Selain mengenai prestasi atau skill, bila kalian ditanya tentang Ronaldinho apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yaa, betul sekali kembarannya yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, meski tidak memiliki hubungan sedarah, tapi perawakan Sodikin atau kerap disapa Ronaldikin, memang punya kemiripan dengan bintang Brazil tersebut. Ngomong-ngomong soal Ronaldikin, baru-baru ini pria tersebut dikabarkan berpulang ke rumah tuhan.

Pada Selasa 21 Januari 2018, ia menghembuskan nafas terakhir setelah alami sakit. Kepergiannya ini mengundang duka di jagad sepak bola, banyak insan bola menuturkan belasungkawanya, mulai dari mantan pemain sampai suporter. Nah, sembari mendoakan dan lakukan penghormatan terakhir untuknya, mari ikuti Boombastis melihat sekali lagi Ronaldikin.

Memulai dikenal orang setelah laga derby kompetisi Indonesia

Bila kalian bertanya sejak kapan, Ronaldikin mulai dikenal jawabannya adalah 14 tahun lalu. Menurut saudaranya yang dikutip Boombastis dari Detik.com, setelah wajahnya tersorot kamera pada laga panas Persija Vs Persib tahun 2004, pria asal Kabupaten Bandung itu mulai terkenal. Dan semenjak waktu tersebut juga, memutuskan untuk hijrah ke ibukota Jakarta.

Persija Vs Persib [Sumber Gambar]
Dari pantauan kami, ada banyak acara tivi yang dibintanginya. Mulai ikut acara ASAL sampai terlibat sinetron bertema sepak bola bernama Ronaldowati. Terakhir, sebelum dirinya pergi untuk selamanya, Ronaldinho Kw ini didapuk menjadi bintang iklan saluran olahraga beINSport. Selama kiprahnya di layar kaca kira-kira apa yang kalian ingat dari sosok tersebut?

Sempat memukau pemain terbaik dunia 2006

Selain memukau para insan bola di tanah air. Tampang Ronaldikin juga sempat memukau beberapa pemain sepak bola manca. Salah satunya adalah pemain terbaik dunia tahun 2006 Fabio Canavaro. Bahkan berkat foto bersama mantan pemain Real Madrid itu, nama Kang Dikin semakin dikenal luas di jagad sepak bola dunia. Tercatat, dua kali pemain Italia itu mengupload kebersamaan bersama pria 49 tahun tersebut, yaitu tahun 2012 dan 2014.

Kang dikin dan Canavaro [Sumber Gambar]
Kemiripan Sodikin dengan Ronaldinho, juga membuat terkenal di wilayah Asia Tenggra. Hal ini dibuktikan kabar kepulangan di beritakan beberapa media olahraga Asia, contohnya adalah Fox Sports Asia, lalu pemain Thailand bernama Charyl Chappuis juga mengucapkan rasa dukanya dengan mengupload foto Dikin bersama dirinya di story Instagram-nya 7 Charyl.

Sosok yang dikenal ramah, tanpa banyak masalah

Selama hidup almarhum juga terkenal merupakan sosok yang baik di lingkungannya. Menurut Firdian saudaranya yang dikutip dari Detik.com, Sodikin merupakan sosok yang ramah dan tidak sombong meski sudah terkenal. Tidak berhenti disitu saja, sosok murah senyum ini ternyata juga memiliki kepedulian yang besar terhadap saudara-saudara kita sempat tertimpa bencana.

Sosok Ronaldikin [Sumber Gambar]
Dari penelusuran penulis, pria berusia 49-an ini sempat terlibat menjadi relawan ketika terjadi gempa Lombok tahun lalu. Terpantau di akun Instagram-nya yaitu Ronaldikin7, ia menunjukkan aktivitas yang patut untuk dicontoh, mulai dari menghibur anak-anak sampai ikut berbagai segala macam kebutuhan untuk mereka yang menjadi korban.

Merupakan pemain kedua belas yang memiliki cita-cita mulia

Masih dalam terkait almarhum Ronaldikin. Selain beberapa hal tadi, dirinya merupakan fans bola fanatik. Ada dua kesebelasan di bumi ini yang menjadi favoritnya yakni Persib Bandung dan klub kota mode Italia AC Milan. Bahkan saat ini tergabung dalam ‘aliansi’ suporter Milan tanah air bernama Milannisti Indonesia.

Gaya Ronaldikin saat jadi pemain ke 12 [Sumber Gambar]
Hebatnya lagi, sebagai pemain kedua belas, Sodikin merupakan sosok yang mendukung penuh mengenai sepak bola damai. Bahkan dari penelusuran kami mengaku sejak tahun 2003-an konsisten menyuarakan hal-hal tersebut. Melansir dari Kumparan.com, sebelum wafat ia memiliki mimpi satukan suporter seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Inilah 10 Potret Artis Indonesia yang Diam-diam Ternyata Mirip Pesepakbola Dunia

Saat ini Ronaldikin telah pergi, namun kenangan terhadap tentu tidak akan mati. Selamat jalan Sodikin, semoga dirimu tenang di sana dan cita-cita untuk suporter Indonesia bisa terwujud ke depannya. Mari berdoa sejenak berdoa untuk almarhum.