopan santun (ilustrasi) [Image Source]
Hidup di lingkungan kerajaan aturannya jelas berbeda. Kalau pribadi si calon selir sendiri nggak santun, maka tentu akan sangat sulit untuk menyesuaikan diri. Jika diangkat jadi selir, tentu kelakuannya nanti bakal bikin raja malu. Adalah hal yang sangat memalukan dan mencoreng wibawa kalau sampai raja dipermalukan oleh seorang selir.

Harus Punya Keahlian Khusus

Nggak cukup dengan cantik, sopan, dan dari keluarga terpandang, seorang calon selir juga harus memiliki keahlian khusus. Keahlian ini juga nggak sembarangan dan harus yang benar-benar merepresentasikan karakter wanita halus. Misalnya saja membatik atau menari.

Selir harus bisa menari [Image Source]
Selir harus bisa menari [Image Source]
Ketika seorang gadis memiliki dua keahlian ini sekaligus, maka besar sekali kemungkinannya untuk diterima. Tapi, jika hanya punya salah satu keahlian saja, maka kesempatan diterimanya pun sedikit. Meskipun begitu, ada semacam pendidikan khusus bagi para calon selir untuk bisa mematangkan kemampuan menari atau membatik mereka.

Kesan seorang selir mungkin tidak sementereng ratu, tapi ternyata mereka bukanlah wanita sembarangan. Para selir punya kualitas luar biasa di samping fisik mereka yang pasti cantik nggak karuan. Meskipun begitu adanya sistem selir ini adalah hal yang secara nggak langsung merendahkan wanita. Bagaimana tidak, selir tidak terikat hubungan pernikahan dengan raja. Secara tidak langsung selir pun tak lebih hanya sebagai alat pemuas saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA