Ada banyak fenomena yang menyedot perhatian belakangan ini, salah satunya adalah sosok Abu Bakar Baasyir yang sempat dikabarkan keluar dari penjara. Sosok Abu Bakar sendiri adalah salah seorang tokoh Islam keturunan Arab yang lahir di Jombang. Dirinya terkenal karena selama hidupnya hanya masuk keluar penjara dan membuat pemerintah gerah.

Berbicara tentang tokoh fenomenal seperti Abu Bakar, masih banyak loh sosok lain yang enggak kalah terkenal dan pastinya dikenal oleh banyak orang. Mereka menjadi pusat perhatian tak lain karena tingkah laku unik, menakutkan, serta prestasi yang pernah dibuat untuk Indonesia. Siapakah mereka? Inilah yang akan Boombastis.com ulas kali ini.

Abu Bakar Baasyir

Kita akan membahas nama Abu Bakar Baasyir sebagai tokoh pertama. Abu Bakar atau lebih akrab dipanggil Ustaz Abu ini adalah pria Jombang asli yang lahir pada tahun 1938. Ia berulang kali keluar masuk sel penjara karena membuat pemerintah gerah. Di era Orde Baru, Abu Bakar pernah melarikan diri dan tinggal di Malaysia selama 17 tahun, melarikan diri dari hukuman yang sudah dijatuhkan padanya.

Abu Bakar Baasyir [Sumber gambar]
Setelah Soeharto tumbang, Abu Bakar kembali ke Indonesia dan membentuk Majelis Mujahidin Indonesia(MMI). Setelah itu, hidupnya hanya berpindah dari satu penjara ke penjara yang lain karena kuat diduga terlibat dalam terorisme. Beberapa waktu yang lalu, Abu Bakar sempat dikabarkan bebas, namun nyatanya hal tersebut urung terjadi karena persyaratan yang ditentukan gagal dipenuhi sesuai batas waktu.

Ryan si penjagal yang habiskan banyak nyawa

Nama Very Idam Henyansyah mungkin kalian tidak terlalu familiar, beda lagi jika disebut Ryan Jombang. Yap, sosok ini adalah salah satu dari banyak pembunuh berantai yang ada di Indonesia. Ryan tercatat sudah menghabisi 11 nyawa (di Jombang dan Jakarta) dengan cara yang sadis, dibunuh, mutilasi, atau dibakar. Konon, ia melakukan hal tersebut karena orang-orang menyakiti hatinya.

Ryan Jombang [Sumber gambar]
Atas tindakannya itu, Ryan dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Depok pada tahun 2009. Pria 40 tahun ini sempat mengajukan peninjauan kembali namun tetap ditolak. Anehnya, hingga sekarang ia masih menghirup udara di balik jeruji dan belum dihukum mati.

Muhammad Ponari yang punya batu bertuah

Selain kasus Ryan Jombang, pada 2009 orang-orang juga dihebohkan dengan bocah bernama Ponari yang punya batu ajaib. Batu tersebut ia dapatkan ketika badai dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bocah asal Dusun Kedungsari, Jombang ini pun mendapat uang miliaran Rupiah di usianya yang masih duduk di kelas IV SD. Pengunjung dari berbagai kota datang hanya untuk memberikan gelas air yang akhirnya dimasukkan batu oleh Ponari.

Ponari dukun cilik [Sumber gambar]
Namun, roda nasib memang siapa yang tau, walaupun sempat punya sawah, rumah, dan uang melimpah, hidup Ponari nyatanya serba kekurangan kini. Sawahnya tidak menjanjikan, ia putus sekolah, bahkan untuk biaya hidup saja orangtuanya kesusahan.

Sosok lain yang berkiprah di dunia hiburan dan pendidikan Indonesia

Jika tiga orang di atas dikenal karena perilaku mereka yang nyeleneh, maka sosok-sosok selanjutnya ada mereka yang menekuni bidang hiburan. Ada nama Gombloh dan Asmuni Srimulat. Keduanya adalah ikon pada masanya dan terus menjadi legenda hingga kini. Gombloh yang bernama asli Soedjarwoto Soemarsono adalah seorang penyanyi.

Gombloh dan Asmuni [Sumber gambar]
Jika kalian suka mendengarkan lagu Kebyar-kebyar, ya Gombloh adalah penciptanya. Sedangkan Asmuni pelawak yang dijuluki adalah Charlie Chaplin-nya Indonesia. Ia terkenal sangat piawai menggambarkan realitas masyarakat di atas panggung saat tampil menghibur.

Sementara di bidang yang lebih mengarah ke pendidikan karakter bangsa ada Cak Nun, Cak Nur (Nurcholis Madjid), serta sosok fenomenal yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Gus Dur. Mereka adalah cendikiawan sekaligus budayawan yang kerap memberi wejangan kepada anak muda Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Indonesia di balik Kesuksesan Game Assasin Creed yang Fenomenal

Semua sosok di atas adalah orang-orang yang lahir dan besar di Jombang. Tulisan ini tentunya hanya berisikan informasi yang semoga memberikan manfaat kepada Sahabat Boombastis sekalian.