Serangan Stroke Membuat Nenek Ini Bicara Bahasa Inggris

oleh Ayu
09:12 AM on Feb 4, 2015

Foreign Accent Syndrome atau dikenal dengan FAS, adalah salah satu kejadian unik yang banyak terjadi di dunia. Dalam hal ini, membuat orang yang mengalaminya bicara menggunakan bahasa asing yang jarang mereka gunakan.

Meskipun bukan tergolong ke dalam kasus langka, namun siapapun yang mengalaminya akan menjadi perhatian khusus dalam dunia medis. Seperti seorang nenek yang juga menjadi guru Bahasa Inggris di China. Dilansir dari Shanghaiist, wanita berusia 94 tahun itu mengalami serangan stroke. Hal ini tampaknya tak terlalu memukul kondisi fisiknya, namun ada suatu perubahan yang kelihatan.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

SERANGAN STROKE Serangan Stroke Membuat Nenek Ini Bicara Bahasa Inggris (c)SHANGHAIIST
SERANGAN STROKE Serangan Stroke Membuat Nenek Ini Bicara Bahasa Inggris (c)SHANGHAIIST

Liu Jiayu, nama wanita tersebut, mendadak menjawab semua pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Meski orang yang bertanya padanya menggunakan bahasa China, namun Liu tetap menggunakan bahasa asing tersebut. Di usianya yang sudah sangat senior, ia memang merupakan pensiunan Guru Bahasa Inggris. Ada kemungkinan, hal ini yang mempengaruhi kondisinya.

Menurut seorang ahli syaraf dari Amerika, Dr. Gregory O’Shanick, menyebutkan bahwa ada kalanya, manusia yang memahami dua atau lebih bahasa, akan lebih menguasai bahasa yang lainnya dibandingkan dengan bahasa mereka sehari-hari. Hal inilah yang sering terjadi dalam Foreign Accent Syndrome.

Liu Jiayu mengalaminya karena ada penyumbatan pembuluh darah, sehingga menyebabkan sedikitnya malfungsi pada otak. Sementara, menurut Dr. Gregory O’Shanick, bahasa sehari-hari yang dikuasai lidah seseorang, biasanya tersimpan di otak sebelah kiri. Sementara itu, bahasa lain yang mereka pelajari sudah terprogram di sebelah kanan.

Kejadian ini, sebelumnya juga pernah terjadi pada seorang wanita di Inggris. Kondisinya berbalik dengan Liu Jiayu. Sebelumnya wanita tersebut memiliki bahasa sehari-hari dengan bahasa Inggris, namun akibat sebuah sakit kepala sejenis migrain yang ia alami, mendadak wanita tersebut bisa berbahasa China dengan lancar. Wah, meski tergolong sebagai kondisi medis yang perlu disembuhkan, namun kondisi ini cukup unik, bukan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA