Trending

Ramai Soal Ancaman Resesi 2023, Apa Sebenernya Resesi dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

Selama satu bulan belakangan, seliweran video tentang resesi dan cara menghadapinya dari para influencer keuangan. Topik tersebut mulai ramai dibicarakan setelah nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah dan naiknya suku bunga di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Amerika Serikat mengalami inflasi yang menembus angka 9,1 persen pada Juni 2022.

Bukan cuma AS, perkembangan ekonomi berbagai negara juga cukup mengkhawatirkan, tak terkecuali Indonesia. Apakah sebenarnya resesi dan penyebabnya? Bagaimana cara menghadapinya? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Penyebab resesi

Resesi adalah kondisi di mana aktivitas ekonomi mengalami penurunan yang signifikan dalam kurun waktu lama dan stagnan, bisa dalam waktu berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Resesi ekonomi terjadi karena berbagai hal, seperti meningkatnya jumlah pengangguran, penurunan ritel, produk domestik bruto (PDB) negatif, sampai pertumbuhan ekonomi yang negatif, setidaknya selama dua kuartal berturut-turut (satu kuartal adalah tiga bulan). PDB sendiri merupakan jumlah produksi barang atau jasa yang sudah dihasilkan oleh unit produksi di suatu daerah pada waktu tertentu.

Ilustrasi mata uang. [Sumber Gambar]
Sementara itu, menurut laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia kuartal I 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen dibandingkan kuartal I tahun sebelumnya. Sementara itu, pada kuartal II 2022, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan sebanyak 5,44 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan harga kebutuhan pokok di Indonesia

Inflasi yang berlebihan, menjadi salah satu penyebab terjadinya resesi. Inflasi adalah proses meningkatnya harga secara terus-menerus. Indonesia saat ini mengalami inflasi yang tertinggi dalam 7 tahun terakhir. Menurut data Bank Indonesia (BI), tingkat inflasi di Indonesia mencapai 3,21 persen. Angka tersebut naik daripada bulan sebelumnya yang sebesar 3,04 persen. Kenaikan harga bahan pokok sudah terjadi di Indonesia, seperti telur, minyak goreng, cabai, dan kebutuhan pokok lainnya.

Telur, salah satu bahan pokok yang harganya naik. [Sumber Gambar]
Angka inflasi Indonesia sempat mencapai 4,94 persen pada Juli 2022. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, angka inflasi tersebut masih tergolong menengah. Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa kenaikan harga makanan diakibatkan oleh harga pangan global dan cuaca yang mengganggu pasokan makanan. Terkait harga pangan global, hal itu terjadi salah satunya karena perang Ukraina dengan Rusia.

Cuaca mempengaruhi pasokan sayur. [Sumber Gambar]
Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai terdampak inflasi. Misalnya saja, pemilik warteg yang harus menyesuaikan diri karena harga kebutuhan pokok makanan meningkat. Di sisi lain, pendapatan kebanyakan masyarakat Indonesia tidak ikut meningkat sehingga tidak dapat mengimbangi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Gelombang PHK massal di Indonesia

Demo buruh menolak PHK massal. [Sumber Gambar]
Menurut Direktur Eksekutif Center of Reform Economics (CORE) Mohammad Faisal, inflasi Indonesia akan mencapai 6 persen pada tahun ini. Diperkirakan pula angka inflasi meningkat pada 2023. Hal tersebut pun berpengaruh pada sektor investasi, sehingga salah satu akibatnya adalah adanya gelombang PHK. Beberapa bulan ini sudah mulai terlihat perusahaan start-up dan perusahaan di bidang lain mulai melakukan PHK massal. Kejadian itu juga disebabkan karena biaya bahan baku dan biaya angkutan naik, tetapi daya beli masyarakat tidak ikut meningkat.

Cara menghadapi resesi

Ilustrasi pedagang lokal. [Sumber Gambar]
Sejumlah cara dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan inflasi, salah satunya tetap mensubsidi bahan bakar minyak, listrik, dan gas elpiji. Pemerintah juga akan memberikan bantuan sosial. Sementara itu, masyarakat umum juga dapat melakukan beberapa cara untuk menghadapi resesi. Seperti menghindari utang jangka panjang, tetap melakukan pembelian sewajarnya terutama pada produk UMKM agar roda ekonomi tetap berputar, menambah penghasilan, dan meninjau kembal investasi yang telah dilakukan.

BACA JUGA: Mendulang Emas dari HP Rusak dan Barang Elektronik Bekas Lain, jadi Bisnis yang Menggiurkan

Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat selama dua kuartal 2022 ini. Namun, tidak ada salahnya untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Selain itu, sebaiknya tidak merasa takut akan unggahan influencer keuangan yang cenderung menakut-nakuti.

Share
Published by
H

Recent Posts

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 days ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 days ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

4 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

4 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

5 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

7 days ago