in

Tak Dipanggil ke Istana, Jasa Besar Susi Pudjiastuti Ini Bakal Dirindukan Netizen Tanah Air

Belakangan, #BuSusi dan #WeWantSUSI menjadi trending topic di media sosial Twitter. Hal ini terkait dengan detik-detik Presiden Joko Widodo mengumumkan nama menteri pilihannya dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Sayang, nama Susi Pudjiastuti tak masuk daftar.

Dilansir dari CNBC Indonesia, dirinya digantikan oleh Edhy Prabowo, politisi Partai Gerindra yang sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru. Alhasil, netizen pun mengomentari hal tersebut dengan cara yang beragam. Intinya, mereka merindukan sosok Susi dengan segala kebijakannya. Yuk, intip jasa dan prestasi dari sosok wanita yang juga seorang pengusaha tersebut di bawah ini.

Dikenal tegas dalam memerangi praktik pencurian ikan oleh kapal asing

Jargon ‘tenggelamkan’ menjadi salah satu hal yang paling diingat dari sosok Susi Pudjiastuti. Sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan periode 2014-2019, dirinya dengan berani menindak tegas pada pencuri ikan dengan ancaman penenggelaman kapal. Dilansir dari CNBC Indonesia, Menteri Susi sukses tenggelamkan sebanyak 488 unit sejak Oktober 2014 hingga Agustus 2018.

Sukses menurunkan tingkat illegal fisihing menjadi 64 persen

Turunkan angka illegal fishing dengan kebijakannya [sumber gambar]
Dengan kebijakan penenggelaman kapal, tingkat kegiatan illegal fishing atau pencurian ikan menurun hingga 64 persen. Hal ini dilihat dari berkurangnya jumlah kapal yang ditenggelamkan dari sebelumnya mencapai 294 kapal, turun menjadi 106 kapal sepanjang 2018. Hal ini pun mengindikasikan berkurangnya aktivitas IUU fishing di Indonesia, khususnya yang dilakukan oleh kapal ikan berbendera asing.

Konsumsi ikan pada masyarakat yang juga ikut naik secara siginifikan

Sukses meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat [sumber gambar]
Selama dirinya menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, kebijakan yang disusun terbukti sukses. Salah satunya adalah konsumsi ikan nasional di tahun 2016 meningkat dari sebelumnya 36 kilogram (Kg), menjadi 43 Kg. Bahkan, stok ikan Indonesia terus meningkat setiap tahun, di mana hasilnya meningkat dar 6,5 juta ton pada 2013, naik sebesar 12,51 juta ton pada 2017.

Meningkatkan upaya kesejahteraan bagi nelayan

Menteri Susi saat bersama pedagang ikan dalam sebuah kunjungan [sumber gambar]
Bagi nelayan, kebijakan yang paling dirasakan adalah nilai tukar nelayan, nilai tukar usaha perikanan, serta PDB perikanan dalam 4,5 tahun terakhir naik hampir 50%. “Kita telah menyumbangkan kenaikan melebihi 100% dibandingkan sebelumnya. PNBP juga naik, namun yang lebih menggembirakan nilai tukar para nelayan, daya beli para nelayan naik. itu adalah salah satu ciri kesejahteraan mulai dirasakan,” tegasnya yang dikutip dari Ekonomi Bisnis.

Kebijakan yang membuat sektor perikanan RI menjadi yang terbaik di Asia Tenggara

Dengan segala pencapaian di atas, hal tersebut kemudian berpengaruh pada sektor perikanan RI secara keseluruhan. Kebijakan strategis yang ditunjang lewat ketegasan dirinya melawan praktik pencurian ikan, membuat neraca perdagangan Indonesia untuk pertama kalinya menjadi nomor satu di Asia Tenggara. “NTN (nilai tukar nelayan) naik 5 sampai 7 persen, NTUP (nilai tukar usaha perikanan) naik sampai 120 berarti kenaikannya 20 persen. Neraca perdagangan kita untuk pertama kalinya menjadi nomor satu di Asia Tenggara khusus untuk perikanan,” jelasnya yang dikutip dari Merdeka.

BACA JUGA: Kiprah Erick Thohir, Miliarder Indonesia yang Dikenal Lewat Bisnis dan Prestasinya

Melihat sederet prestasi dan memberikan dampak positif pada sektor perikanan di atas, seorang Susi Pudjiastuti di atas tentu dianggap masih bisa dipilih sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan untuk periode kedua. Meski tak terpilih, setidaknya Susi telah meninggalkan rekam jejak yang bagus sehingga sosoknya dirindukan oleh masyarakat.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Angin Kencang Terjadi di Beberapa Wilayah, Ternyata Ini Loh yang Menjadi Penyebabnya

10 Potret Menawan Sandhyca Putrie, Ajudan Pribadi Iriana Jokowi yang Cantiknya Gak Kira-kira