Penantian panjang penggemar Si Doel Anak Sekolahan akhirnya terbayar. Baru-baru ini, versi layar lebar dari serial televisi hits ‘90an yang bertajuk Si Doel The Movie telah melakukan gala premiere-nya di Belanda. Tentu saja masyarakat sangat antusias, apalagi episode terakhir Si Doel Anak Sekolahan tayang pada tahun 2006 silam.

Di Indonesia sendiri, Si Doel The Movie akan tayang serentak pada 2 Agustus 2018 mendatang. Pasti Sahabat Boombastis sudah pada tak sabar, kan? Nah, sebelum kalian berbondong-bondong ke bioskop Agustus nanti, 5 hal seputar Si Doel The Movie ini menarik banget untuk diketahui. Biar enggak bloon-bloon amat pas nonton bareng gebetan nanti.

Rano Karno jadi aktor sekaligus sutradara

Bisa bayangin enggak sih pemeran utama dalam sebuah film tapi juga berlaku sebagai sutradara? Jika kita telisik perjalanan Hanung Bramantyo—sutradara yang sudah punya nama di tanah air, ia belum pernah membintangi film di mana ia berlaku sebagai pemeran utama sekaligus sutradara. Paling, hanya memper di adegan-adegan kecil sebagai cameo.

Rano Karno acting & directing [sumber gambar]
Dilansir dari berbagai portal film, aktor yang sukses memerankan karakter utama sekaligus jadi sutradara adalah Woody Allen dan Charlie Chaplin, dalam hampir semua filmnya. Nicolas Cage, Johnny Depp, dan juga Bruce Lee juga pernah dalam satu filmnya. Kali ini Rano Karno akan mencoba peruntungannya dalam Si Doel The Movie. Semoga bakal sesukses film-film aktor seniornya, ya.

Syuting dilakukan seluruhnya di Belanda, Mandra sempat mengira dirinya stroke!

Pasti kalian sudah dengar, bahwa Si Doel The Movie melakukan 70% syuting di Belanda? Rano Karno cs menghabiskan hampir 12 hari di Belanda. Kala itu, Negeri Kincir Angin ini sedang dingin-dinginnya. Setiap hari suhu udara mencapai minus 10 derajat celcius.

Si Doel The Movie syuting di Belanda [sumber gambar]
Hal tersebut membuat Mandra, yang tak terbiasa di negara dingin, jetlag setengah mampus. “Gua pengin bilang meneer, tapi lidah gua kaku,” ungkapnya, dikutip dari grid.id, hingga ia mengira dirinya telah terjangkit penyakit stroke. Rano Karno sendiri mengaku, meski syuting lebih banyak dilakukan di Belanda, ia tak membuang ciri khas Betawi yang selama ini melekat pada Si Doel.

Baru premiere saja penonton Si Doel The Movie sudah membludak

Pada Senin (23/7), Rano Karno bersama rumah produksi Falcon mengadakan gala premiere Si Doel The Movie di Belanda. Dikutip dari kapanlagi.com, timnya telah menyiapkan 750 undangan untuk hal tersebut. Namun, pada dekat-dekat hari H, permintaan penonton membludak hingga 1800 orang, sehingga mereka harus memutar otak bagaimana cara semua audiens bisa menikmati Si Doel The Movie.

Si Doel The Movie tayang di Belanda [sumber gambar]
Tak hanya mencapai 2000 penonton hanya dalam gala premiere, Si Doel The Movie juga berkesempatan tayang di salah satu bioskop paling elit dan terhormat di Belanda. Bioskop tersebut bernama Pathe Tuschinski yang terletak di Amsterdam, jantung kota Belanda, dengan aksen abad ke-19 menuju modern pada dekorasinya. Wih, wih, wih, gila juga, ya.

Mak Nyak adalah sosok di balik adanya Si Doel The Movie

Meski kabar Aminah Cendrakasih—pemeran Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan jauh dari kata baik, ia tetap muncul dalam Si Doel The Movie. Bahkan, Si Doel The Movie ini ada berkat ide dari Mak Nyak, seperti yang diwartakan kumparan.com. Kala itu, Rano Karno yang tengah menjenguk Aminah mendapat pesan agar Si Doel kalau bisa diteruskan.

Atas ide Mak Nyak [sumber gambar]
Tercetuslah ide untuk membuat serial tv hits tersebut dalam versi layar lebarnya. Aminah pun tetap memerankan Mak Nyak yang ikonik meski ia menjalani syuting lebih awal yaitu pada November 2017. Kini, walaupun ia hanya bisa berbaring lemah di tempat tidur, dirinya mengaku sangat excited karena Si Doel The Movie akan tayang di bioskop pada Agustus mendatang.

Siap-siap baper dan bercucuran air mata setelah nonton

Bukan, bukan, tulisan dalam poin ini bukan spoiler, kok. Hanya saja, komentar para penonton yang sudah menyaksikan Si Doel The Movie dalam gala premiere kemarin rata-rata sama: baper hingga bercucuran air mata. Bagaimana tidak, kisah Sarah, Doel, dan Zaenab kini ada lanjutannya.

Si Doel The Movie [sumber gambar]
Ya, paling-paling banyak penonton yang menitikkan air mata mengingat zaman mereka SMA dulu. Sama seperti ketika Rangga dan Cinta memiliki kisah lanjutan di Ada Apa Dengan Cinta? 2. Duh! Jadi enggak sabar nonton, nih.

Ternyata perjuangan Rano Karno cs untuk membuat Si Doel The Movie enggak mudah, ya. Melihat bagaimana Mandra mengira dirinya stroke karena udara dingin Belanda, belum lagi Aminah Cendrakasih yang masih semangat memerankan Mak Nyak. Maka dari itu, kita musti dukung film ini dengan cara nonton ke bioskop, geng. Dijamin enggak nyesel deh telah berkontribusi pada hasil karya anak bangsa.