Makin hari perlombaan dalam membuat senjata canggih semakin panas terjadi. Mulai dari rudal balistik antar benua, kapal tak kasat mata, dan senjata-senjata unik lainnya. Masing-masing negara memang harus berusaha sekuat mungkin agar stabilitas negaranya tidak diganggu oleh pihak lain.

Seperti yang dilakukan oleh Rusia ini misalnya. Ya, negeri beruang merah itu sudah mengembangkan teknologi militer yang lumayan unik. Senjata itu bernama Filin yang bisa bikin musuh jadi buta sesaat hingga muntah-muntah. Lalu secanggih apa sih senjata buatan Rusia ini? Simak ulasan berikut.

Senjata baru bernama Filin yang luar biasa

Filin 5p-42 dianggap salah satu teknologi baru buat Rusia dalam bidang alutsista. Pasalnya senjata ini bakal menembakkan laser kepada musuh. Laser ini tidak bersifat destruktif kepada lawan, karena tidak mengakibatkan kerusakan fisik. Laser ini hanya akan mengganggu penglihatan musuh sehingga dalam serangan maupun bidikan jadi tidak akurat.

Bentuk Filin [sumber gambar]
Pada momen itu, militer Rusia nantinya akan melakukan serangan balik sehingga dapat mengubah keadaan. Rencananya, Filin akan dipasang di dua kapal selam milik Rusia dan siap kapan saja jika ingin dibawa ke medan tempur. Pengembangan teknologi ini juga lumayan lama namun bisa dilihat sendiri kalau hasilnya juga luar biasa.

Filin yang ternyata memberikan dampak di luar ekspektasi

Siapa sangka kalau hasil uji coba teknologi ini bahkan melampaui ekspektasi awal. Filin sejatinya digunakan hanya untuk mengaburkan pandangan, namun ternyata beberapa subyek mengalami efek lebih. Seperti yang dilansir dari lama Kompas, Filin 5p-42 bahkan memberikan efek mual, hingga halusinasi kepada target yang ditembakkan sinar laser ini.

Ilustrasi linglung [sumber gambar]
Para subyek mengaku melihat bola putih yang berputar-putar saat terkena laser. Alhasil banyak dari subyek itu yang jadi kebingungan dan linglung saat terkena Filin. Hal ini tentunya jadi sebuah berita bagus buat Rusia, karena dengan ini mereka bisa memperkuat persenjataannya.

Kabar senjata ini diendus Amerika dan sempat bikin geram

Keberadaan Filin ini ternyata juga jadi momok buat Amerika Serikat. Bagaimana tidak, pasalnya dua negara adidaya ini memang dari dulu adalah saingan abadi dalam masalah pengembangan senjata. Teknologi ini belum ada di USA sana, sehingga sempat membuat negeri Paman Sam geram.

Kapal milik Rusia [sumber gambar]
Nama Filin sendiri sebenarnya berarti Burung Hantu Elang, yang tugasnya adalah memecah konsentrasi lawan. Alhasil USA melakukan beberapa pengembangan lain dalam masalah persenjataan, salah satunya adalah dengan membuat tentara super layaknya film Captain Amerika seperti yang sempat diisukan media internasional beberapa waktu yang lalu. Meskipun masih butuh banyak waktu untuk pengembangan biar bisa sempurna.

Namun USA lebih takut pada nuklir Rusia

Meskipun kehebatan senjata bernama Filin ini memang jempolan, namun itu bukan ancaman utama bagi Amerika. Satu hal yang dari dulu jadi mimpi buruk Negeri Paman Sam ini adalah masalah nuklir yang terus dikembangkan oleh Rusia. Pasalnya sejak 1987, Rusia menarik diri dari Perjanjian Nuklir Jarak Menengah (INF).

Nuklir Rusia [sumber gambar]
Ditambah lagi Presiden Amerika Serikat tahun 2020 juga menarik diri pula dari perjanjian tersebut dan membuatnya jadi semakin panas. Kedua negara sama-sama bebas dalam melancarkan serangan nuklir kalau saja skenario terburuk harus terjadi. Kalau begini jadi ngeri juga ya lihat keadaan dunia.

BACA JUGA: 5 Alutsista Buatan Rusia Ini Ternyata Gagal Total Meski Dikenal Berteknologi Canggih

Berbagai upaya memang dilakukan oleh sebuah negara untuk mempertahankan stabilitasnya. Namun demikian semua harus dipikirkan dengan seksama, karena kalau sampai salah langkah bisa saja timbul bencana. Membuat persenjataan yang hebat memang bagus, namun akan lebih mantap kalau membuat kedamaian tetap terjaga.