in

Tak Lebih Kaya dari Indonesia, Vietnam Sukses Bikin Ruang Steril Portabel untuk Lawan Corona

Wabah virus korona yang kini statusnya telah dinyatakan sebagai pandemi global, membuat banyak negara khawatir akan penyebarannya yang masif. Untuk mencegah hal ini, pemerintah Vietnam melalui otoritasnya melakukan inovasi berupa mobile decontamination chamber (MDC) atau ruang disinfektan portabel.

Benda ini kemudian semakin banyak dikenal dan akhirnya viral setelah diunggah oleh seorang pengguna Twitter bernama @LunaOi_VN pada Jum’at (13/03/2020). Inovasi ini merupakan hasil kerjasama antara Institut Kesehatan dan Lingkungan Kerja, Kementerian Kesehatan Vietnam, dengan Universitas Teknologi Hanoi. Seperti apa bentuknya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Diciptakan untuk membunuh kuman yang menempel pada tubuh seseorang

Ruang disinfektan bakteri dan virus portabel yang viral di dunia maya [sumber gambar]
Dalam unggahannya di Twitter, akun LunaOi_VN mengatakan bahwa kamar disinfektan portabel itu bisa membersihkan 90% bakteri dan virus yang menempel pada tubuh. Cukup masuk ke dalam dan tunggu selama prosesnya yang memakan waktu selama 15 sampai 20 detik, percikan air pembersih akan bekerja ke seluruh permukaan tubuh.

Tidak dipungut biaya dan mampu mensterilkan sebanyak 1.000 orang per hari

Seorang wanita tampak keluar dari bilik usai proses sterilisasi [sumber gambar]

Selain termasuk inovasi yang sangat dibutuhkan masyarakat, keberadaan mobile decontamination chamber atau ruang disinfektan portabel juga termasuk hebat karena mampu mensterilkan sebanyak 1.000 orang per hari. Tak hanya itu, mereka yang ingin membersihkan badannya dari kemungkinan terkena paparan virus dan bakteri juga tak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Inovasi canggih yang menggunakan teknologi modern

Pengguna tampak menggunakan fasilitas yang disediakan gratis tersebut [sumber gambar]
Keberadaan kamar disinfektan portabel itu dianggap mampu membersihkan bakteri dan virus karena telah menggunakan bahan yang telah diracik secara khusus. Dilansir dari Latesly, sterilisasi bisa dilakukan berkat penggunaan air garam ion yang diolah dengan teknologi modern.

Bisa menjadi contoh bagi Indonesia yang juga menghadapi wabah virus korona

Ruang disinfektan yang mampu mensterilkan hingga 1.000 orang per hari [sumber gambar]
Keberadaan ruang disinfektan portabel itu tak lepas dari usaha keras pemerintah setempat untuk mencegah virus korona di negaranya. Seperti yang kita tahu, Vietnam menjadi negara pertama yang berhasil mengendalikan, menyembuhkan, dan terbebas dari wabah virus korona. Untuk itu Indonesia bisa mencontoh langkah Vietnam di atas dengan menyediakan MDC di pusat-pusat keramaian.

BACA JUGA: Indonesia Positif Virus Corona, Begini Paniknya Masyarakat demi Antisipasi Wabah Tersebut

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retweet sebanyak 79,7 ribu kali dan disukai hingga 179,1 ribu kali. Pemilik akun @LunaOi_VN juga menambahkan, bahwa kamar portabel itu telah diproduksi dan dijual dengan harga US$ 2.200 (Rp 33.168.300,00). Sosoknya yang tampak fleksibel, bisa ditempatkan di mana pun atau yang menjadi pusat keramaian.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Perjuangan Tenaga Medis Indonesia untuk Atasi Virus Corona, Ada yang Harus Bertaruh Nyawa

4 Hal Ini jadi Alasan Kenapa Kita Tak Perlu Terlalu Takut dengan Virus Corona