4 Hewan Asli Indonesia yang Harga Jualnya Bikin Dompet Jebol!

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 14, 2015

Menjadi peternak mungkin jadi sekian pekerjaan yang masih dianggap sebelah mata di Indonesia. Kalau dilihat memang seperti itu sih, peternak harus berjibaku dengan hewan-hewan yang menimbulkan bebauan yang kurang sedap, mengurusi kotoran dan sebagainya . Jauh dari kesan elit ala pekerja kantoran yang serba bersih. Namun, tunggu saja sampai saat musim jual nanti, pendapatan para peternak bakal melesat jauh sekali.

Beternak bukan cuma tentang teknik merawat hewan peliharaan, tapi justru yang terpenting adalah hewan ternaknya sendiri. Makin langka, unik, dan punya ciri khusus, maka banderol harganya bisa sangat mahal. Untungnya, di Indonesia takkan susah untuk menemukan hewan-hewan seperti ini. Ya, ada beberapa jenis hewan ternak khas Indonesia yang punya keunikan luar biasa. Kabar baiknya, hewan-hewan tersebut dibanderol dengan harga melangit ketika dijual.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kaya secara instan mungkin bisa kamu mulai dari memelihara deretan hewan unik yang Indonesia banget ini.

1. Sapi Limosin Bisa Seharga Mobil

Hanya orang-orang yang benar-benar kaya bisa beli atau setidaknya naik mobil Limousine. Predikat yang sama juga berlaku bagi siapa pun yang punya sapi Limosin. Yup, sapi satu ini memang sudah terkenal seantero nusantara akan harganya yang bikin geleng-geleng kepala. Harga minimal untuk satu sapi Limosin bisa berkisar Rp 50 jutaan.

Harga sapi Limosin pernah mencapai Rp 130 juta untuk seekornya [Image Source]
Harga sapi Limosin pernah mencapai Rp 130 juta untuk seekornya [Image Source]
Alasan kenapa sapi ini dhargai mahal adalah karena bentuk fisiknya yang sangat aduhai. Selain itu dari sisi berat tubuhnya, sapi Limosin adalah yang paling berbobot dari semua jenis yang ada di Indonesia. Bahkan berat sapi yang populasinya sudah mulai menyebar ini bisa mencapai 1,3 ton. Alasan lain kenapa harganya mahal ketika makin tua, adalah kualitas dagingnya yang lebih baik dari sapi kebanyakan. Rekor paling mahal sapi Limosin pernah dibanderol dengan harga Rp 130 juta! Punya 10 sapi Limosin sudah pasti jadi kaya raya.

2. Kambing Gembrong, Langka dan Berharga Mahal

Kambing umumnya dibanderol dengan harga menengah antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta tergantung ukuran dan jenisnya. Namun kisaran harga ini sepertinya tidak berlaku untuk kambing jenis Gembrong. Yup, kambing ini bisa dihargai agak lebih mahal lagi dari itu.

Unik dan nyentrik, kambing asli Indonesia ini dihargai lumayan mahal [Image Source]
Unik dan nyentrik, kambing asli Indonesia ini dihargai lumayan mahal [Image Source]
Dilihat dari tampilannya sendiri kambing Gembrong cukup unik. Tubuhnya memang seperti kambing pada umumnya, namun bulunya benar-benar lebat. Bukan keriting seperti domba, melainkan lurus seperti kuda poni. Mungkin kamu berpikir jika kambing ini bukan dari Indonesia, namun ternyata Gembrong asli lahir di sini. Bali Timur disinyalir sebagai tempat habitat asli hewan keren ini.

Dengan ciri fisik unik, kambing Gembrong juga jadi satu-satunya di dunia dengan karakteristik tersebut. Sayangnya, jumlahnya tak banyak untuk saat ini dan termasuk hewan langka. Mungkin selain ciri fisiknya, kelangkaan membuat kambing ini jadi lebih mahal dibandingkan yang lain.

3. Babi Papua, Harganya Hampir Menyamai Motor Sport

Babi Papua pada dasarnya tidak ada bedanya dari jenis yang lain. Hanya saja ukurannya memang agak sedikit lebih besar. Postur tubuhnya juga gempal dengan kulitnya yang agak kecoklatan. Berbekal semua kelebihan ini tak heran harga babi ini lumayan mahal.

Menabrak babi sampai mati di sana, kamu akan kena denda sampai puluhan juta [Image Source]
Menabrak babi sampai mati di sana, kamu akan kena denda sampai puluhan juta [Image Source]
Babi Papua paling murah dijual dengan harga Rp 13 jutaan. Sedangkan untuk yang paling mahal bisa mencapai Rp 30 juta. Nah, selain alasan fisik dari babi tersebut, yang membuat hewan ini mahal adalah pandangan masyarakat sekitar. Ya, di beberapa daerah pedalaman Papua, babi adalah representasi kekayaan seseorang. Makin banyak babinya, maka makin kaya seseorang.

4. Ayam Cemani, Si Hitam Langka yang Mahal

Mungkin kamu sudah mendengar tentang si ayam satu ini. Yup, ayam langka asal Jawa Tengah ini namanya sudah mendunia. Tidak hanya karena harganya tapi juga gara-gara fisiknya yang sangat unik dan tidak ditemukan di jenis ayam yang lainnya.

Ayam ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di Amerika [Image Source]
Ayam ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di Amerika [Image Source]
Ayam Cemani , seperti yang kamu tahu, berwarna serba hitam. Tak hanya bulunya, bahkan daging serta organ tubuhnya pun berwarna pekat. Hal ini pula yang menyebabkannya jadi dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau magis. Di tempat asalnya, ayam Cemani memang sudah biasa dijadikan sesajen dan sebagainya.

Nah, berapa sih harga ayam unik ini. Di Amerika, Cemani bisa mencapai Rp 28 juta per ekornya, sedangkan di Indonesia jauh lebih mahal lagi. Yup, ayam ini dibanderol sampai Rp 40 Juta!

Tak perlu khawatir soal uang, asal di rumah ada 10 sapi Limosin atau 40 ayam cemani itu lebih dari cukup. Selain deretan hewan di atas, dulu juga ada satu hewan khas Indonesia yang dijual cukup mahal, yakni tokek. Hewan ini sempat jadi primadona di kalangan kolektor dan breeder. Sayangnya, kini harganya sudah normal tidak melejit seperti dulu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA