Kafe menjadi tempat tongkrongan favorit anak muda. Apalagi kalau kafe tersebut punya menu makanan murah dan terkenal enak, akses internet yang lancar, plus instagramable, sudah pasti selalu penuh pelanggan. Nah, selain tempat nongkrong dan sekadar kumpul bersama teman, kafe kadang menjadi pelarian para pekerja yang mengejar deadline dan lembur, atau mungkin mahasiswa yang nugas.

Umumnya sih, kebanyakan kafe akan tutup jam 10 malam. Tapi, kadang banyak pelanggan yang masih ingin berlama-lama di sana, sehingga mereka tak menyadari kalau jam buka kafe akan segera berakhir. Nah, untuk kamu yang hobi banget ngafe, tapi suka lupa waktu, ingat deh kalau staff atau pelayan kafe sudah memberi sinyal-sinyal ini, itu artinya sudah saatnya kamu undur diri.

Datang ke meja pelanggan sekaligus memberitahu sudah close order

Close order [sumber gambar]
Menjelang kafe akan tutup, biasanya para staff yang bekerja akan mendatangi meja konsumen. Dengan membawa catatan, si pelayan ini akan bertanya, apakah masih ada pesanan tambahan yang mau diorder lagi. Kalau tidak ada, maka mereka mungkin memberitahu kalau mereka akan segera close order. Nah, kalau sudah begini, artinya kamu sudah diusir secara halus, kafenya mau tutup woyy!

Mulai mengelap meja dan beres-beres

Beres-beres [sumber gambar]
Kamu mungkin bisa menangkap sinyal, kalau pelanggan satu per satu sudah pulang, maka tak ada salahnya kamu juga beberes. Apalagi, kalau staffnya sudah mulai bersih-bersih, ngelap meja, memberi bill (taguhan), dan mencuci piring. Itu artinya, jam kerja mereka akan segera berakhir. Kalau memang kamu masih ingin ngafe dengan durasi lebih lama, baiknya sih mencari tongkrongan yang buka 24 jam.

Lagu slow dan AC yang digedein juga pertanda bahwa ‘sudah saatnya tidur nih’

Lagu slow [sumber gambar]
Sebagai staff yang menghargai para konsumennya, kadang mereka memberikan sinyal halus sekali, dengan memutar lagu-lagu slow dan AC yang digedein, sehingga para pengunjung mengantuk. Harapannya sih, kalau sudah begini, bukannya lanjut ngobrol ya, tetapi pulang, karena ‘sudah saatnya tidur nih’.

Mematikan lampu

Mematikan lampunya [sumber gambar]
Duh, kalau dengan cara-cara di atas, pengunjung masih saja bertahan dan tetap santai di kursinya, maka langkah selanjutnya adalah mematikan lampu. Kalau sudah begini, sebagai pengunjung seharusnya sadar diri kalau waktu ngafemu sudah habis. Staff yang bekerja ini juga manusia yang butuh istirahat. Mungkin mereka juga capek dan harus pulang cepat~~~

Kode keras lewat lagu “Kamu Harus Pulang” dari Slank atau mungkin lagu “Sayonara” 😀

Nah, ini benar-benar terjadi di salah satu kafe yang terletak di Malang, Jawa Timur. Karena para pengunjung yang masih betah duduk di kursinya masing-masing sedangkan lampu sudah dimatikan, para staff ini memutar lagu ‘Sayonara’. Ini mah sudah kode keras banget agar para pengunjung segera angkat kaki, ini bukan kosan woyy~

BACA JUGA: Berkarya dalam Keheningan, Yuk Kenalan dengan Komunitas Akar Tuli di Malang

Jadi, mari sama-sama menghargai ya. Kalau misalnya kamu memang berniat untuk nugas atau lembur sampai tengah malam, maka carilah kafe yang buka selama 24 jam. Kalau tidak, maka saat para petugas atau staff sudah memberi kode di atas, kamu harus berkemas dan pulang.