Bagi yang mempercayai mitos atau takhayul di dunia sepak bola, persiapan fisik dan mental pastinya tidaklah cukup untuk menyambut sebuah pertandingan. Mereka akan cenderung melakukan sebuah ritual atau bahkan memiliki sebuah benda yang di keramatkan. Hal-hal semacam itu memanglah banyak dianggap tidak masuk akal, namun bagi mereka melakukan hal tersebut dipercayai mampu membawa keberuntungan.

Salah satu contoh pemain yang kerap melakukan ritual nyeleneh adalah Goycochea, kiper Argentina yang akan kencing di lapangan terlebih dahulu untuk menghadapi babak adu penalti. Kepercayaan akan takhayul yang membawa keberuntungan tidaklah dilakukan pemain tadi saja. Beberapa pemain ini juga melakukan ritual aneh, bahkan ada sampai potong untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberuntungan. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut.

Klub kasta kedua Turki, Karsiyaka, memotong unta untuk sebuah keberuntungan

Aksi Pemain Karsiyaka [Sumber Gambar]
Bagi klub divisi dua Turki, Karsiyaka, berdoa kepada sang pencipta saja pastinya tidaklah cukup untuk meningkatkan kepercayaan diri. Mereka, khususnya pemilik klub itu lebih yakin akan nasib baik yang dihasilkan oleh sebuah Unta. Melalui darah hewan berkaki empat yang disembelih lalu darahnya diusapkan pada dahi pemain dipercayai bisa membawa keberuntungan. Namun dalam perjalannya klub di Turki lebih banyak memilih darah hewan Domba dan Kambing untuk dijadikan jimat. Entah apa alasan Tim Karsiyaka memilih unta, yang pasti kala itu mereka berjuang untuk promosi kasta atas.

Kiper River Plate, Amadeo Carrizo gunakan topi sebagai jimatnya

Amadeo Carrizo dan topinya [Sumber Gambar]
Kalau di Turki ada darah unta dipercaya bisa membawa keberuntungan, berbeda halnya saat di Tanah Argentina. Di negeri lahirnya Diego Maradona tersebut, seseorang pemain bernama Amadeo Carrizo memilih topi sebagai jimat untuk menghadapi sebuah pertandingan. Kiper River Plate akan menggunakan benda keberuntungannya tersebut kemanapun. Termasuk saat dirinya pulang ke rumah sampai terlelap tidur. Serangkaian hal tersebut ternyata juga membawa hasil baik untuk ia dan tim. Melansir majalah FourFourTwo edisi November 2011, dirinya mampu tidak kebobolan selama delapan laga beruntun.

Demi keberuntungan, klub Zimabawe rela berenang di sungai penuh buaya

Midlands Portland Cement [Sumber Gambar]
Dari pada Armado Carrizo atau klub Karsiyaka, apa yang dilakukan kesebelasan asal negara Zimbawe yakni Midlands Portland Cement agaknya jauh lebih ekstrem. Sebelum memulai pertandingan anggota tim ini akan menyeburkan diri ke sungai Zambesi. Seperti yang kita ketahui tempat tersebut adalah habitat dari buaya. Namun hal tersebut tidak pernah menyurutkan langka untuk melakukan ritual tersebut. Mereka beranggap satu-satu cara mengusir roh jahat adalah berenang di sungai Zambesi tersebut. Dalam riwayatnya sudah ada satu orang meninggalkan lantaran melakukan hal yang menurut saya konyol itu.

Legenda Brasil Pele selalu menggunakan baju yang sama

Pele saat masih bermain [Sumber Gambar]
Siapa sih disini yang tidak mengenal Pele? Pesepak bola yang bisa dikatakan namanya terus harum di dunia si kulit bundar. Sebagai seorang pemain penuh bakat nan hebat, dirinya ternyata juga meyakini sebuah mitos atau takhayul yang bisa mendatangkan sebuah keberuntungan. Untuk kasus Pele, ritual yang dilakukan adalah menggunakan baju yang sama setiap pertandingan. Dilansir laman bola, dengan seragam perang yang tidak diganti tersebut membuat dirinya selalu mampu tampilkan permainan terbaik.

Striker Jerman Mario Gomez memilih toilet paling kiri sebelum jalani pertandingan

Mario Gomez membela Jerman [Sumber Gambar]
Bagi Mario Gomez, ritual toilet paling ujung kiri menjadi ritual yang selalu dilakukannya. Tercatat sejak usia muda, pemain identik nomor punggung 33 selalu jalani hal tersebut. Ia percaya dengan tak melanggar hal tersebut maka keran golnya akan terus mengalir . Dan terbukti beberapa kali ia sukses menyabet gelar pencetak gol terbanyak di kompetisi-kompetisi Benua Biru. Selain lekat dengan takhayul atau mitos, Mario Gomez juga tidak ikut menyanyikan lagu kebangsaan, lantaran tidak hafal liriknya.

Apa yang dilakukan pemain-pemain ini adalah bukti bila sepak bola bukan hanya sekedar olahraga saja. Di dalamnya banyak sekali menyimpan hal-hal yang akan membuat orang geleng-geleng kepala. Jadi tak heran, membuatnya kini terus berkembang dan dicintai banyak orang di bumi ini. Pasalnya segala aspek mampu terangkum di olahraga tersebut. Kalau ritual kalian sebelum pertandingan apa sobat ku?