in

Mentan Syahrul Yasin Limpo Tak Diketahui Keberadaannya Setelah KPK Menggeledah Rumah Dinas

Rumah Mentan Digeledah KPK

Belakangan, nama Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, tengah ramai diperbincangkan banyak orang. Pasalnya, beberapa waktu lalu rumah dinas dan kantornya digeledah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini karena ada dugaan kegiatan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Namun, di tengah penyelidikan dugaan kasus korupsi ini, Syahrul justru menghilang. Ia tak bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya kini. Banyak orang bertanya-tanya, ke mana gerangan Mentan?

Temukan Sejumlah Barang

Pada Kamis (28/9) lalu, KPK menggeledah rumah dinas Syahrul yang berada di Jalan Widya Chandra V No. 28, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat. Penggeledahan tidak hanya dilakukan di rumah dinas, namun juga kantor Kementerian Pertanian di bagian ruangan Syahrul dan Sekjen Kementan, Kasdi Subagyo. Kegiatan ini dilakukan seharian, hingga keesokan harinya, tepatnya Jumat (20/9).

Rumah Dinas Menteri Pertanian
Rumah Dinas Menteri Pertanian [Sumber Gambar]
Dalam penggeledahan, KPK menyita beberapa barang. Ialah uang dengan jumlah hingga puluhan miliar. Uang tersebut berbentuk uang rupiah dan mata uang asing tunai. Dilansir dari Tempo, KPK menduga uang tersebut ada kaitannya dengan promosi jabatan dan mutasi di Kementan. Selain uang, ada pula dokumen, catatan keuangan, hingga 12 senjata api.

Tidak Bisa Dihubungi

Syahrul diketahui tidak berada di Indonesia setelah melakukan kunjungan kerja di Roma, Italia dan Spanyol. Ia ke Eropa bersama dengan beberapa pejabat lainnya. Kendati berangkat bersama, mereka pulang terpisah karena kemungkinan terbatasnya tiket.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Syahrul Yasin Limpo belum diketahui keberadaannya kini [Sumber Gambar]
Dilansir BBC, Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa pihak Kementan belum bisa terhubung dengan Syahrul sejak jadwal kepulangannya. Ia dan pejabat lainnya dijadwalkan sampai di Indonesia pada 1 Oktober, setelah berangkat dari Eropa pada 30 September.

Sedang Menjalani Pengobatan

Harvick mengatakan bahwa hilangnya kontak dengan Syahrul, bukan berkaitan dengan kasus dugaan korupsi. Ia pun berharap bahwa Mentan tidak kabur karena kasus tersebut. Keberadaan Mentan masih belum diketahui dan belum tercatat masuk RI setelah meninggalkan Indonesia pada 24 September lalu.

Rumah Dinas Menteri Pertanian
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo [Sumber Gambar]
Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni pun mengatakan bahwa Syahrul akan kembali pada 5 Oktober sesuai arahan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem. Syahroni mengatakan bahwa Syahrul tengah menjalani pengobatan karena riwayat penyakitnya kambuh. Syahrul disebut mengalami masalah pada prostatnya dan melakukan pengobatan. Meski begitu, Syahroni tidak menyebutkan di mana Syahrul melakukan pengobatan.

BACA JUGA: Mega Korupsi Terbesar yang Pernah Bikin Indonesia Malu di Mata Dunia

Meski Syahrul masih belum bisa dihubungi dan belum diketahui keberadaan pastinya, KPK tetap melakukan penyelidikan. Kendati begitu, KPK belum menetapkan tersangka karena sedang melakukan pengumpulan bukti. Mereka juga belum memasukkan Mentan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Written by H

Pernyataan Denny Caknan Dihujat Netizen

4 Pernyataan Denny Caknan Tentang Istri Ini Dihujat Netizen Se-Indonesia

Ferrari tabrak 5 kendaraan

Mobil Ferrari Tabrak 5 Kendaraan di Bundaran Senayan, Berakhir Damai Secara Kekeluargaan