Menguak 5 Fakta Kedigdayaan Satgultor 81, Pasukan Siluman Terganas yang Dimiliki Indonesia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 4, 2016

Barangkali Anda pernah mendengar pasukan khusus Denbravo milik satuan TNI AU atau Kopassus yang merupakan satuan baret merah dari TNI AD. Dua pasukan khusus tersebut dikenal sangat hebat dalam menanggulangi kejahatan dan menjaga NKRI ini dari serangan-serangan asing yang mendadak menyusup ke Indonesia.

Baca Juga :5 Alutsista Baru Milik TNI ini Membuat Indonesia Terlihat Lebih Ganas

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Selain dua pasukan khusus di atas, Indonesia sebenarnya punya lagi pasukan khusus yang kerap dijuluki sebagai pasukan siluman. Nama pasukan itu adalah Satgultor 81. Mereka bertugas untuk menangani teror-teror kelas atas yang mengancam kedaulatan NKRI. Berikut lima fakta kedigdayaan Satgultor 81 yang dikenal sangat gahar itu.

1. Dibuat Untuk Menanggulangi Pembajakan Pesawat

Pembentukan Dentasemen Khusus 81 ini tak lepas dari maraknya pembajakan pesawat yang terjadi pada kurun waktu 70-80-an. Di masa itu, pesawat komersial banyak dibajak oleh kelompok tertentu. Pesawat miliki Indonesia pernah dibajak ketika sedang berada di Bandara Dong Muang, Thailand tahun 1981. Sejak kasus itu, TNI akhirnya membuat sebuah satuan khusus setingkat dengan dentasemen lingkungan.

pasukan Satgultor [image source]
pasukan Satgultor [image source]
Pembentukan Dentasemen Khusus 81 ini akhirnya membuahkan banyak sekali hasil. Pasukan ini berhasil membebaskan pesawat yang dibajak dengan sempurna. Bermula dari misi ini, Dentasemen Khusus 81 akhirnya dikembangkan menjadi Satgultor 81 pada 30 Juni 1982.

2. Satgultor 81 Peninggalan Prabowo Subiyanto dan Luhut

Setelah resmi dibentuk, satuan khusus ini akhirnya dipimpin oleh dua orang besar pada satuan TNI AD. Komandan pertama dari Satgultor 81 adalah Kolonel Inf Luhut Binsar Panjaitan dari 1982-1990. Ketika memimpin satuan yang dikenal sangat hebat ini, Luhut dibantu oleh wakilnya yang merupakan menantu dari Pak Soeharto bernama Prabowo Subiyanto.

misi penyergapan [image source]
misi penyergapan [image source]
Dua perwira hebat ini mengarahkan Satgultor 81 dilatih di Jerman untuk menanggulangi teror. Setelah kembali ke tanah air, mereka akan melakukan serangkaian misi dan juga melatih prajurit Kopassandha. Latihan yang dilakukan oleh Satgultor 81 selalu rahasia. Bahkan visi dan misinya yang lebih detail juga sangat rahasia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA