Budaya selfie yang sudah merebak di berbagai kalangan masyarakat membuat banyak orang menyalahgunakannya. Wajar jika selfie dilakukan pada acara arisan ataupun sekedar kumpul-kumpul bersama teman. Namun, tak jarang selfie dilakukan pada saat-saat genting atau ketika seseorang mendapat musibah. Contohnya saja video yang baru-baru saja ini beredar.

Artikel Lainnya
Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas
Sangat Ampuh! Inilah 5 Trik Mujarab untuk Hilangkan Karat yang Menempel Pada Knalpot

Seorang anak perempuan, yang bisa dibilang merupakan bagian dari kids zaman now, menggunakan aplikasi Tik Tok—aplikasi musik dimana kita bisa bergaya dan lypsinc melaluinya, ketika jenazah kakeknya hendak dikuburkan. Parah banget, bukan? Dalam ulasan berikut, tak hanya kelakuan kids zaman now tersebut saja yang akan diungkap, tapi selfie-selfie lainnya yang mendapat kecaman dari netizen.

1. Selfie dengan aplikasi Tik Tok diiringi lagu See You Again

Lagu See You Again yang menjadi original soundtrack (OST) film Fast and Furious 7 masih sering diputar hingga sekarang, meski sudah lama merajai tangga lagu. Liriknya yang pedih serta irama lagunya yang mendayu-dayu tapi sangar membuat siapapun yang mendengarnya jatuh cinta. Hal ini lalu membuat seorang gadis asal Makassar bernama Nur Fadhilah Azzura menggunakan aplikasi Tik Tok dan memutar lagu ini di saat yang kurang tepat.

Beberapa hari lalu, sang kakek telah berpulang ke pelukan Yang Kuasa. Seperti layaknya kids zaman now ia mengunggah foto saat-saat terakhirnya bersama sang kakek ke akun instagram pribadinya (@nfa.fadhilah). Namun, yang mencengangkan, setelah mengunggah foto, ia juga mengunggah video dari aplikasi Tik Tok yang memutar lagu See You Again sambil memperlihatkan jenazah kakeknya. Sontak, netizen pun mengecam perbuatannya.

2. Ramai-ramai selfie sekeluarga dengan sang ayah yang sudah ditali pocong

Beberapa waktu lalu, sebuah foto diunggah oleh akun instagram (@lagiviralnih)—yang sekarang akunnya sudah tidak ada. Foto tersebut berisikan 4 orang, yang terdiri dari ayah, ibu, dan kedua anaknya. Sang ayah disinyalir sudah tiada dan hendak segera dikuburkan.

Selfie dengan Jenazah Ayahnya [sumber gambar]
Meskipun begitu, di saat-saat terakhirnya, keluarga kecil itu sempat berswafoto bersama sang ayah sebelum fisiknya tak bisa lagi dijumpai. Mereka semua terlihat sumringah di depan kamera, meski sang kepala keluarga sudah lagi tiada. Banyak netizen yang mengecam aksi keluarga kecil ini, banyak juga yang mengartikan bahwa mereka sudah ikhlas atas kepergian sang ayah.

3. Seorang perawat selfie nyengir dengan mayat Kepala Desa yang belum tertangani

Lebih parah dari dua orang di atas, oknum yang melakukan selfie di saat tak tepat ini merupakan seorang perawat. Ketika seorang pasien bersimbah darah datang, mereka tak segera menanganinya dan malah ber-selfie-ria. Alhasil, pasien yang diidentifikasi sebagai Kepala Desa Karang Gayam itu dinyatakan meninggal dunia.

Petugas Puskesmas Selfie dengan Pasien Bersimbah Darah [sumber gambar]
Setelah foto mereka beredar luas, empat perawat berinisial HT, S, T, E mendapat surat peringatan dari Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan. Selain itu, netizen yang melihat berita tersebut pun beramai-ramai mencari akun instagram mereka dan membubuhkan banyak hujatan di sana. Pengin eksis, sih, bukan begini caranya!

4. Hendak dikuburkan, Millen Cyrus masih sempat selfie dengan ayah dan mengunggahnya

Berbeda dengan dua orang di atas yang terang-terangan selfie dengan jenazah yang tampak wajahnya, selebgram sekaligus keponakan Ashanty, Millen Cyrus ini malah mengunggah videonya sedang menangis dan memanggil-manggil “papa,” ke instagram story-nya. Tak hanya menangis dan memanggil papa, ia pun memperlihatkan jenazah sang ayah yang sudah berada di keranda.

Video yang tercyduk oleh akun gosip @lambe_turah ini pun segera kebanjiran komentar negatif dari para netizen. Terlebih lagi, Millen masih sempat mengunggah video endorsement di tengah-tengah dukanya. Salah satu netizen pun berceletuk, “duh mas, bapak sudah enggak ada, segera tobatlah mas, tobat!”

5. Berpose aneh di atas makam sahabatnya, Pevita Pearce malah banjir hujatan

Tak hanya Millen Cyrus public figure yang pernah melakukan kesalahan selfie di saat tak tepat, Pevita Pearce pun begitu. Dara cantik berdarah Banjarmasin dan Wales, Inggris, ini sempat mengunggah beberapa foto ke akun instagram pribadinya (@pevpearce). Ia berpose sembarangan di atas makam sahabatnya dengan dalih mengekspresikan rasa sayang dan rindunya.

Pevita Pearce Selfie di Makam Sahabatnya [sumber gambar]
Namun, netizen malah melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang tabu. Foto-foto di makam memang wajar, ketika kita berziarah, tetapi jika berpose sembarangan, apa pantas? Pevita Pearce pun tak tahan dengan komentar netizen dan akhirnya menutup kolom komentar pada foto tersebut. Yowes, sing sabar mbak Pev, jangan diulangi lagi ya, aksinya.

Melihat fenomena selfie yang semakin merebak seperti virus, kita sebagai pengguna smartphone dan media sosial sudah sepatutnya pintar-pintar membatasi diri, Saboom. Jangan sampai kejadian di atas terulang lagi dan kita menjadi pelakunya. Selfie sih boleh-boleh saja, asal di waktu dan tempat yang tepat.