Palau, Negara Tetangga Yang Indah Tapi Jarang Diketahui Oleh Warga Indonesia

oleh Evi Rizana
09:59 AM on Feb 15, 2015

Tak banyak yang tahu tentang Republik Palau. Bahkan, banyak juga di antara kita yang tidak menyadari bahwa Palau merupakan negara tetangga. Dan jika berbicara tentang negara tetangga, yang terlintas di benak hanyalah Malaysia, Singapura, Australia, dan Papua.

Bagi yang belum pernah mendengar negara tetangga yang satu ini, tidak ada salahnya lho jika kamu menyimak beberapa fakta tentang Republik Palau berikut.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Tentang Republik Palau

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah salah satu negara kepulauan di Samudra Pasifik yang merdeka pada tahun 1994 yang lalu, dilansir dari Wikipedia.org. Negara dengan luas 459 kilometer persegi ini menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Palau sebagai bahasa resmi mereka. Beberapa pula menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jepang, bahasa Sonsorol, dan bahasa Tubi.

Tentang kepulauan Palau
Tentang kepulauan Palau

Sebagai negara kepulauan, Republik Palau memiliki 8 pulau besar dan 250 pulau-pulau kecil dengan daya tarik yang luar biasa. Sementara itu, Republik Palau terbagi menjadi 16 negara bagian di antaranya: Aimeliik, Airai, Angaur, Hatohobei, Kayangel, Koror, Melekeok, Ngaraard, Ngarchelong, Ngardmau, Ngatpang, Ngchesar, Ngeremlengui, Ngiwal, Peleliu, dan Sonsorol.

2. Negara tetangga Indonesia

Mungkin, banyak di antara kita yang baru menyadari bahwa Indonesia bertetangga dengan Republik Palau. Bisa dibilang, Palau terletak berbatasan dengan perairan Indonesia sebelah utara dan juga merupakan tetangga dari negara Filipina.

Dekat dengan Indonesia dan Filipina
Dekat dengan Indonesia dan Filipina

Bertetangga dengan Indonesia dan Filipina, Palau terletak sekitar 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara, dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Kendati Republik  Palau memiliki banyak pulau, namun yang berpenduduk hanya beberapa pulau saja. Sementara pulau-pulau kecil lainnya tidak berpenghuni.

3. Pantai yang indah

Kepulauan di negara dengan ibukota Ngerulmud ini terkenal dengan pantai yang indah dengan teluk yang berwarna biru serta memiliki bentuk seperti payung. Tak heran, jika Palau dikenal sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Bawah Air Dunia.

Palau yang emiliki pantai yang indah
Palau yang emiliki pantai yang indah

Salah satunya adalah Rock island dan batu karang di sekitarnya yang menjadi tujuan turis saat mereka menginjakkan kaki di Palau.  Banyak wistawan yang datang ke Palau yang ingin menghabiskan waktu mereka menikmati keindahan dunia bawah air. Dan beberapa area yang menjadi incaran para turis antara lain blue corner, blue hole, German Channel, Pulau Ngermeaus, dan danau Ubur-ubur.

4. Danau Jellyfish atau danau Ubur-ubur

Tak ketinggalan, danau di Rock island dengan daya tarik yang menawan para turis dari berbagai negara di belahan dunia. Adalah danau Ubur-ubur, salah satu danau maritim di Rock island yang menyediakan habitat 21 juta ubur-ubur lembut dan tidak menyengat. Ubur-ubur tidak beracun ini sengaja dikembangbiakkan dan membuat para wisatawan yang datang enggan untuk melewatkan keindahan danau Ubur-ubur.

Danau Ubur-ubur
Danau Ubur-ubur

Selain wisata ubur-ubur, danau Jellyfish juga merupakan destinasi yang terkenal untuk pecinta olahraga diving. Di danau ini menyediakan berbagai area penyelaman yang bervariasi, untuk penyelaman dangkal atau dalam sekalipun serta Laguna yang dangkal berwarna dengan dekorasi gua yang sangat indah.

5. Kekayaan flora dan fauna

Terletak di sekitaran khatulistiwa membuat kepulauan kecil di Palau memiliki beberapa blok hutan hujan tropis dengan fauna yang beraneka ragam. Republik Palau memang kaya akan flora dan fauna Mikronesia.

Kekayaan flora dan fauna di Palau
Kekayaan flora dan fauna di Palau

Tak nanggung, 10 pulau di Republik Palau bahkan dijadikan cagar alam serta 3 pulau lainnya menjadi taman wisata dan taman berburu yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke salah satu negara tetangga Indonesia ini. Burung-burung eksotis terbang di sekitar pulau-pulau kecil kepulauan Palau. Habitat buaya yang menyelinap melalui hutan bakau. Tak lupa, keindahan 70 spesies bunga anggrek yang tumbuh di sekitar air terjun dan puncak tertinggi Gunung Ngerchelechuus.

6. Tempat bersejarah dan berbudaya

Selain menyuguhkan keindahan alam, Palau juga menawarkan keindahan sejarah dan kebudayaan yang juga menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Para wisatawan bisa mengunjungi desa Babeldaob yang terkenal akan beberapa tempat bersejarah serta kebudayaan masyarakat setempat.

Kebudayaan di Babeldaob
Kebudayaan di Babeldaob

Meskipun desa Babeldaob tidak menyediakan tempat menginap seperti villa atau guest house, namun para wisatawan yang datang bisa menginap di rumah salah satu warga setempat cukup dengan membawakan mereka hadiah seperti kopi atau makanan. Wisatawan bebas menginap dengan syarat mereka harus mengikuti adat setempat yang tak lain adalah melepaskan alas kaki sebelum masuk rumah.

7. Sarana dan transportasi menuju Republik Palau

Di kepulauan Republik Palau, banyak jalan yang masih belum diaspal. Jalan-jalan di sana masih banyak yang berupa tanah. Dan jika menaiki kendaraan bermotor di sana harus mengikuti aturan mengemudi yakni setir kanan dengan kecepatan maksimal 40km/jam.

Sarana menuju kepualan Palau
Sarana menuju kepualan Palau

Nah, bagi yang ingin membuktikan keindahan Republik Palau, kamu bisa menuju ke negara kepulauan tersebut baik melalui transportasi darat atau laut. Bandara Internasional Palau terletak di Koror dengan penerbangan langsung yang melayani penumpang dari dan ke Guam dan Manila, Filipina. Di samping itu, Palau juga memiliki banyak pelabuhan dengan 12 pelabuhan besar yang jangkauannya hingga ke seluruh negeri.

Tidak banyak dikenal namun memiliki sejuta destinasi incaran para wistawan. Yup, itulah fakta tentang Republik Palau yang dekat dengan negara kita ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA