Sengatan listrik merupakan salah satu kecelakaan yang kerap terjadi di kehidupan sehari-hari. Biasanya yang paling banyak penyebabnya adalah karena kontak dengan alat-alat listrik yang tidak terlapisi oleh konduktor. Kemudian, kasus tersengat listrik ini dialami oleh anak kecil di lingkungan rumah dan orang dewasa yang berada di tempat kerja. Dilansir dari hellosehat.com, kecelakaan yang terjadi akibat sengatan listrik tersebut menyebabkan kematian sebanyak 3 sampai 5% orang setiap tahunnya.

Artikel Lainnya
Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas
Sangat Ampuh! Inilah 5 Trik Mujarab untuk Hilangkan Karat yang Menempel Pada Knalpot

Melihat banyaknya kematian yang terjadi akibat tersengat aliran listrik ini, kita harus lebih waspada dengan arus elektrik yang berada di mana saja. Selain itu, kita juga harus memahami yang namanya pertolongan pertama untuk orang yang sudah tersengat arus listrik. Jadi, bagaimana cara untuk menyelamatkan orang yang sudah tersetrum listrik dengan aman?

1. Matikan sumber listrik terlebih dahulu

Matikan sumber listrik terlebih dahulu [Sumber Gambar]
Pertama-tama yang harus kita lakukan ketika mendapat orang yang tersengat listrik adalah mematikan sumber listriknya terlebih dahulu. Karena jika tidak dimatikan, listrik akan terus mengalir ke tubuh orang tersebut dan dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuhnya yang lain. Lalu, kalau menurut kalian sumber listrik tersebut susah untuk dimatikan, sebisa mungkin kita harus memisahkan tubuh orang yang terkena aliran listrik dari sumber elektriknya. Namun, ada yang perlu diingat nih Sahabat Boom, jangan sampai kita menyentuh orang tersebut. Sebab, jika menyentuh, tubuh kita akan tersengat aliran listrik juga. Cara memisahkannya adalah dengan alat bantu yang tidak bisa menghantarkan listrik, misalnya seperti kayu atau kain.

2. Ini dilakukan jika korban masih sadar

Membawa ke tempat aman [Sumber Gambar]
Ketika orang yang baru terkena aliran listrik tersebut masih dalam kondisi sadar, maka kita harus membantunya untuk pindah dari lokasi kejadian tersebut. Ini dilakukan karena dikhawatirkan masih ada sisa aliran listrik yang belum menghilang sepenuhnya dari tempat tersebut. Kemudian jangan lupa untuk menyelimuti tubuhnya dengan kain kering yang sedikit tebal. Lalu, bantu juga ia untuk mengatur napas agar kondisinya tenang kembali. Nah, selain itu kalian juga bisa memberikan minuman hangat supaya syoknya hilang.

3. Hal yang dilakukan jika korban setengah sadar atau pingsan

Telentangkan badan dan tengadahkan kepala [Sumber Gambar]
Berbeda lagi caranya kalau orang yang tesengat aliran listrik sedang dalam keadaan setengah sadar atau pingsan. Kita harus memindahkannya ke tempat yang lebih kering dengan menggunakan kain tebal atau apapun asalkan tidak menyentuh tubuhnya secara langsung. Lalu, posisikan orang tersebut dengan kepala yang sedikit terngadah supaya ia bisa lebih mudah untuk bernafas. Kalau mulutnya mengeluarkan busa, usahakan dibersihkan ya Sahabat Boom agar ia tidak tersedak.

4. Bila korban terlihat tidak bernafas, lakukan hal-hal ini

Tekan dada jika tidak bernapas [Sumber Gambar]
Terkadang orang yang terkena setruman listrik pernapasannya terhenti sebentar. Nah, kalau kita melihat orang yang kita tolong tersebut tidak bernapas, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat tubuhnya dalam posisi terlentang. Kemudian, tambahkan penyangga di bawah tubuhnya supaya kaki lebih tinggi dari kepala. Hal tersebut dilakukan agar aliran darah cepat mengalir ke tubuh bagian atas. Selanjutnya, beri tekanan pada dada dengan tangan yang terposisi lurus dari bahu. Lakukan hal ini sampai orang tersebut menunjukkan adanya gerakan pernapasan.

5. Kalau sudah, hubungi rumah sakit untuk pertolongan lebih lanjut

Dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut [Sumber Gambar]
Ketika orang tersebut sudah menunjukkan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya, maka kita harus menghubungi rumah sakit terdekat. Hal ini dilakukan supaya orang yang terkena aliran listrik tersebut bisa mendapatkan pertolongan yang lebih maksimal lagi. Kalau tidak segera dibawa ke rumah sakit, ditakutkan ada beberapa organ dalam yang terganggu karena aliran listrik tersebut. Tapi, selama menunggu petugas kesehatan datang, jangan pernah tinggalkan dia sendirian.

Pertolongan pertama di atas dilakukan agar orang yang baru terkena sengatan listrik tidak mengalami efek yang lebih fatal lagi. Kemudian, yang paling penting saat melihat orang yang tersetrum adalah berusaha untuk tetap tenang, tapi juga harus waspada. Dengan begitu, kita akan tau apa yang harus dilakukan untuk menolongnya.