Manusia harus punya cara untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di tubuh baik itu dalam bentuk keringat, buang air kecil sampai buang air besar. Sayangnya ketika ingin buang air, kadang kita sedang berada di luar rumah dan tidak bisa menggunakan kamar mandi sendiri yang terjamin kebersihannya. Sadar atau tidak, kita juga punya banyak potensi untuk mendapatkan penyakit atau virus dari udara dan lingkungan lho. Jadi kamu wajib berhati-hati apabila harus banget menggunakan toilet umum.

Sayangnya, di mana pun toilet umum yang belum tentu hiegienis, kita masih harus melakukan beberapa langkah untuk mengamankan diri kita. Apalagi beberapa kuman dan virus bisa menjadi penyakit yang serius apabila daya tahan tubuh nggak kuat. Daripada bingung, simak dulu tips terbaik menggunakan toilet tanpa takut terkena bakteri atau penyakit lain, yuk!

Lapisi atau sempatkan lap dulu dudukan toilet dengan tisu

Repot dikit nggak papa deh [Sumber Gambar]
Tisu adalah barang penting yang wajib dibawa kemana-mana, gunanya tentu selain mengelap keringat juga bisa digunakan untuk ‘membersihkan’ dudukan toilet terlebih dahulu. Walaupun kesannya repot dan lama, tapi ini cara yang bisa membuatmu nyaman kan nantinya? Daripada nanti kita terkena virus juga dari air yang kadang masih ada di dudukannya.

Usahakan jangan mengambil air yang sudah ada di ember / bak untuk membasuh

Pakai air yang mengalir biar lebih aman [Sumber Gambar]
Air yang sudah tergenang di bak / ember yang ada mungkin sudah terciprat cairan yang macem-macem dari pengguna sebelumnya, bakteri dan virus juga bisa mampir ke badanmu lewat jalan ini lho. Gunakanlah air yang ada di bak ini untuk menyiram saja, usahakan jangan sampai kamu gunakan untuk membasuh bagian tubuhmu nantinya.

Pastikan kondisi air mengalir bersih langsung dari kran

Usahakan nggak pakai air yang berbau [Sumber Gambar]
Kita nggak tau nih sumber air yang digunakan oleh toilet umum berasal darimana, karena kadang ada yang berasal dari air tandon yang belum dikuras juga kan? Maka dari itu pastikan terlebih dahulu air yang ada bersih dan tidak bau apa-apa.

Cuci tangan sebelum dan sesudah memakai kamar mandi

Hal penting yang harus diperhatikan [Sumber Gambar]
Jika cuci tangan sesudah memakai kamar mandi udah jadi kebiasaan, saatnya menambahkan kebiasaan baik lain dengan mencuci tangan sebelum masuk kamar mandi. Tangan adalah salah satu tempat dimana bakteri dan virus cepat menular lho.

Jangan menyentuh langsung tombol ‘flush’ dengan tangan, tapi lapisi dulu tangan dengan tisu

Agar bisa meminimalisir perpindahan kuman dari tangan [Sumber Gambar]
Sadar atau tidak, handle toilet umum banyak digunakan oleh tangan-tangan yang kita nggak tau bersih atau tidak. Begitu juga dengan kondisi tombol ‘flush’ yang ada di toilet umum, tidak disarankan untuk memegang langsung permukaan tombol ini ya!

BACA JUGA: Inilah 10 Bentuk Toilet Nyeleneh Orang Indonesia, Dijamin Bikin Mikir Fungsinya Apa

Bakteri yang ada pada toilet umum memang bermacam-macam, mulai dari virus flu, bakteri e.coli sampai yang bisa membuat radang pun bersarang di toilet umum. Walaupun kebanyakan tidak bisa bertahan di suhu tubuh manusia, jika imun tubuh kita nggak kuat, bisa jadi kita terjangkit yang macem-macem. Semoga tips diatas bisa membantu kamu untuk tetap menjaga kebersihan ya! Kamu punya tips lainnya? Yuk komen dibawah!