Jailangkung: Sejarah dan Peran Budaya dalam Permainan Pemanggil Setan yang Mematikan

oleh Adi Nugroho
15:13 PM on Oct 21, 2016

Jailangkung adalah salah satu permainan memanggil hantu atau arwah gentayangan yang ada di sekitar kita. Permainan dilakukan dengan menggunakan media yang biasanya berupa batok kelapa yang didandani seperti orang. Di bagian tengah atau tangan dari batok kelapa ini diberi alat tulis yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi.

Saat semua persiapan dilakukan dengan benar, orang yang akan bermain akan berkumpul dan mengucapkan japa mantra berkali-kali. Akibat mantra yang diucapkan selama berkali-kali, media berupa batok akan terisi makhluk halus dan akhirnya komunikasi bisa dilakukan dalam situasi yang penuh kengerian.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Masih tentang jailangkung, mari kita bahas sejarah dan peranan budaya yang menyebabkannya terus ada hingga sekarang.

Sejarah Permainan Jailangkung

Istilah jailangkung kita kenal sekarang ternyata diturunkan dari permainan serupa bernama cay lan gong. Permainan kuno yang menggunakan media boneka keranjang untuk memasukkan arwah ini berasal dari dari Tiongkok. Diduga hubungan kerajaan Nusantara dengan pedagang Tiongkok di masa lalu menyebabkan permainan mistik ini datang dan mengakar di Indonesia.

sejarah permainan jailangkung [image source]
sejarah permainan jailangkung [image source]
Seiring dengan berjalannya waktu, permainan yang sudah punah di Tiongkok ini menjadi permainan khas di Indonesia. Di masa lalu, anak-anak melakukan permainan ini untuk sekadar senang-senang saja. Mereka ingin tahu apakah di sekitarnya ada makhluk halus atau tidak. Kalau di sekitarnya ada makhluk halus, siapa namanya dan mati karena apa.

Permainan Jailangkung di Berbagai Daerah Indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu, permainan jailangkung juga diadopsi oleh beberapa daerah di Indonesia. Di daerah Jawa permainan ini kerap disebut dengan Nini Thowog. Permainan ini tidak dilakukan oleh anak-anak seperti layaknya jailangkung. Permainan Nini Thowog justru dilakukan oleh orang tua untuk meminta keselamatan di desa dan menolak bala atau wabah penyakit datang ke desa.

permainan jailangkung [image source]
permainan jailangkung [image source]
Nyaris sama dengan permainan yang ada di Jawa, jailangkung juga hadir dalam versi Minangkabau. Nama permainan ini adalah Lukah Gilo yang biasanya dimainkan oleh seorang pawang. Media yang digunakan terbuat dari lukah atau penangkap ikan dari bambu dan kepalanya diberi labu atau batok kelapa. Saat pawang membisikkan mantra makhluk halus akan masuk dan membuat lukah ini terus bergerak tanpa henti.

Fungsi Permainan Jailangkung

Permainan ini awalnya hanya digunakan untuk sekadar senang-senangan saja. Namun sering dengan berjalannya waktu, permainan ini jadi sedikit disalahgunakan. Misal digunakan untuk uji nyali dan mencari hantu yang ada di sekitarnya. Hantu yang dicari ini nanti juga dimintai tolong untuk menunjukkan nomor togel yang akan keluar esok hari.

fungsi jailangkung [image source]
fungsi jailangkung [image source]
Di Minangkabau, permainan jenis ini digunakan sebagai hiburan. Biasanya dilakukan saat upacara pernikahan. Di beberapa daerah lain, jailangkung digunakan untuk mengganggu orang sehingga kasus-kasus seperti kerasukan kerap terjadi dan meresahkan banyak orang.

Jailangkung dalam Budaya dan Masyarakat Indonesia

Jailangkung tidak bisa dihilangkan dengan mudah dari masyarakat di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena masih banyak masyarakat yang menyukai mistisme. Banyak yang percaya dengan hal-hal berbau gaib seperti jailangkung. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, media yang digunakan hanya berupa pensil dan juga kertas. Anak-anak di sekolah kerap melakukannya untuk ajang iseng atau senang-senang.

jailangkung dalam budaya [image source]
jailangkung dalam budaya [image source]
Masih banyaknya masyarakat yang menyukai permainan ini, cerita fiksi dan juga film tentang jailangkung akhirnya dibuat. Dibuatnya cerita dan juga film menunjukkan betapa kuatnya jailangkung dalam masyarakat di Indonesia. Bahkan bisa dibilang sudah masuk dalam budaya dan kehidupan sehari-hari.

Inilah sekilas tentang jailangkung beserta sejarahnya di Indonesia. Menurut Anda, permainan yang cukup ngeri-ngeri seru ini benar-benar nyata atau tidak? Apakah hantu yang dipanggil benar bisa masuk atau cuma sugesti saja?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA