Sebelum terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di bidang hasil laut dan transportasi udara. Perjalanan Susi merintis bisnis pun cukup berliku dan penuh dengan kisah yang menarik. Salah satunya adalah ketika dirinya membeli puluhan pesawat sekaligus.

Pengalaman inilah yang dibagikannya ketika berbincang-bincang dengan Sandiaga Uno, yang diunggah di saluran YouTube Sandiuno TV, Kamis (9/7/2020). Sebagai sesama pengusaha, Sandiaga sempat kaget dengan pembelian puluhan pesawat terbang tersebut. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Borong 30 pesawat saat melihat-lihat pameran dirgantara di Singapura

Foto Susi saat hadir di pameran Air Show [sumber gambar]
Sosok Susi sempat menjadi perbincangan publik saat foto lamanya yang tengah duduk ngemper di lantai viral di dunia maya. Saat itu, ia tengah mengunjungi Event Sing Air Show di Singapura. Siapa sangka jika kedatangan Susi di pameran dirgantara tersebut bakal membeli 30 pesawat terbang.

Digunakan untuk menjalankan bisnisnya di bidang perikanan

Susi Pudjiastuti dan Sandiaga Uno [sumber gambar]
Dalam video berjudul ‘SAHABAT LAMA BERTEMU, NOSTALGIA HINGGA NGOMONGIN BISNIS’ yang diunggah di Sandiuno TV, Kamis (9/7/2020), Sandiaga sempat kaget dengan pembelian 30 pesawat terbang tersebut yang menurutnya seperti membeli kacang. Menanggapi hal tersebut, Susi menjelaskan bahwa armadanya itu digunakan untuk mengekspor hasil laut PT ASI Pudjiastuti sebagai produk segar dan masih dalam kondisi hidup.

Sempat digunakan untuk membantu korban tsunami Aceh

Ilustrasi pesawat Susi Air [sumber gambar]
Pesawat yang dibeli Susi tersebut pertama datang pada Agustus 2004 dan mulai terbang pada November 2004. Lalu peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh di Desember 2004, membuat Susi tergerak untuk membantu korban bencana yang ada. Pesawatnya kemudian banyak mengangkut pendonor dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGO).

Armada pesawat yang kini menjadi bagian dari Susi Air

Armada Susi Air [sumber gambar]
Selain disewa untuk pegawai LSM dan NGO, pesawat milik Susi juga digunakan membantu pengiriman peralatan dan obat-obatan bagi regu penolong. Hasil dari sewa tersebut kemudian digunakan kembali untuk membeli pesawat baru dan membangun masjid di dekat rumahnya. Armada-armada tersebut kini menjadi bagian dari Susi Air.

Sukses dikenal sebagai pengusaha dan Menteri

Dikenal sebagai sosok Menteri sekaligus pengusaha [sumber gambar]
Nama Susi Pudjiastuti mulai banyak dikenal setelah terpilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Kebijakannya dalam memerangi illegal fishing membuat nama wanita yang juga dikenal sebagai pengusaha hasil laut itu makin melambung.

BACA JUGA: Tak Dipanggil ke Istana, Jasa Besar Susi Pudjiastuti Ini Bakal Dirindukan Netizen Tanah Air

Meski kini tak lagi berkecimpung di pemerintahan, rekam jejak Susi Pudjiastuti sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan akan terus dikenang oleh masyarakat. Terutama ketegasannya melawan pelaku illegal fishing dengan jargon ‘Tenggelamkan’ yang fenomenal itu. Luar biasa ya Sahabat Boombastis.