Inilah 5 Suku Asli Indonesia yang Banyak Mendapatkan Perhatian Dunia Internasional

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 30, 2016

Menurut sensus penduduk di tahun 2010 silam, Indonesia memiliki setidaknya 1.340 suku bangsa yang tersebar dari timur hingga ke barat. Suku-suku itu mendiami kawasan pedalaman seperti di hutan belantara hingga di rimbunnya hutan beton seperti di Jakarta dan Surabaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan karya seni yang berbeda. Orang yang tinggal di kawasan Sumatra akan memiliki kebudayaan yang berbeda dengan yang ada di kawasan Bali. Ragam kebudayaan yang sangat kaya dan kental ini membuat banyak masyarakat dunia jadi tertarik, mereka rela datang untuk melihat dan mempelajari budaya yang orang Indonesia sendiri saja kadang tidak tahu.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Baca Juga :5 Fakta Panglima Burung, Sosok Sakti yang Sangat Dihormati Oleh Suku Dayak

Dari berbagai suku yang tinggal di Indonesia, lima suku di bawah paling menarik perhatian. Yuk, simak suku apa saja yang bisa membuat bule kesengsem!

1. Suku Dani

Suku Dani adalah satu dari beberapa suku bangsa di Papua yang banyak menarik perhatian dunia internasional. Suku yang tinggal di kawasan Lembah Baliem ini memiliki keunikan dari segi budaya dan juga seni. Masyarakat Suku Dani menjaga budayanya agar tetap asli hingga modernisasi tidak bisa masuk dan membuat semuanya jadi hancur.

Suku Dani [image source]
Suku Dani [image source]
Selanjutnya, masyarakat Suku Dani juga memiliki banyak sekali upacara-upacara tradisional yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Mereka memiliki tradisi memotong jari jika keluarga ada yang meninggal dunia sebagai ungkapan kekalutan dan kesedihan. Terakhir, Suku Dani juga memiliki mumi yang kerap diperlihatkan kepada wisatawan dari dalam dan luar negeri yang kebetulan singgah.

2. Suku Dayak

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Suku Dayak adalah salah satu daya tarik yang kuat bagi para wisatawan dari berbagai negara. Suku yang banyak mendiami kawasan Kalimantan ini memiliki kebudayaan, kesenian, dan kerajinan tangan yang sangat unik hingga selalu dicari banyak orang baik dari dalam mau pun luar negeri.

Suku Dayak [image source]
Suku Dayak [image source]
Suku Dayak memiliki tarian-tarian yang unik seperti Tari Kancet Papatai, Taru Ledo, dan Tari Pecuk Kina. Selain tarian, suku dayak juga punya kerajinan berupa kain ayaman yang berwarna-warni dan aksesori dari manik yang disusun sedemikian rupa. Selain dua hal yang telah disebutkan sebelumnya, Suku Dayak juga membuat mandau dan perisai yang memiliki banyak motif.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA