Terjadi Lagi! Gara-Gara BPJS, Pasien Ini Terus Ditolak Rumah Sakit Sampai Tak Bernyawa

oleh Adi Nugroho
13:34 PM on Oct 21, 2016

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan kerap mendapatkan perlakuan tidak adil dari rumah sakit. Meski mereka sudah membayar iurannya setiap bulan, fasilitas yang didapatkan tidak kunjung didapatkan. Dalihnya sih macam-macam, mulai dari tidak adanya ruangan yang kosong hingga habisnya obat sehingga pasien harus beli sendiri atau pindah ke rumah sakit lain.

Kasus penolakan pasien BPJS oleh rumah sakit tidak sekali dua kali terjadi di Indonesia. Media sosial, TV, hingga koran nasional kerap mengangkatnya menjadi berita. Mulai yang pasien tambah sakit hingga yang meninggal dunia sudah di blow up. Namun, pelayanan yang buruk tetap saja terjadi.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lantas apa gunanya membayar iuran per bulan jika terus diperlakukan dengan buruk? Bukankah dana yang dibayarkan jadi tidak berguna?

Dari kasus yang terjadi di lapangan, mereka yang menggunakan layanan BPJS Kesehatan terutama yang kelasnya rendah akan dikesampingkan. Mereka harus antre dari pagi buta hingga siang atau malam namun pemeriksaan dilakukan dengan serampangan. Kalau pasien minta opname selalu ditolak dengan alasan… Anda pasti tahu jawabannya kan?

Jika kasusnya seperti ini, siapa yang bisa disalahkan? Pasien? Dokter? Manajemen rumah sakit? Atau pihak BPJS Sendiri?

Coba simak kasus pasien ditolak oleh BPJS dalam foto di bawah ini?

kasus-bpjs
Kasus BPJS

Pertanyaannya adalah, kenapa kalau menjadi pasien biasa pihak rumah sakit selalu mau memperlakukan pasien dengan baik. Saat menjadi pasien biasa kenapa ruangan yang awalnya penuh jadi kosong? Kenapa pasien yang mau membayar mahal selalu diperlakukan jauh lebih baik dari pemakai BPJS?

Ada beberapa dugaan terkait masalah ini. Pertama karena pihak BPJS susah sekali jika dimintai klaim. Setiap rumah sakit selalu meminta klaim ke BPJS setelah melakukan perawatan pasien. Kalau klaim ini tidak dibayarkan, rumah sakit tidak akan bisa berjalan dengan baik. Pihak manajemen dan keuangan pasti kebingungan untuk menutup kekurangan operasional rumah sakit.

Kedua karena ada beberapa oknum dokter yang enggan menerima pasien BPJS. Kalau pun mau, diagnosis yang diberikan bisa jadi semaunya sendiri. Misal seseorang yang sebenarnya kena typus dibilang sakit maag dan hanya diberi obat saja.

Ketiga karena belum ada sistem yang baik dalam pengawasan pelayanan BPJS di setiap rumah sakit yang bekerja sama. Padahal setiap peserta BPJS berhak mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan kelasnya. Setiap peserta yang membayar iuran per bulan berhak mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan kelasnya tanpa ada pembeda.

Semoga kejadian tidak menyenangkan seperti ini tidak terjadi lagi. Seseorang yang sakit sudah sepantasnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Jangan sampai ungkapan seperti ini: “orang sakit dilarang sakit” terus mengakar di Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA