in

Tetap Tegak Berdiri, Rumah Ini Seolah Kebal dari Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru tanggal 4 Desember 2021 kemarin bisa dibilang salah satu bencana alam paling memilukan di tahun ini. Tak hanya rekam kejadiannya yang bikin merinding di mana awan erupsi bak monster besar yang siap melahap apa saja, tapi juga banyaknya korban yang berjatuhan.

Tak hanya nyawa, akibat erupsi Semeru kemarin bangunan-bangunan di daerah sekitar Semeru juga jadi korban. Banyak bangunan rusak dan terselimuti debu-debu vulkanik. Tentang rumah-rumah korban erupsi ini ada kejadian yang menarik. Percaya atau tidak, ada satu rumah milik seorang warga yang tetap tegak berdiri seolah tak terjadi apa pun.

Lantaran mendapati fenomena yang lumayan unik, para warga dan relawan pun dibuat kaget dan bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Rumah utuh seperti tak terjadi apa-apa

Penampakan rumah tahan erupsi [sumber gambar]
Tak seperti kebanyakan rumah di daerah dekat erupsi, rumah milik seorang warga Dusun Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, ini seolah tak terjadi apa-apa. Jangankan timbunan debu vulkanik, bahkan cat luar rumah pun masih sama. Dilansir dari detik.com, bagian dalam rumah juga masih bersih seolah debu vulkanik tidak masuk sama sekali.

Lingkungan sekitar rumah pun sama

Lingkungan rumah juga tidak apa-apa [sumber gambar]

Tak hanya rumah dan bagian dalamnya, di daerah sekitar bangunan ini juga nampak baik-baik saja. Ada sebuah kolam di sisi kanan rumah yang tidak rusak sama sekali, debu vulkanik pun tak terlihat. Hal yang lebih ajaib adalah ada sangkar burung love bird dan burungnya pun sehat walafiat. Sungguh aneh!

Warga dan relawan terheran-heran

Warga dan relawan terheran-heran [sumber gambar]
Mendapati kejadian aneh ini, warga dan relawan yang pertama kali menjumpai rumah tersebut dibuat geleng-geleng keheranan. Bagaimana tidak, rumah ini berada di salah satu titik terparah dampak erupsi, terbukti dari rumah-rumah di sekitarnya yang kebanyakan sudah rusak atau ditimbuni debu, tapi rumah tersebut seolah tidak bergeming dengan adanya erupsi tersebut. Entah apa yang dilakukan si pemilik rumah sehingga keajaiban seperti ini bisa terjadi.

Si pemilik rumah yang orang biasa saja

Pemiliknya orang biasa [sumber gambar]
Diketahui rumah ini milik seorang warga pendatang asal Madura bernama Pak Roh. Menurut keterangan seorang warga, Pak Roh sehari-harinya bekerja sebagai penambang pasir. Perangainya baik seperti warga pada umumnya. Kira-kira apa yang dilakukan sang pemilik terhadap rumahnya ya sehingga bisa tahan erupsi seperti ini?

BACA JUGA: Cerita Rumini Peluk Ibunya Hingga Keduanya Meninggal Saat Erupsi Semeru

Entah apa yang terjadi, namun fenomena rumah kebal erupsi ini memang menarik dan bikin bertanya-tanya. Kejadian ini seolah mengingatkan akan sebuah masjid di Aceh yang tetap berdiri tegak ketika bangunan-bangunan lainnya rata disapu Tsunami.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Legenda Terbentuknya Gunung Semeru yang Tak Semua Orang Indonesia Tahu

Mengenal Dick Turpin, Pencuri Legendaris yang Sudah Lenyapkan Nyawa Banyak Orang