5 Senjata Perang Rusia yang Ditakuti Amerika dan Sekutunya

oleh Adi Nugroho
08:30 AM on Nov 28, 2015

Eropa dan Timur Tengah memanas beberapa hari lalu. Hal ini dipicu penembakan pesawat jet Rusia oleh pasukan keamanan dari Turki. Kejadian ini menjadi perhatian dunia mengingat penembakan ini adalah yang pertama dilakukan anggota NATO kepada Rusia yang menjadi musuh bebuyutannya.

Penembakan ini membuat Moscow memanas dengan cepat. Bahkan Valdimir Putin menganggap penembakan ini adalah konfrontasi. Seperti yang kita tahu bersama saat ini Rusia sedang bekerja sama dengan Suriah untuk memberantas ISIS dan pemberontak lainnya. Sayangnya banyak yang tidak senang dengan apa yang dilakukan Rusia.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Jika hal semacam ini terus terjadi, artinya Rusia sedang ditantang perang. Dan untuk mempertahankan posisinya di dunia, Rusia akan menggunakan 5 senjata mematikan yang sangat ditakuti Amerika dan Sekutunya di Eropa (NATO).

1. Iskander Ballistic Missile

Iskander Ballistic Missile adalah misil jarak pendek yang dikembangkan Rusia sejak puluhan tahun lalu. Misil ini mampu membombardir pangkalan militer yang dibangun NATO di sekitar perbatasan Rusia. Saat ini pihak NATO telah mengembangkan sistem anti misil balistik, namun Rusia juga terus memperbarui misilnya agar lebih kuat.

Iskander Ballistic Missile [image source]
Iskander Ballistic Missile [image source]
Iskander memiliki jangkauan hingga 400 kilometer. Selain itu misil yang ditembakkan mampu membawa sekitar 700 kg bahan peledak yang bisa menghancurkan sebuah pangkalan militer. Jika Rusia sampai mengamuk, maka negara-negara di Eropa akan kena getahnya.

2. Amur-class Submarine

Amur-class Submarine adalah kapal selama paling hebat yang pernah Rusia buat hingga saat ini. Kapal selam ini adalah proyek turunan dari Project 77 Lada-class yang pernah dikembangkan oleh angkatan laut Rusia. Kapal selam ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan versi Kilo-class yang pernah dibuat sebelumnya.

Miniatur Amur-class Submarine [image source]
Miniatur Amur-class Submarine [image source]
Jenis ini memiliki mesin yang lebih hening dengan desain yang lebih standar. Meski demikian kekuatan pelindung kapal selam sangatlah hebat. Kapal selam ini juga memiliki air independent propulation system yang membuatnya mampu bertahan lama di dalam air laut. Untuk peralatan tempur Amur-class memiliki terpedo 533mm dan 10 misil vertikal.

3. S-400 Surface to Air Missile System

Salah satu simbol kekuatan militer paling menonjol biasanya ditunjukkan dengan kekuatan udara. Makin banyak pesawat tempur artinya kekuatan militer semakin kuat. Mengetahui kekuatan pesawat NATO yang tak terlalu kuat, Rusia akhirnya membuat sebuah misil yang mampu menembak pesawat yang ada di atasnya secara akurat.

S-400 Surface to Air Missile System [image source]
S-400 Surface to Air Missile System [image source]
Hal ini membuat NATO menjadi ketar-ketir. Pasalnya saat ini mereka tidak begitu kuat dengan kekuatan udara. Jika ada satu dua pesawat tertembak maka total kerugian bisa membuat negara yang tergabung di dalamnya mengalami gangguan fiskal. Pesawat tempur sangatlah mahal jika hanya untuk dijatuhkan dalam sekali tembak.

4. Tank T-90

Tank T-90 adalah kendaraan tempur paling hebat yang Rusia buat hingga saat ini. Versi T-90 adalah pengembangan dari versi T-72 dan T-80 yang sebelumnya memperkuat pertahanan Rusia. Secara biaya T-90 jauh lebih murah daripada tank yang dibuat di negara barat seperti Leopard 2 atau M1A2.

Tank T-90 [image source]
Tank T-90 [image source]
Tank ini memiliki perlengkapan bertarung yang sangat lengkap. Selain itu tank juga dilengkapi sensor agar tembakan lebih akurat. Fire-control system yang ditambahkan dalam tank ini juga membuatnya semakin ditakuti. Saking hebatnya, tank ini banyak dipesan oleh negara seperti India, Algeria, dan Uganda.

5. Type 53-65 Wake-homing Torpedo

Type 53 Wake-homing Torpedo adalah sebuah senjata mengerikan yang Rusia kembangkan untuk menyerang kapal yang ada di laut. Torpedo ini memiliki sensor yang sangat kuat hingga kemungkinan mengenai lawan sangat besar. Bahkan Rusia mengatakan kemungkinan melesetnya sangat kecil.

Type 53-65 Wake-homing Torpedo [image source]
Type 53-65 Wake-homing Torpedo [image source]
Selain itu, torpedo juga memiliki gerak yang tak teratur. Bahkan menyerupai gerak ular. Artinya akan sangat sulit torpedo ini akan dihancurkan. Amerika dan NATO sangat takut jika kepal laut mereka terkena torpedo mematikan ini. Karena dampaknya pasti sangat fatal.

Itulah lima senjata yang dimiliki Rusia dan ditakuti oleh Amerika dan NATO. Saat ini Rusia mendapatkan sangsi oleh negara-negara Eropa. Meski demikian Rusia di bawah pimpinan Valdimir Putin sama sekali tidak takut. Mereka memiliki banyak senjata mematikan yang bisa digunakan untuk memperkuat negaranya dari perang apa saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA