Resep Sambal Goreng Kentang Khas Lebaran

oleh Maya Galuh
07:00 AM on Jul 16, 2015

Menu opor ayam tidak akan lengkap tanpa ada sambal goreng kentang yang legit dan pedas. Belum lagi tambahan potongan petai dan juga hati ayam, menambah kaya citarasa menu kuliner khas Indonesia ini. Bagi Anda yang ingin menyajikan masakan spesial satu ini, resep di bawah ini boleh dicontek lho. Cara membuatnyapun mudah sekali:

Resep sambal goreng kentang
Resep sambal goreng kentang [ImageSource]
Bahan:
600 gram kentang (potong dadu kecil)
6 pasang ati ampela ayam
Asam jawa secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Petai (bila suka) secukupnya
Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Bumbu:
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
2 buah 2 cm lengkuas, geprek hingga pipih
2 batang serai, geprek
6 buah cabai merah besar, buang bijinya dan rajang halus
200 ml santan

Bumbu Halus:
15 butir bawang merah
6 siung bawang putih
20 buah cabai merah
2 buah tomat
1 sdt terasi matang
2 ½ sdt garam
2 sdt gula pasir

Langkah Memasak:

1. Rebus dahulu hati ayam hingga matang dan saat proses merebus, tuangkan sedikit asam jawa. Setelah itu tiriskan, lalu potong dadu.
2. Jika sudah, goreng sebentar hingga kecoklatan. Tidak perlu sampai kering.
3. Potong dadu kentang, rebus dahulu hingga setengah matang dan jangan sampai hancur.
4. Tiriskan kentang, lalu haluskan bumbu-bumbu halus.
5. Tumislah bumbu halus hingga wangi, lalu Masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk dan isiran cabai merah hingga layu.
6. Setelah itu masukkan hati ayam yang telah disiapkan dan juga petai (bila suka). Aduk perlahan jangan sampai hati ayam hancur.
7. Tuangkan santan dan aduk hingga mendidih, lalu masukkan kentang. Aduk lagi hingga semua bumbu meresap dan menjadi sambal goreng dengan bumbu melimpah.
8. Sajikan saat masih panas, taburi bawang merah goreng di atasnya.

Butuh kesabaran untuk membuat sambal goreng kentang yang nikmat. Anda harus telaten mengaduk masakan hingga bumbu semua tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Jika Anda suka, bisa juga ditambahkan pelengkap lain seperti potongan tahu, tempe dan masih banyak lagi sesuai selera.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA