in

5 Pemimpin Dunia Ini Ternyata Adalah Sahabat Baik Soeharto

3. Fidel Ramos, Presiden Filipina yang Jadi Teman Dekat Pak Harto

Tak banyak yang tahu kalau ternyata Soeharto juga berteman sangat akrab dengan Fidel Ramos, presiden Filipina. Bahkan tak hanya berteman, keduanya bersahabat bagai kepompong kalau kata anak muda sekarang. Hal ini dibuktikan lewat hubungan komunikasi keduanya yang benar-benar sangat akrab.

Fidel Ramos [Image Source]
Fidel Ramos [Image Source]
Bak seorang kakak, bolak-balik Fidel Ramos seringkali meminta saran-saran untuk masalah apa pun yang dialaminya kepada Soeharto. Termasuk yang paling pelik adalah pertikaian pemerintah dengan milisi Moro. Fidel ketika itu meminta saran kepada Soeharto tentang cara bagaimana menyudahi konflik ini. Presiden kedua kita itu kemudian memberikan banyak masukan, termasuk salah satunya adalah menghubungi Muamar Khadafi. Fidel menuruti Soeharto dan hasilnya pun seperti yang diinginkan.

4. Paul Keating, PM Australia yang Mendukung Soeharto Sepenuh Hati

Beberapa waktu lalu Indonesia dan Australia sempat bersitegang gara-gara si negara kangguru itu ketahuan menyadap telepon presiden. Memang tidak sampai saling tarik senjata, tapi hubungan keduanya sempat renggang ketika itu. Jika berkaca pada masa Soeharto, yang seperti ini tak pernah terjadi. Justru sebaliknya, Australia memberikan dukungannya seratus persen kepada Indonesia.

Paul Keating dan Soeharto [Image Source]
Paul Keating dan Soeharto [Image Source]
Paul Keating yang ketika itu menjabat PM Australia memang dikenal sangat dekat dengan Soeharto. Bahkan bolak balik ia selalu membela Soeharto soal Timor Timur. Padahal ketika itu mayoritas negara dunia menyalahkan sang presiden kedua kita itu gara-gara konflik Dili. Didukung sepenuh hati, Soeharto pun juga memberikan timbal balik yang besar pula kepada Keating.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Julukan Unik Jakarta yang Mungkin Tak Pernah Kamu Dengar Sebelumnya, Salah satunya Kota Tinja

Traveling Saat Puasa? 5 Hal Penting Ini Harus Kamu Persiapkan Matang-Matang