Ratusan Pengungsi Rohingya Mendarat Di Aceh

oleh Adys Disty
08:01 AM on May 17, 2015
Ratusan Pengungsi Rohingya Mendarat Di Aceh via tempo
Ratusan Pengungsi Rohingya Mendarat Di Aceh via tempo

Lebih dari 600 pengungsi Rohingya Myanmar dan Bangladesh mendarat di pantai Langsa, Aceh, Jumat (15/5). Rombongan tersebut merupakan rombongan kedua setelah rombongan pertama terdampar di perairan Aceh Utara, Minggu (10/5) lalu.

Rombongan kedua tersebut kini berada di kawasan pelabuhan Langsa. Mereka terdiri dari 210 orang Rohingya Myanmar dan 395 orang Bangladesh. Kondisi kesehatan mereka buruk bahkan delapan orang di antara mereka kini berada dalam perawatan intensif. Perahu yang mengangkut sedikitnya 300 pengungsi ini dilepas dari perairan Thailand menuju Indonesia, Jumat (15/5) dini hari waktu setempat.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan Indonesia bukan tujuan akhir para pengungsi etnis muslim Rohingya. Pengungsi yang berasal dari Myanmar itu tidak sengaja masuk ke perairan Indonesia. “Mereka (para pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh) salah jalan,” kata Manahan di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat, (15/5).

Ketidaksengajaan tersebutlah yang membuat TNI AL tidak mengerahkan kapal perang untuk menghalau mereka. Kepala Staf Angkatan Laut Ade Supandi mengatakan bahwa pengungsi Rohingya bukan merupakan urusan TNI AL. “Itu sudah di tangan Kementerian Luar Negeri dan pemerintah daerah,” tutur Ade. Hingga saat ini, ratusan pengungsi ini masih ditahan di kantor imigrasi setempat. Kementerian Luar Negeri menginstruksikan agar para pengungsi tersebut tidak dipulangkan dahulu.

Adapun kelompok kedua ditemukan di lepas pantai perairan Aceh oleh KRI Sutanto. Kapal pengungsi berukuran besar itu menampung ribuan pengungsi Rohingya. Berbeda dengan kelompok pertama, kelompok kedua ini diarahkan ke perairan. Para pengungsi pun meminta diarahkan ke Malaysia. Kapal besar yang menampung pengungsi Rohingya dengan keadaan mengkhawatirkan itu dibekali makanan terlebih dahulu sebelum diarahkan ke Malaysia.

Sebelumnya, para pengungsi Rohingya Myanmar dan Bangladesh terombang-ambing di Laut Andaman dan Selat Malaka. Mereka dikhawatirkan kelaparan karena ditolak masuk ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Badan pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan pemerintah negara-negara ASEAN sedang bermain-main dengan nyawa orang banyak. UNHCR menuding negara-negara ASEAN bermain pingpong maritim.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA