Piala dunia menjadi event sepak bola terakbar yang ada di bumi ini. Acara yang dilaksanakan empat tahun tersebut selalu dapat menyedot banyak perhatian orang. Bahkan melalui piala dunia sebuah negara bisa menjadi terkenal dan meningkatkan perekonomian. Jadi tidak heran apabila banyak negara berlomba untuk menjadi tuan rumahnya. Bagaikan tidak mau ketinggalan, Indonesia pun pernah mengusulkan dirinya untuk menjadi tuan rumah.

Ada hal berat bagi sebuah negara jika ingin piala dunia diselenggarakan di tempatnya. Mereka harus memenuhi infrastruktur seperti FIFA inginkan. Seperti yang sudah-sudah, banyak stadion dibangun untuk ajang ini oleh si penyelenggara. Nah, soal stadion dengan kualitas FIFA, apakah Indonesia sudah memilikinya? Kamu mungkin berpikir belum ya, tapi faktanya negara kita mempunyainya. Lalu stadion mana saja yang ternyata layak untuk gelaran sekelas piala dunia? Simak ulasannya berikut ini.

Stadion Gelora Bung Karno

Gelora bung karno [Image source]
Stadion ini tentu dapat dikatakan sangat layak digunakan menyelenggarakan Piala Dunia. Apalagi melihat perubahannya yang sangat fantastis dengan dilengkapi fasilitas hebat. Stadion ini mampu menampung 88.000 ribu penonton, rumput berstandart FIFA, ditambah keamanan tingkat tinggi membuatnya sangat tepat digunakan sebagai stadion untuk menggelar pertandingan antar negara tersebut. Ditambah suasana Jakarta sebagai ibukota tentu akan membuat para supporter belahan dunia betah dan kerasan berada di Indonesia.Aakses menuju stadion juga dikatakan mudah karena akan ada banyak pilihan transportasi, dari MRT sampai Busway.

Gelora Bandung Lautan Api

Gelora Bandung Lautan Api [Image source]
Berbicara tempat ini tentu merupakan nama yang tidak asing di telinga para pencinta bola. Stadion yang sering digunakan Persib ini memang salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasi yang strategis berada disamping tol Bandung-Sukarno hatta membuatnya sangat mudah dijangkau. Apalagi FIFA sering menekankan masalah transportasi untuk penyelenggara. Stadion baru ini juga memiliki fasilitas tidak kalah dengan GBK. Salah satunya adalah penerapan rumput berstandart FIFA. Sayangnya, stadion ini hanya menampung kurang dari 40.00 ribu penonton saja. Meski perlu penambahan tapi cukup layak untuk dijadikan venue piala dunia.

Stadion Pekansari Bogor

Stadion Pekansari [Image source]
2014 merupakan kali pertama tempat ini rampung dibangun. Sebagai stadion pengangti GBK saat Indonesia bertanding, Pekasari juga dapat dikatakan layak digunakan sebagai venue untuk piala dunia. Bahkan stadion masuk verifikasi AFC untuk dijadikan tempat kejuaraan AFC U19 tahun ini. Jadi wajar apabila nantinya dapat digunakan sebagai lapangan Piala Dunia. Meskipun hanya mampu menampung 33.000 penonton tapi stardart rumput dan pencahayaan tentu dirinya sangat sesuai untuk Pildun. Ditambah lokasi mudah dijangkau dekat tol dan stasiun kereta api membuat stadion ini makin memenuhi syarat.

Gelora Jakabaring Palembang

Stadion Jakabaring Palembang [Image source]
Palembang tentu tempat sangat siap menyelenggarakan ajang piala dunia. Mengikuti GBK, stadion Jakabaring ini juga mengalami banyak renovasi. Dari mulai rumput, lampu sampai tribun penonton. Stadion yang dipersiapkan untuk Asean Games ini mampu menampung 27.000 penonton. Dan menjadikannya tambah layak adalah, akses menuju stadion ini juga mudah, dapat dicapai dengan berbagai alat transportasi. Meskipun apabila digunakan stadion harus menambah kapasitas penontonnya, tapi beberapa event besar pernah diselenggarakan di sana. Tentu semakin membuatnya layak untuk jadi tuan rumah Piala Dunia.

Stadion Palaran Samarinda

Stadion Palarang [Image source]
Palaran tentu menjadi stadion berikutnya yang dapat digunakan sebagai tempat penyelengara piala dunia. Fasilitas unggul berupa rumput, bangku tribun, locker room sampai pencahayaan adalah alasannya. Stadion yang jarang dipakai ini memang sangat bagus, bertipe stadion olimpic membuatnya gagah berdiri. Dan hebatnya lagi mampu menampung lebih dari 50.000 penonton. Letaknya yang di Kalimantan tentu akan membuat budaya Indonesia semakin dikenal. Meskipun sangat pas tapi stadion ini memiliki akses yang sulit dan jauh dari kota.

Berbagai stadion megah ini tentu dapat menjadikan Indonesia menyelenggarakan piala dunia. Namun, harus tetap ada perbaikan dari berbagai sektor, untuk lebih menunjang tempat tersebut. Karena banyak negara keluar uang banyak untuk memenuhi standar FIFA. Selain itu Indonesia juga harus menyiapkan timnas supaya nantinya dapat berjaya pada ajang tersebut. Bebagai pencinta bola yang budiman apa kalian setuju piala dunia diselenggarakan di Indonesia?