Beberapa hari jagat dunia maya tengah digemparkan oleh aksi ‘brutal’ pria hancurkan motor lantaran marah saat ditilang. Aksi yang terjadi di wilayah Tangerang Selatan ini juga panen hujatan dari beragam kalangan. Pada umumnya, para warganet menyesalkan kenapa pria bernama Andi Saputra sampai tega-tega mencabik-cabik kendaraan yang sebenarnya milik pacarnya tersebut.

Melihat kejadian tersebut jadi membuat kita bertanya-tanya sendiri, sebenarnya ada apa dengan pemuda asal Bengkulu itu, apakah ia stress? Banyak masalah? Atau lagi tertekan hidupnya? Entahlah, yang pasti bila diperbaiki Scoopy jenis Esp itu mahal harganya. Berbicara tentang motor pabrikan Honda yang dihancurkan Andi, sebetulnya kendaraan roda dua itu menyimpan spesifikasi yang bagus lho. Tidak percaya? Yuk mari kita buktikan bersama di ulasan berikut ini.

Honda Scoopy Esp mempunyai sistem modern

Sebagai kendaraan yang dirilis beberapa tahun yang lalu, Scoopy Esp bisa dikatakan merupakan skuter matic yang telah masuk kategori modern. Hal ini lantaran alat transportasi darat tersebut banyak dilengkapi dengan sistem mutakhir.

Scoopy dirakit [Sumber Gambar]
Seperti contohnya adalah dilengkapi dengan teknologi ACG Starter yang mana akan membuat suara kendaraan tidak berisik saat dihidupkan. Selain itu, juga dilengkapi fitur canggih Idling Stop System (ISS), dimana akan membuat kendaraan berhenti selama tiga detik. Hal yang cocok diaplikasikan ketika kita sedang menunggu traffic lampu lalu lintas.

Mempunyai dapur pacu yang tidak bisa dipandang remeh

Selain masalah teknologi tadi, Scoopy Esp juga mempunyai dapur pacu yang tidak bisa dipandang remeh. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis kendaraan pabrikan Honda ini mempunyai akselerasi sampai 12,98 detik pada jarak 0-200m dengan top speed hingga 91,6 km/jam.

Ilustrasi Akselessi Scoopy [Sumber Gambar]
Spesifikasi yang kabarnya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Jadi meski mempunyai tampilan matic tapi bisa diajak kencang juga. Masih terkait tipe motor ini, ia juga tergolong irit dengan konsumsi bahan bakar mencapai 61,9 km/liter. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh penggunaan fitur ISS tadi.

Menjadi Skutik yang masuk kategori nyaman untuk dikendarai

Bukan sebuah rahasia lagi jika banyak orang menggunakan dalih nyaman sebagai alasan memilih motor matic. Hal ini tentu tergambarkan jelas dari penggunaannya yang memang simpel. Tinggal gas bisa menjelajahi jalanan.

Sistem motor honda [Sumber Gambar]
Ngomong-ngomong masalah nyaman, Scoopy Esp juga bisa masuk kategori tersebut. Sebab, selain dilengkapi teknologi canggih, Esp juga mempunyai aplikasi ban tubeles menggunakan pelek ukuran 14 inchi. Bagasinya juga besar dan dengan menggunakan sistem Answer Back System yang terintegrasi dengan kunci kontak, sangat memudahkan pengendara mengetahui letak kendaraannya.

Menjadi kendaraan roda dua yang laris dipasarkan Indonesia

Berangkat dari banyak hal baik tadi dan AHM terus berinovasi dengan fitur canggih, memang menjadi sebuah hal lazim jika scoopy skutik ini menjadi salah satu yang laris dipasaran. Dilansir Boombastis dari Liputan 6, di tahun 2018 kendaraan jenis ini mampu terjual hingga 387.464 unit selama Januari-Juni.

Scoopy Esp peluncuran [Sumber Gambar]
Bahkan kabarnya penjualan Honda Scoopy bisa sekitar 65 ribu sampai 70 ribu unit per bulan. Jumlah yang menurut Senior Manager Product Management Department PT Astra Honda Motor yaitu Harsanindhitya Bagus disebabkan oleh desain Scopy bergaya retro klasik. Dan mampu memenuhi keinginan konsumen dalam masalah verticality serta functionality.

BACA JUGA:Inilah 4 Motor Jadul yang Sering Dianggap Rongsokan, Namun Kalau Dijual Harganya Bikin Jantungan

Begitulah tadi sobat Boombastis beberapa hal terkait kendaraan Scoopy Esp. Melihat jadi terasa sayang ya jika kemarin oleh Mas Andi dihancurkan. Apalagi bila berkaca dari spesifikasinya cocok digunakan untuk kaum urban yang kerap diterjang macet jalanan. Besar harapan setelah kejadian brutal kemarin, tidak ada lagi pengendara lakukan hal serupa ya. Syukur-syukur pengguna jalan di Indonesia lebih tertib lagi.