Resep Rendang Padang Lezat Dan Praktis, Cobain Yuk!

oleh Admin
10:57 AM on Oct 7, 2014

Moment perayaan Hari Raya Idul Adha tak jarang membuat stok daging di rumah Anda membludak. Namun, bingung akan diolah menjadi makanan apa yang enak dan lezat sebagai santapan keluarga Anda? Masakan rendang khas sumatera barat bisa dijadikan salah satu pilihan tepat. Hal ini dikarenakan bumbu rendang padang yang dibutuhkan tidak sulit ditemukan. Cara pengolahannya juga cukup sederhana.

Demi menghasilkan rasa rendang yang lezat, dibutuhkan beberapa macam bumbu-bumbu tertentu misalnya bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, lengkuas, kunyit, dan santan kelapa yang berkualitas terbaik. Semua bumbu tersebut mudah didapatkan, banyak dijual di pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan modern. Dan bagi mereka yang tidak ingin repot, bisa membeli bumbu rendang instan dalam bentuk kemasan.

Baca Juga
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat

rendang padang
Bikin Rendang Sendiri? Siapa Takut!

Akan tetapi rasa yang ditawarkan antara bumbu racikan sendiri dan instan tetaplah sedikit berbeda. Bumbu rendang padang racikan sendiri lebih lezat karena Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan selera, bumbu-bumbunya bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai dengan selera keluarga. Teknik memasak rendang juga perlu dipelajari. Untuk membuat tekstur rendang berwarna kecoklatan diperlukan waktu memasak kurang lebih 4 sampai 10 jam. Memasak dalam jangka waktu yang lama ini juga membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging serta daging rendang mudah dicerna saat digigit.

resep rendang
Penyajian Sederhana Dari Resep Rendang Padang

Hasil rendang terbaik layaknya di restoran bukanlah hal yang mustahil jika sudah menguasai teknik memasak yang benar dan pilihan bumbu-bumbu rendang berkualitas bagus. Itu kuncinya. Apakah Anda ingin memasak rendang daging yang empuk dan rasa bumbunya sedap? Contek resep di bawah ini yuk:

Bahan rendang:

  • 1 kg daging sapi, potong sesuai selera
  • 1 liter santan kental
  • 1 liter santan encer
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun kunyit, ikat

Bahan untuk bumbu rendang:

  • 1 ons cabai merah keriting
  • 20 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 1 buah jahe, memarkan
  • 1 buah laos, memarkan
  •  garam secukupnya

Langkah memasak:

  • Haluskan semua bumbu-bumbu di atas.
  • Rebus santan encer dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan bersama daun kunyit, batang serai, dan daun jeruk. Aduk perlahan secara terus menerus agar tidak gosong hingga mendidih.
  • Masukkan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya, duk sesekali. Jika santan sudah mulai mengering tambahkan santan kental sedikit demi sedikit.
  • Masak dan aduk terus menerus hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak.
  • Setelah matang, rendang siap untuk dihidangkan di dalam piring saji.

Ada tips nih agar daging lebih lunak dan tidak lagi susah untuk dikunyah. Masak daging terlebih dahulu selama kurang lebih 3-4 jam. Gunakan api kecil agar tingkat kematangan rendang lebih merata dan tidak cepat gosong.

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Yuk sajikan menu rendang ini untuk makan malam bersama keluarga.

Baca Juga : Tradisi Unik Idul Adha Dari Berbagai Negara
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA