Tidak Hanya Kim Jong Un, 5 Orang Korea Utara ini Juga Punya Pengaruh Besar Bagi Negaranya

oleh Rizal
14:00 PM on Jan 27, 2016

Ketika membahas tokoh-tokoh penting Korea Utara, maka yang terlintas dalam pikiran kita selalu Kim Jong Un. Padahal si diktator muda ini tidaklah seberapa penting kiprahnya apalagi dibanding para pendahulunya seperti Kim Jong Il atau pendiri Korea Utara Sendiri, Kim Il Sung. Sebenarnya jika mau melihat lebih luas lagi, Korut punya banyak tokoh-tokoh penting lain. Eksistensi mereka juga tak kalah urgent-nya bagi perkembangan negara tetangga Korsel ini.

Satu hal yang mungkin kita tidak tahu tentang negara satu ini, ternyata tokoh-tokoh Korut yang berjasa besar juga sangat dihormati layaknya pahlawan pada umumnya. Tapi, tentu saja tidak segila seperti penghormatan kepada Kim Il Sung dan Jong Il yang dibuatkan patung besar dan kemudian menyuruh orang-orang Korut untuk membungkuk di hadapannya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Nah, berikut adalah tokoh-tokoh penting di Korut yang kiprahnya mungkin jauh lebih istimewa dari pada Kim Jong Un yang berkuasa hanya karena garis keturunan.

1. Kim Chaek

Kim Chaek adalah tokoh penting Korut di awal pembentukannya. Ia adalah salah seorang pengikut setia Kim Il Sung dan menemani tokoh pendiri Korut itu kemana pun ia pergi. Kiprah Kim Chaek mulai dikenal  lewat peran aktifnya dalam pering gerilya melawan Jepang di tahun 1927. Kemudian diketahui Kim Chaek pergi ke Rusia dan kemudian membentuk tentara elit di sana bernama 88th Special Brigade.

Gara-gara perjuangannya juga, negara Korut bisa berdiri [Image Source]
Gara-gara perjuangannya juga, negara Korut bisa berdiri [Image Source]
Cukup lama Kim Chaek di Rusia hingga akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Korut. Ketika Kim Il Sung menjabat sebagai pimpinan tertinggi, Kim Chaek pun diangkat pula menjadi pejabat sekelas menteri. Karir militer Kim Chaek makin dikenal lewat Perang Korea. Sayangnya, di perang ini ia melakukan banyak kesalahan. Kim meninggal pada tahun 1951 lantaran serangan jantung. Namun, sebagian ada yang mengklaim kalau Kim tewas karena diracun.

2. Ri Sung-gi

Alasan kenapa Amerika segan dengan Korut tak lain karena negara ini punya banyak koleksi nuklir yang tiap saat bisa saja diluncurkan. Atas hal ini biasanya orang-orang akan langsung memberikan salut kepada tokoh-tokoh pemimpin Korut tanpa pernah tahu ada seseorang yang penting di balik realisasi nuklir negara komunis ini. Ya, orang tersebut bernama Ri Sung-gi.

Kim Jong Il saat mengunjungi pabrik vinalon buatan Ri Sung-gi [Image Source]
Kim Jong Il saat mengunjungi pabrik vinalon buatan Ri Sung-gi [Image Source]
Ri dikenal karena keterlibatannya secara aktif dalam proyek nuklir Korut. Tercatat ia menyumbang penemuan penting berupa zat kimia bernama Vinalon. Semasa hidupnya ia pernah menerima Lenin Prize dan penghargaan ini membuat Sung-gi diangkat sebagai kepala Atomic Energy Research Institute di tahun 1965.

3. To Yu-ho

Soal sains dan teknologi, Korea Utara nampaknya tidak boleh dipandang sebelah mata. Tanpa pernah diketahui, mereka diam-diam membuat banyak progres yang bagus. Di bidang arkeologi, pemerintah Korut membuka banyak situs ekskavasi. Prestasi yang membanggakan ini takkan pernah terjadi jika pria bernama To Yu-ho tak pernah lahir.

Gara-gara To Yu-ho Korut mengalami kemajuan di bidang arkeologi [Image Source]
Gara-gara To Yu-ho Korut mengalami kemajuan di bidang arkeologi [Image Source]
Ya, pria satu ini bisa dianggap sebagai bapak arkeologi Korut. Ia adalah beberapa gelintir orang Korut yang bisa memiliki gelar doktoral di tahun 40an. Selain menjabat sebagai kepala arkeolog, Yu-ho juga mengisi waktunya sebagai profesor di Kim Il Sung University.

4. No Kum-sok

Pria satu ini mungkin bisa dibilang salah satu penerbang terbaik yang dimiliki Korea Utara. Kiprahnya cukup diakui selama pergolakan Perang Korea. Jabatan terakhirnya di negeri yang didirikan Kim Il Sung itu adalah sebagai Letnan. Kum-sok sebenarnya bukan tokoh pembesar yang bikin bangga Korut. Ia justru jadi saksi kalau hidup di bawah diktator itu sangat tidak menyenangkan.

Pria ini dikenal dunia gara-gara pelariannya dari Korut yang sangat epic [Image Source]
Pria ini dikenal dunia gara-gara pelariannya dari Korut yang sangat epic [Image Source]
Kum-sok dikenal dunia lantaran usahanya dalam melarikan diri dari Korut. Ketika itu ia berhasil lolos dari kejaran pesawat Korut dan landing di Korea Selatan. Aksi ini mendapatkan apresiasi besar dari Sekutu yang kemudian memberikannya uang tunai yang nilainya hampir $1 juta kalau dikonversikan nilainya hari ini. Kisahnya sendiri tercatat manis dalam sebuah buku laris yang diliris tahun kemarin oleh penulis kenamaan Blaine Harden.

5. Kyong Wonha

Selain Ri Sung-gi nama Kyong Wonha juga dikenal sebagai sosok yang membuat Korut akhirnya berhasil membangun instalasi nuklirnya. Wonha adalah seorang ilmuwan nuklir kenamaan Korut. Tidak banyak informasi lebih lanjut tentang sosok satu ini. Di mana ia menempuh pendidikannya, serta raihan lain apa yang berhasil dicapainya. Namun yang jelas, Wonha memang jenius dan sangat dibutuhkan Korut.

Wonha memegang pernanan penting bagi perkembangan nuklir Korut [Image Source]
Wonha memegang pernanan penting bagi perkembangan nuklir Korut [Image Source]
Namun sayangnya, pada akhirnya Wonha memilih untuk mengikuti jejak No Kum-sok dengan keluar dari Korut. Entah apa alasannya, namun sepertinya ini lebih kepada tekanan yang dialaminya selama menjadi orang penting di Korea. Kyong Wonha sendiri dikabarkan kabur dengan bantuan pemerintah Spanyol di tahun 2002 lalu.

Ada banyak orang hebat di Korea Utara, hanya saja pamor mereka tak sejumawa para pemimpin yang melegenda kediktatorannya itu. Terlepas dari bagaimana kiprah mereka serta pengaruhnya bagi Korut, yang jelas ini jadi bukti jika di negara tetangga Korea Selatan itu banyak bibit unggul yang tidak bisa diremehkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA