3. Suku Nias

Suku Nias adalah salah satu suku paling unik yang ada di Indonesia. Suku yang terletak di Pulau Nias ini memiliki kebudayaan megalitikum yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kalau Anda berkunjung ke Pulau Nias sempatkan untuk datang ke kawasan Bukit Matahari yang masih menjaga tradisi-tradisi Nias sejak ribuan tahun yang lalu.

Suku Nias [image source]
Suku Nias [image source]
Oh ya, Suku Nias juga dikenal sebagai salah satu suku petarung Indonesia. Warrior of Nias kerap disematkan kepada petarung dari Nias yang di masa lalu dengan gagah berani melawan penjajahan Belanda juga penculikan-penculikan warga yang nantinya akan digunakan untuk budak.

4. Suku Kamoro

Papua memang selalu memesona banyak orang meski wilayah ini kerap dianaktirikan oleh pemerintah Indonesia. Selain Suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Suku Kamoro yang tinggal di wilayah pesisir juga banyak menyita perhatian dunia. Kebudayaan suku ini banyak dipertontonkan di berbagai even internasional seperti di Belanda dan Brasil.

Suku Kamoro [image source]
Suku Kamoro [image source]
Salah satu keunikan dari Suku Kamoro adalah tarian, anyaman, dan juga ukiran. Suku Kamoro sangat menjunjung tinggi ukiran-ukiran yang dihasilkan oleh warganya. Semakin bagus ukiran, maka semakin tinggi pula derajat pembuat hingga akan semakin dihormati oleh banyak orang.