Nama Salmafina Krairunnisa menjadi trending topic di media sosial selain berita tentang ‘ikan asin’ yang akhirnya berakhir ke proses hukum. Sulung Sunan Kalijaga yang sering dipanggil Alma ini diketahui baru saja pindah keyakinan setelah video sedang berdoanya –sambil menangis viral di Instagram dan tercapture oleh akun @lambe_turah.

Momen ini kebetulan bertepatan dengan Anniversary perkawinan kedua orangtuanya. Sehingga, sang ayah sempat curhat di media sosialnya jika hal tersebut adalah ujian terbesar dari Allah, namun ia masih tetap bersabar dan akan ikhlas. Sekarang, dari curhatan terbarunya, Alma sepertinya pergi dan belum mau berhubungan dengan keluarganya.

Alma menjauhi keluarganya, hal tersebut membuat sang ayah dan keluarga sedih

Setelah anaknya dikabarkan berpindah keyakinan, beberapa postingan dari Sunan Kalijaga menyiratkan bahwa ia sedang dalam masa ujian. Salmafina nampaknya menjauh dari keluarganya untuk sementara waktu. Hal tersebut membuat keluarga mereka panik dan mencari Salma melalui insta stories isntagramnya.

Curhatan Sunan Kalijaga [sumber gambar]
Ia menulis caption “Tidak usah bicara sorga kalau orang-orang yang sayang padamu merawat, membesarkan, menjaga, kau sakiti hati dan perasaannya.” Dilanjutkan dengan kata-kata bahwa tidak ada satupun agama yang menganjurkan seseorang untuk menjauhi keluarga, terutama orangtua. Kata-kata ini memang belum dituliskan untuk siapa, tapi netizen sudah pasti bisa menebak bukan?

Meminta Salma untuk segera pulang ke pelukan keluarganya

Di postingan selanjutnya, Sunan Kalijaga meminta Salmafina untuk pulang, siapapun dan bagaimanapun ia saat ini. Keluarga (ayah, ibu, serta adiknya) akan menerima dan kembali memeluk dengan senang hati. Sayangnya, Salmafina tampaknya memutus koneksi komunikasi dengan keluarganya,

Curhat Sunan Kalijaga [sumber gambar]
sehingga sang ayah hanya bisa menyampaikan hal tersebut melalui media Instagram. Ia juga menambahkan bahwa hal tersebut bukan untuk cari sensasi tetapi murni karena kekhawatiran terhadap sang putri. Semoga dek Alma cepat pulang deh.

Jawaban dari Salmafina untuk sang ayah

Persis seperti saat ditanya oleh Feny Rose, Salma mengatakan kalau keputusannya tersebut ibarat bom, lambat laun akan diketahui keluarga dan meledak. Setelah mengambil keputusan berpindah keyakinan, hal tersebut nampaknya merupakan beban yang berat untuk kembali kepada keluarga.

Curhat Salmafina [sumber gambar]
Lewat insta story pula Salma mengatakan bahwa ia sangat ingin kembali kepada keluarganya, hanya saja semua membutuhkan proses. Ia juga menulis bahwa ‘penyembuhan’ melibatkan dua belah pihak, dan saat ini ia sedang berusaha menemukan cara untuk menjadi anggota keluarga yang baik.

Ucapan Sunan Kalijaga yang menyesal pernah menikahkan Salmafina

Yap, di usianya yang masih 19 tahun, Alma sudah berstatus sebagai seorang janda. Pernikahannya dengan Taqy Malik ternyata tidak berjalan baik dan berakhir dengan perpisahan. Netizen berspekulasi jika tekanan batin yang dirasakan oleh Alma saat ini mungkin dimulai karena perpisahan tersebut –secara usianya masih sangat muda—dan masih sangat labil.

Sunan Kalijaga dan perceraian Salmafina [sumber gambar]
Terkait hal ini, Sunan Kalijaga juga bercuit kalau dirinya menyesal pernah menikahkan putri kesayangannya. Ia mengatakan bahwa Alma 100% tidak salah. Menanggapi hal ini, netizen mengatakan bahwa lebih bijaknya Sunan Kalijaga tidak pantas melimpahkan semua kesalahan kepada ‘dia’. Sebaliknya, mereka berkomentar bahwa Sunan Kalijaga terlalu memanjakan sang putri.

BACA JUGA: Diisukan Pindah Agama, Ini 4 Kontroversi yang Pernah Menimpa Salmafina Sunan

Berpindah keyakinan memang satu tema sensitive untuk dibahas. Berada dalam posisi Salmafina ini memang sulit, sehingga ia membatasi diri terlebih dahulu untuk bertemu dengan keluarga besarnya. Semoga saja ke depan hubungan mereka bisa berjalan dengan baik ya, jadi enggak perlu lagi saling bahas curhatan di insta stories, kan~