Sariban Si Pejuang Kebersihan, Dulu Disebut Gila tapi Sekarang Mendunia

Kisah ini akan menampar orang-orang yang sukanya membuang sampah sembarangan.

oleh Endah Boom
11:00 AM on Jun 6, 2017

Puluhan tahun lalu ia disebut gila. Banyak orang yang memandangnya sebelah mata. Tapi kini sosok dan kisahnya justru mendunia. Dia adalah Kakek Sariban. Setelah diberitakan oleh media asing Aljazeera TV, sosok Kakek Sariban mendapat banyak sorotan. Berawal dari hari Sabtu 27 Mei 2017 lalu, akun Twitter @AJEnglish atau Aljazeera English, mengunggah video kisah hidup kakek Sariban asal kota kembang Bandung yang berdurasi kurang lebih 3 menit.

Unggahan itu dilengkapi keterangan, I am crazy. Hygiene crazy. Meet Indonesia’s trash vigilante. #AJShorts. Dalam waktu singkat, sosok Kakek Sariban menyedot perhatian netizen. Siapa sebenarnya Kakek Sariban ini? Dan apa yang dilakukannya? Kisahnya berikut ini sangat menarik dan inspiratif untuk diikuti.

Baca Juga
Menilik Perjuangan Mbah Wongso, Rela Tinggalkan Suriname Demi Mencari Sanak Saudara di Indonesia
Diusir dan Ditelantarkan, Sosok Kakek yang Sedang Viral Ini Ungkapkan Tetap Sayang Pada Anaknya

Karena Aksinya, Kakek Sariban Dulu Disebut Gila dan Aneh

Secara sukarela, Kakek Sariban menghabiskan masa pensiunnya dengan membersihkan sampah. Ia begitu prihatin dengan kondisi kota Bandung yang makin tidak karuan. Makin kotor dan banyak sampah di mana-mana. Tak mau tinggal diam, dia melakukan aksi membersihkan sampah-sampah tersebut.

Kakek Sariban Dulu Disebut Gila dan Aneh

Tapi bukannya mendapat banyak dukungan positif, dulu dia malah disebut gila dan aneh. Meski begitu, kakek berusia 74 tahun ini tak putus asa. Malah dia sendiri mengaku kalau dirinya gila, tapi gila kebersihan. Terbukti puluhan tahun dia tak pernah lelah memperjuangkan kebersihan kotanya. Benar-benar luar biasa sekali, ya.

Berbagai Sudut Taman Kota dan Tempat Umum Ditelusurinya Setiap Hari

Usia senja bukan halangannya untuk terus memperjuangkan kebersihan. Berbagai sudut taman kota dan tempat umum akan disinggahinya untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan. Dan bila ada yang ketahuan membuang sampah sembarangan, Kakek Sariban akan menegurnya.

Berbagai Sudut Taman Kota dan Tempat Umum Ditelusurinya Setiap Hari

Kebersihan lingkungan harus tetap dijaga. Kakek yang murah senyum ini pun selalu berusaha mengajak orang-orang untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dengan cara yang unik. Seperti dengan lagu khusus yang ia ciptakan sendiri sebagai seruan untuk menjaga kebersihan.

Pejuang Kebersihan dari Bandung Ini Kini Mendunia

Pejuang Kebersihan dari Bandung Ini Kini Mendunia

Kalau dulu dia dianggap aneh, sekarang dia jadi panutan dan suri tauladan masyarakat. Masyarakat kini menyambutnya dengan positif. Bahkan pemerintah juga memberikan perhatian serta penghargaan khusus padanya. Pada tahun 2016 lalu ia diberangkatkan umroh oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil. Niat dan komitmen tulus menjaga kebersihan kota membuahkan hasil yang begitu manis.

Kakek Sariban Tetap Setia dengan Sepeda Onthel

Seorang warga pernah menawarinya sepeda motor. Tujuannya agar Kakek Sariban bisa lebih mudah dan cepat membersihkan sampah. Namun, Kakek Sariban menolaknya. Dia memiliki alasan tersendiri. Dia tak mau bersepeda motor karena tak ingin mencemari udara kota Bandung dengan asap knalpot yang dikeluarkannya. Kakek Sariban memilih setia dengan sepeda onthel tuanya.

Kakek Sariban Tetap Setia dengan Sepeda Onthel

Dengan sepeda onthel yang dimilikinya sejak zaman Belanda tersebut, Kakek Sariban menyusuri jalanan sambil mengambil sampah yang ditemukannya. Tak lupa ia juga membawa dua tong sampah, satu untuk sampah organik, satunya lagi untuk sampah anorganik. Nantinya, sampah-sampah yang dikumpulkan akan dibuang ke tempat sampah.

Kakek Sariban, dia merupakan panutan sekaligus inspirasi untuk masyarakat. Di balik penampilannya yang sederhana dan sepeda tuanya, ada hati yang begitu besar. Ada tekad yang begitu kuat untuk menjaga kebersihan kota. Malu lah kita kalau sampai sekarang masih punya kebiasaan buang sampah sembarangan. Terima kasih Kakek Sariban atas dedikasi dan perjuangannya hingga saat ini. Sehat terus, ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA