Tiap sungai di Indonesia pasti menyimpan ceritanya masing-masing. Biasanya hal pertama yang terlintas ketika berwisata ke aliran air ini adalah rafting. Padahal banyak hal yang bisa dilakukan di sungai kecuali bertarung melawan derasnya arus di sana. Bener kan?

Baca Juga :5 Gadis Cantik Ini Putri Pejabat di Indonesia Lho!

Berikut ini akan dibeberkan beberapa traveling hemat wisata sungai selain rafting yang bisa traveler nikmati di Indonesia. Misalkan saja berselancar di atas sungai di Riau, atau menikmati panorama di sepanjang aliran sungai dengan menggunakan kapal mewah bisa jadi alternatif seru menikmati wisata yang sederhana tapi asyik. Jika Anda tertarik memasukkan kegiatan di sungai berikut ini, silakan simpan laman berikut dan segerakan berencana menjelajahinya.

Artikel Lainnya
Tak Disangka, Beginilah Rahasia Timnas Kroasia Mampu Tampil Berjam-Jam Sebelum Final
Ryuji Utomo Sudah Move On dari Ariel Tatum, Ini 10 Potret Pacar Barunya yang Tak Kalah Cantik

1. Sungai Kampar, Riau – Berselancar Seru Ala di Pantai Kuta

Siapa bilang berselancar itu cuma bisa dilakukan di laut? Datanglah ke Sungai Kampar, Riau dan lihatlah pemandangan tak biasa di sana. Banyak peselancar sedang asyik surfing di sungai ini. Memang satu hal yang istimewa dari sungai Kampar ini yaitu pada waktu-waktu tertentu timbul ombak besar yang bisa digunakan untuk berselancar.

Surfing di Sungai kampar
Surfing di Sungai kampar

Meski cuma berstatus sebagai sungai yang dapat digunakan sebagai tempat selancar namun jangan salah, sungai ini sudah sangat dikenal oleh para peselancar dunia lho! hebat kan. Dan serunya lagi ombak yang tercipta kadang sangat besar sehingga dapat “ditunggangi” para peselancar. Ombak besar ini disebut dengan “Bono” oleh penduduk lokal maupun peseancar dunia.

Nah untuk mendapatkan Bono dalam ukuran besar datang saja saat bulan purnama penuh. Saat puncak Bono, ketinggian gelombang dapat mencapai tiga meter. Walaupun saat Bono kecil, peselancar masih bisa saja berselancar dan cocok untuk kelas pemula.

Selanjutnya : 2. Sungai Ayung, Bali – Nikmati Spa Nyaman di Tepi Sungai

2. Sungai Ayung, Bali – Nikmati Spa Nyaman di Tepi Sungai

Nah mungkin ini bisa jadi alternatif wisata di pulau Dewata. Biasanya tujuan utama ke Bali tidak jauh-jauh dari menikmati sunset di pantai. Jika bosan dengan hal itu coba datang ke Sungai Ayung yang berada di Ubud, Gianyar, Bali. Tak hanya pantainya saja yang terkenal di Bali, buktinya sungai ini telah lama memukau wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Spa di Sungai Ayung
Spa di Sungai Ayung

Sebuah resort di Ubud menawarkan spa persis di tepian Sungai Ayung. Uniknya jika di tempat spa para tamu akan dipijat dengan berbaring di atas dipan khusus, lain halnya jika spa di resor ini, tamu akan dipijat dan tidurnya di atas batu kali yang besar. Coba bayangkan bagaimana nyamannya spa di pinggir sungai, dipijit sambil menikmati aliran sungai dan suasana asri lingkungan sekitar sungai.

Selanjutnya : 3. Sungai Kalisuci, Gunung Kidul – Cave Tubing Menantang

3. Sungai Kalisuci, Gunung Kidul – Cave Tubing Menantang

Di sungai yang satu ini para traveler dapat menguji adrenalinnya, bagai mana tidak, spot yang satu ini menggabungkan kegiatan body rafting dengan caving atau aktifitas menyusuri gua. Traveler bisa merasakan tantangan saat melewati bebatuan dan jeram kemudian menjelajahi kegelapan gua yang mendebarkan.

Kali Suci
Kali Suci

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Bermitos Membuat Hubungan Tak Langgeng, Berani?

Dengan berbekal perlengkapan seperti helm pelindung, jaket pelampung dan ban karet, traveler diajak menyusuri sungai bawah tanah. Dalam perjalanannya tidak hanya menyusuri sungai-sungai saja lho, sesekali traveler akan melewati gua-gua bawah tanah. Sensasi mendebarkan akan tersaji kala melewati lorong gelap gua. Jika tertarik menjelajahi sungai ini datang saja langsung ke Kalisuci yang berada di Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selanjutnya : 4. Sungai Maron, Pacitan – Menikmati Alam Seindah Amazon

4. Sungai Maron, Pacitan – Menikmati Alam Seindah Amazon

Sungai Maron berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai Maron mengalir bermuara menuju Pantai Ngiroboyo. Yang istimewa dari sungai ini adalah suasana alam sepanjang aliran sungai yang masih alami dan segar. Buat traveler bisa menikmati alam sekitar sungai dengan berlayar menggunakan perahu.

Sungai Maron
Sungai Maron

Untuk mendapatkan suasana yang maksimal pilihlah rute perjalanan menyusuri sungai dengan perahu dari Dersono menuju muara sungai di Pantai Ngiroboyo kemudian kembali lagi ke Dersono. Melihat jajaran pohon kelapa yang berjajar di pinggir sungai serta pohon-pohon yang masih asri seakan-akan membawa traveler menyusuri indahnya sungai Amazon yang sangat terkenal itu.

Satu lagi bonus yang didapat traveler yang melakukan perjalanan via perahu, yaitu treveler akan terdampar di pantai berpasir hitam yang indah di pantai Ngiroboyo. Nah sebelum pulang ke Dersono silakan puaskan diri Anda dengan bermain air ataupun pasir di pantai ini.

Selanjutnya : 5. Sungai Martapura, Kalimantan Selatan – Wisata Belanja di Pasar Apung

5. Sungai Martapura, Kalimantan Selatan – Wisata Belanja di Pasar Apung

Belanja gak harus ke mall atau pusat perbelanjaan modern. Sekali-kali cobalah berbelanja di pasar apung tradisional dan nikmati sensasi belanja yang berbeda dari biasanya. Untuk dapat berbelanja di pasar apung salah satunya traveler dapat mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di Sungai Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sungai Martapura
Sungai Martapura

Pasar ini dianggap sebagai pasar terapung yang masih tradisional. Para pedagang berjualan dengan perahu tradisional atau jukung. Berbagai hasil pertanian dan perkebunan mereka jajakan di atas sungai. Namun kerena adanya arus sungai yang agak deras kadang sulit juga mengendalikan perahu, sehingga buat traveler yang tidak ingin ribet bisa bertransaksi di pinggir sungai saja, nanti pedagang yang akan menghampiri pembeli.

Apakah Anda tertarik berwisata sungai? jika iya segera kemasi barang Anda dan berangkat menjelajahi sungai-sungai indah tersebut di akhir pekan.

Artikel Seru Lainnya: Ingin Tahu Tanda-Tanda Rumah Berhantu? Kenali 5 Hal Ganjil Ini!