in

Mengulik Sejarah Kota Malang di Era Kolonial

2. Tata Kota Malang Pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda

Kota Malang secara geografis berada di lokasi yang nyaman dengan dikelilingi pegunungan. Hal ini membuat kota ini cocok dibuat sebagai kota hunian dan peristirahatan yang nyaman dan teduh. Kemudian sejak Undang-Undang yang mendorong pengembangan dan masuknya modal swasta asing, maka Malang semakin berkembang menjadi kota pusat perkebunan.

Alun-alun kota Malang Tempo Dulu [Image Source]
Alun-alun kota Malang Tempo Dulu [Image Source]
Kota-kota kolonial di Jawa memiliki ciri khas dengan alun-alun sebagai pusatnya. Karena itu, bangunan penting bisa ditemui di sekitar alun-alun seperti kantor Asisten Residen, Kantor Bupati, Penjara, serta Masjid dan Gereja.

Tempat pemukiman penduduk juga diatur oleh pemerintah kolonial. Pemukiman orang Eropa berada di daerah Barat Daya dari alun-alun yaitu sekitar Taloon, Tongan, Sawahan dan sekitarnya, serta di sekitar Kayoetangan, Oro-Oro Dowo, Tjelaket, Klodjenlor dan Rampal. Pemukiman orang Cina berada di sebelah Tenggara dari alun-alun (sekitar Pasar Besar). Pemukiman Orang Arab di sekitar belakang Masjid Jami’ di alun-alun dan orang pribumi menempati daerah kampung Kebalen, Penganggungan, Djodipan, Talon dan Klodjenlor. Sedangkan wilayah militer, berada di daerah Rampal.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Film Horor Pendek di Youtube ini Bisa Membuatmu Syok dan Susah Tidur!

4 Hewan Asli Indonesia yang Harga Jualnya Bikin Dompet Jebol!