5 Senjata Tradisional Mematikan Asal Indonesia yang Pamornya Sudah Mendunia

oleh Rizal
11:17 AM on Jul 18, 2016

Soal budaya, Indonesia bisa dibilang salah satu yang paling kaya di dunia. Dari Sabang sampai Merauke, negeri ini diisi oleh orang-orang dan masyarakat yang berbeda adat budayanya. Soal budaya, cakupannya sendiri tentu luas. Tak melulu hal-hal yang berbau seni dan tradisi, senjata pun juga termasuk di dalamnya.

Membicarakan soal senjata tradisional di Indonesia, tentu saja ada begitu banyak yang bisa kita sebutkan. Nah, yang unik dari senjata-senjata ini, beberapa ternyata sudah terkenal namanya di dunia. Bangga tentu saja dengan pamor seperti ini, dan jadi bukti valid juga akan pengakuan dunia atas kekayaan budaya kita.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Lalu, senjata-senjata tradisional mana saja yang sudah mendapatkan pamor yang mendunia? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Karambit, Si Pisau Lengkung yang Mendunia

Dengan pamor yang sudah demikian mendunia, kamu mungkin tak benar-benar percaya jika Karambit atau Kerambit ini ternyata adalah senjata asli Indonesia. Ya, senjata yang mengadopsi bentuk cakar macam ini ternyata sudah ada sejak dulu di Minang, jauh sebelum populer seperti hari ini.

Kerambit [Image Source]
Kerambit [Image Source]
Kerambit mulai terkenal di dunia diawali dari populernya Pencak Silat. Ya, senjata ini adalah salah satu ornamen penting dalam seni bela diri tersebut. Dari sini kemudian Kerambit dikenal banyak orang. Bangganya lagi, hari ini begitu banyak yang memakainya, bahkan termasuk para tentara AS. Sayangnya, senjata ini di negeri sendiri kurang begitu populer.

2. Badik, Senjata Indonesia yang Terkenal Sejak Zaman Belanda

Seperti yang disinggung di bagian awal, senjata masuk dalam ranah kebudayaan. Makanya, keberadaannya pun begitu dijaga, setidaknya oleh si pemilik budaya tersebut sendiri. Hal ini pun benar-benar ditunjukkan oleh masyarakat Makassar yang begitu mencintai dan menjaga senjata khas mereka yang bernama Badik.

Badik [Image Source]
Badik [Image Source]
Badik, keberadaannya tak hanya sebagai senjata, namun juga pride alias kebanggaan si pemiliknya. Tak hanya itu, badik juga dipercaya oleh orang-orang sana memiliki tuah, entah membawa kebahagiaan atau sebaliknya. Badik sendiri dikenal di luar lantaran sudah digunakan oleh orang-orang Bugis sejak ratusan tahun lalu.

3. Kujang, Si Pisau Eksotis nan Mematikan

Pisau satu ini berasal dari Jawa Barat dan menurut sejarah sudah mulai digunakan di awal abad ke 8. Kujang, benda satu ini tak hanya dipakai sebagai senjata saja, melainkan juga merefleksikan bagaimana masyarakat Jawa Barat yang berani dan melindungi kebenaran. Makanya, oleh pemiliknya, senjata ini sangat dijaga.

Kujang [Image Source]
Kujang [Image Source]
Dilihat dari bentuknya, Kujang adalah senjata yang sangat unik. Ia melengkung ke depan dengan sisi percabangan kecil. Dulu senjata ini dipakai untuk perang dan juga berladang. Namun, semakin berjalannya waktu penggunaan Kujang pun makin jarang. Kini, senjata satu ini hanyalah sebagai cindera mata saja.

4. Mandau dan Legenda Terbangnya

Berbicara soal senjata tradisional Indonesia yang punya pamor, maka takkan lengkap tanpa ada Mandau di dalamnya. Ya, senjata khas milik suku Dayak ini sudah terkenal seantero Indonesia, bahkan mungkin dunia. Bahkan mendengar namanya saja orang-orang asing dulu sudah gemetaran.

Mandau [Image Source]
Mandau [Image Source]
Ya, Mandau, pisau satu ini sudah digunakan orang-orang Dayak lama sekali. Biasanya memang dipakai untuk perang, termasuk ketika menghadapi bangsa-bangsa asing. Dilihat dari bentuknya, Mandau sama seperti belati pada umumnya, yakni panjang dengan satu sisi tajam. Hal unik lainnya soal Mandau adalah ia juga dikenal akan pamor mistisnya. Ya, dikatakan pedang satu ini bisa terbang sendiri untuk mencari korbannya.

5. Rencong, Senjata Kebanggaan Aceh yang Mendunia

Sama seperti Badik atau Mandau, Rencong pun dianggap bukan hanya sekedar senjata, melainkan juga sebagai simbol kebanggaan si pemiliknya, yakni orang-orang Aceh. Menurut sejarah, senjata satu ini sudah dipakai sejak Sultan Ali Mughayat Syah atau raja pertama Aceh memimpin. Sang Sultan sendiri tak pernah melepaskan senjata ini dari pinggangnya.

Rencong [Image Source]
Rencong [Image Source]
Sama seperti senjata khas lainnya, Rencong ini juga punya bentuk yang unik. Ia memiliki belati panjang yang lurus serta gagang yang berbelok di bagian pangkalnya. Uniknya lagi, sisi-sisi Rencong selalu diukir dengan ayat-ayat Al Quran. Rencong sendiri dipakai oleh masyarakat Aceh sebagai senjata perang, entah melawan Belanda atau pun Portugis.

Bangga rasanya ketika pisau-pisau ini tak hanya dikenal di Nusantara tapi juga di dunia. Tapi, sayangnya, beberapa malah jarang kita lestarikan. Misalnya Karambit yang justru terkenal di luar negeri daripada di sini. Kepedulian kita terhadap benda-benda ini juga penting. Jangan sampai gara-gara sikap acuh, salah satu dari mereka malah diklaim negara lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA