in

7 Catatan Penting dari Saksi mata Perang Dunia II yang Harus Anda Ketahui

3. Lena Mukhina (Penduduk Leningrad, 3 Januari 1942)

“Kami sedang sekarat seperti lalat di sini karna kelaparan, tapi kemarin Stalin memberi jamuan makan malam untuk sekertaris luar negeri Inggris, Anthony. Ini sangat keterlaluan. Mereka mengisi perut mereka di sana, sementara kami bahkan tidak mendapat secuilpun roti. Mereka hidup mewah dan selalu berpesta, sementara kita hidup layaknya manusia gua.”

Lena Mukhina (c) listverse
Lena Mukhina (c) listverse

Menurut sumber, disebutkan 7-20 juta orang Rusia meninggal sebagai akibat langsung pendudukan Jerman di kota selama dua tahun, dari September 1941 sampai Januari 1944. Catatan harian di atas ditulis oleh penduduk Leninghard 17 tahun, Lena Mukhina hanya beberapa bulan sebelum pengepungan. Sebelum blokade berakhir, warga terpaksa memakan kucing, tikus dan apa saja yang mereka temui. Bahkan banyak laporan tentang kanibalisme di tahun itu.

Saat catatan tersebut ditulis, Lena tinggal bersama bibinya yang kemudian meninggal karna kelaparan. Lena menyembunyikan kematian bibinya agar terus bisa menggunakan kartu makanan milik bibinya untuk mendapat jatah makanan dari pemerintah. Masa suram ditahun 1942 menjadi sejarah suram bagi masyarakat Rusia dan dunia, ketika kelaparan menjadi pembunuh dalam senyap.

Selanjutnya: Felix Landau (Petugas SS, 12 Juli 1941)

Written by titi

Leave a Reply

Mengikat Kaki (c) toptenz

7 Usaha Jadi Cantik di Masa Lalu yang Malah Bikin Cepat Mati

Punden Berundak Yang Ada Diareal Situs Gunung Padang - (c)wowshack.com

Penemuan Terbesar di Situs Gunung Padang, Peninggalan Purbakala Super Megah