Selalu tampak ceria dan tanpa masalah di layar kaca, selebriti Indonesia sebenarnya memiliki kisah pahit dalam hidupnya. Mulai dari masalah rumah tangga hingga kesehatan. Tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya di balik hidup mewahnya, ada beberapa artis yang pernah mengidap penyakit langka dan serius.

Sebagian mampu bertahan dan sembuh dari penyakit, sebagian lagi tak kuat menahannya dan berpulang ke rumah Tuhan. Bagaimanapun, kerja keras serta kekayaan selebriti toh tak ada artinya jika badan kurang sehat. Sahabat Boombastis harus tahu 11 artis ini pernah mengalami sakit keras yang cukup menyita waktu hidupnya.

Ustaz Arifin, Ria Irawan, dan Aldi Taher, pernah sama-sama berjuang melawan kanker kelenjar getah bening

Sedang ramai di media sosial, Ustaz kondang tanah air, Ustaz Arifin tengah terbaring di rumah sakit. Sebelumnya, ada hoaks tersebar dan menyebut dirinya meninggal dunia. Padahal, ia tengah berjuang dari ganasnya kanker kelenjar getah bening—yang juga membuat dirinya harus berobat di luar negeri.

Artis menderita penyakit kanker kelenjar getah bening [sumber gambar]
Sebelum Ustaz Arifin, Ria Irawan dan Aldi Taher pernah menderita penyakit serupa. Keduanya berhasil bertahan, meski Ria Irawan telah mencapai kanker kelenjar getah bening stadium 3. Semoga saja, Ustaz Arifin menyusul perjalanan Ria Irawan dan Aldi Taher untuk bisa kembali sehat dan beraktivitas.

Marshanda, mengidap gangguan bipolar hingga rumah tangganya kandas

Masih ingat bagaimana video Marshanda di YouTube beberapa tahun lalu menghebohkan publik? Saat itulah gangguan bipolar—perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, yang diderita Marshanda mulai terkuak ke publik. Meskipun masih banyak asumsi mengenai hal tersebut, Marshanda tetap bertingkah yang “liar” dan menyebabkan pandangan negatif dari masyarakat mengenai dirinya.

Marshanda menderita gangguan bipolar [sumber gambar]
Setelah menikah dengan Ben Kasyafani, Marshanda sempat tak pernah membuat kontroversi lagi. Namun, saat sudah bercerai dari Ben Kasyafani karena ia tak kuat membina rumah tangga dengan menderita gangguan bipolar, ia kembali membuat skandal. Melepas hijabnya, hingga membuat curhatan video di YouTube. Kini, Marshanda sudah hidup lebih tenang dan tak malu mengakui penyakit yang dideritanya.

Olga Syahputra, meningitis yang menggerogotinya membuat satu Indonesia berduka

4 tahun berlalu semenjak komedian dan presenter kondang Olga Syahputra meninggalkan banyak orang. Ia yang dikenal selalu ceria, tiba-tiba mengalami penurunan drastis ketika harus dirawat di rumah sakit. Hingga kepergiannya, penyakit yang diderita Olga Syahputra tidak segera diberitahukan kepada publik.

Olga Syahputra menderita penyakit meningitis [sumber gambar]
Namun, akhirnya terkuak bahwa Olga Syahputra menderita penyakit meningitis. Penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri meningokokus dan menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Kini, Olga Syahputra telah damai berada di sisi-Nya.

Andien Aisyah dan BCL, kembali kuat setelah terbebas dari kanker payudara

Sebenarnya bukan hanya Andien Aisyah dan BCL saja, artis yang pernah menderita kanker payudara. Namun, dua artis ini cukup heboh diberitakan ketika tengah berjuang melawan kanker tersebut. Andien Aisyah dan BCL sama-sama melakukan operasi pengangkatan sebelah payudaranya, sebab belum terlalu parah.

Artis menderita penyakit kanker payudara [sumber gambar]
Keduanya mengaku sempat tak percaya diri kembali ke panggung hiburan usai operasi. Namun, langkah demi langkah mereka bangun untuk mengembalikan kariernya. Beruntung, mereka memiliki suami dan sahabat-sahabat yang selalu mendukung, hingga akhirnya bisa menjadi selebriti yang berkualitas seperti sekarang.

Julia Perez dan Melanie Subono, kanker serviks membuat nasib mereka berdua berbeda

Sama seperti Olga Syahputra, meninggalnya Julia Perez pada tahun 2017 juga membuat banyak orang menangis. Jupe yang menderita kanker servis sempat dirawat di rumah sakit cukup lama, menjalani kemoterapi juga tak sekali dua kali. Sehingga, bisa dibayangkan bagaimana menyiksa pengobatan yang dialaminya.

Artis menderita penyakit kanker serviks [sumber gambar]
Namun, Tuhan mendengar jeritan sakitnya setiap hari dan memutuskan untuk membawanya kembali ke pangkuan. Sehingga, Julia Perez tak lagi merasakan sakit. Berbeda dengan Jupe, Melanie Subono, aktris juga aktivis sosial malah masih bertahan hidup selama 20 tahun dengan tumor di tubuhnya. Ia pun berhenti mengobati dirinya dengan obat kanker serviks karena membuat tangannya bergetar. Ia juga mengaku tak menjalani kemoterapi.

Samuel Zylgwyn, sejak umur 19 tahun mengidap penyakit Bell’s Palsy

Mungkin beberapa dari Sahabat Boombastis belum pernah dengar penyakit Bell’s Palsy. Penyakit tersebut menyerang saraf wajah dan membuat satu sisinya lumpuh. Bell’s Palsy rupanya telah menyerang Samuel Zylgwyn semenjak umurnya masih 19 tahun.

Artis menderita penyakit bells palsy [sumber gambar]
Meskipun begitu, kini wajah Samuel Zylgwyn sudah tampak baik-baik saja—yang otomatis membuat dia bertahan dari penyakit tersebut. Dikutip dari kapanlagi.com, ternyata tak hanya Samuel Zylgwyn saja yang pernah menderita penyakit ini, tapi juga Rano Karno.

BACA JUGA: 8 Musisi Indonesia yang Kematiannya Begitu Menggemparkan

Sungguh hebat 11 artis Indonesia di atas. Meskipun jadwal pekerjaannya super padat, mereka juga masih bisa bertahan cukup lama dari penyakit yang dideritanya. Bahkan, ada yang sudah sembuh total. Hal-hal seperti kekuatan dan sabar inilah yang patut dicontoh dari 11 selebriti di atas. Semoga di hari Jumat yang berkah ini, Sahabat Boombastis selalu diberi limpahan kesehatan.