Membahas makam, sebagian orang mungkin akan teringat dengan hal-hal berbau seram seperti yang dikisahkan oleh beberapa film horor. Terlepas dari hal mistis, makam merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi orang-orang yang telah meninggal. Namun, beberapa orang yang memiliki peran penting biasanya akan dibuatkan makam khusus sebagai bentuk penghargaan terhadap jasanya. Sebut saja para patriot yang ditempatkan di taman makam pahlawan.

Pejuang islam lain lagi, karena muslim di seluruh penjuru dunia pasti memposisikan para tokoh agama di tempat yang paling disucikan. Semua tokoh Islam memiliki makam yang tidak biasa sebagai tanda jasa besarnya. Namun, kalau ada yang paling dijaga, maka itu adalah lima makam ini.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah sosok nabi terakhir yang diangkat di usia 40 tahun. Figur yang merupakan Rasul tersebut menyebarkan agama Islam di Mekkah selama satu dekade dan 13 tahun di Madinah. Di kota tersebut pula agama Islam berkembang dengan begitu pesat.

Makam Rasul [image source]
Sebagai nabi terakhir yang diangkat oleh Allah SWT, tak heran jika nabi Muhammad begitu dicintai oleh para umatnya yang terus bertambah hingga saat ini. Merupakan hal yang wajar jika makamnya selalu dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya. Makam orang yang paling dikasihi Allah SWT ini terletak di Masjid Nabawi di kota Madinah.

Ali bin Abi Thalib

Ali tinggal bersama Nabi Muhammad sejak kecil, setelah ditinggal mati oleh ayahnya, Abi Thalib. Ali memeluk agama islam sejak usianya 10 tahun. Ali juga merupakan anak menantu rasulullah setelah Fatimah Azzahra yang merupakan putri dari Nabi Muhammad menikah dengannya. Ali memiliki kedudukan begitu istimewa di mata Rasulullah.

Makam Ali [image source]
Begitu istimewanya, Nabi Muhammad bahkan pernah bersabda, “Jika aku kota ilmu, Ali adalah pintunya.” Makamnya yang berada di Kota Najaf, Irak juga selalu mengundang umat Islam untuk berkunjung. Hubungannya yang begitu dekat dengan Nabi Muhammad juga membuat Ali pantas menjadi idola bagi muslim di penjuru dunia.

Hasan bin Ali

Setelah wafat, Ali meninggalkan putra yang memiliki kepribadian yang begitu istimewa. Hasan meneruskan imamah dan memiliki sifat-sifat tak terbantahkan kebaikannya, misalkan tentang beliau yang kerap memberi sebelum meminta dan memberi sebelum diminta. Kedudukan Hasan dan juga adiknya begitu mulia. Ali pernah berkata, “Hasan dan Husain adalah dua putraku. Siapa mencintai mereka, ia mencintai aku pula.”

Makam Hasan [image source]
Hasan bin Ali pun menjadi salah satu panutan umat islam yang begitu diidolakan.  Makamnya terletak di kompleks pemakaman Jannatul Baqi, di kota Madinah yang menurut kabar telah dihancurkan oleh Raja Saud pada tahun 1925.

Husain bin Ali

Husain adalah adik dari Hasan yang merupakan putra dari pasangan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Azzahra. Ia dan kakaknya adalah cucu kesayangan Rasulullah. Nabi bahkan kerap berwasiat pada para sahabatnya, jika ia begitu mencintai Husain, siapapun yang memusuhi Husain, berarti juga memusuhi Rasulullah.

makan Husain [image source]
Namun, akhir hayat dari Husain begitu menyedihkan, beliau bunuh oleh pasukan Muawiyah di padang Karbala (yang sekarang menjadi Irak). Kepalanya dipenggal dan dikubur di kota sebelah selatan Negeri Sungai itu.

Syekh Abdul Qadir al-Jailani

Syekh Abdul Qodir al-Jailani juga memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah. Ia juga mendapat gelar rajanya para wali. Syekh Abdul Qodir juga merupakan keturunan Imam Hasan, sedangkan darah Imam Husain juga mengalir dalam darah ibunya.

Makam Syekh Abdul Qodir [image source]
Bahkan, Dahlan Iskan yang berupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara juga turut mengamalkan ajarannya yang bernama tarikat Qodiriyah. Dahlan merupakan salah satu dari jutaan orang yang pernah berziarah ke makam Syekh Abdul Qodir yang berada di jantung kota Baghdad, Irak.

Tentu masih ada banyak makam para pejuang Islam lainnya yang begitu dijaga. Namun, di dunia, lima makam ini yang paling diistimewakan. Tidak heran mengingat jasa-jasa beliau-beliau ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan kita berkesempatan untuk bisa mengunjungi semua tempat ini, terutama makam Nabi Muhammad di Madinah.