in

Inilah Bukti Rio Haryanto Cinta Tanah Air dan Taat Beragama

4. Perjalanan Menuju Formula 1

Demi mewujudkan mimpinya menjadi pembalap F1, Rio meninggalkan Asia untuk mengikuti ajang GP3 Europe Series 2010. Perbedaan sirkuit, cuaca, serta lawan yang lebih kompetitif sempat membuat Rio yang membela Tim Manor Racing kesulitan beradaptasi dengan balapan di Eropa. Pada seri pertama di sirkuit Catalunya, Rio hanya mampu finish di luar 10 besar bahkan di luar top 20 saat sprint race. Namun pada seri berikutnya di Istambul Park Turki, Rio mampu tampil memukau dengan berhasil menjadi juara dan 2 podium lagi pada seri seri berikutnya. Menempatkannya di posisi ke 5 di klasemen akhir. Majalah Autosport pun menyebutkan penampilan Rio sebagai ” Salah satu yang paling mengejutkan musim ini “.

Menuju Formula 1 [Image Source]
Menuju Formula 1 [Image Source]
Asa menjadi pembalap F1 datang saat di tahun yang sama, Rio mendapatkan tawaran untuk menjalani test drive mobil F1 milik Marussia Virgin Racing. Ini menjadikan Rio sebagai pembalap Indonesia pertama yang menaiki mobil F1 secara resmi dan pembalap berusia 17 tahun satu satunya yang melakukan uji coba mobil F1.

Tahun 2011, Rio kembali menambah rekor kemenangannya, dengan menjadi juara di sirkuit Nurburing Jerman dan Hungaroring.  Sayang penampilannya yang tidak konsisten menyebabkan dia harus puas berada di posisi ke 7 di klasemen akhir

Written by Yandi Yan

Leave a Reply

5 Hal yang Dilakukan Mark Zuckerberg di Usia 20an yang Harus Dicontoh Mahasiswa agar Sukses

5 Ajaran Sekte Sesat yang Bisa Membuatmu Kaget dan Tak Bisa Berkata Apa-apa