Kejadian Tsunami yang diakibatkan oleh Anak Krakatau beberapa waktu yang lalu tentunya jadi salah satu bencana luar biasa. Banyak korban jiwa yang berjatuhan dan kerugian yang juga besar. Oleh sebab itu, warga di sana diharap waspada karena takut akan ada bencana susulan dari Anak Krakatau.

Masih seputar Anak Krakatau, kita tentu tahu kalau dulu gunung ini sempat meletus dan jadi salah satu bencana terdahysat di dunia. Namun rupanya dulu ada orang yang berhasil meramalkannya. Bahkan berita ramalan itu sudah terbit di beberapa hari sebelumnya. Lalu benarkah hal itu terjadi? Simak ulasan berikut ini.

Mimpi mengenai letusan Krakatau pada zaman dulu

Cerita sejarah mengenai letusan dahsyat gunung Krakatau mungkin sudah banyak didengar oleh banyak orang. Namun di balik bencana yang terjadi pada tahun 1883 itu ternyata dahulu ada orang yang sempat meramalkannya. Bukan dari Nusantara namun malah berasal dari orang luar.

Ilustrasi Krakatau 1883 [sumber gambar]
Dilansir dari Liputan 6, Edward Samson adalah salah satu editor dari Boston Globe yang memprediksi salah bencana paling dahsyat di dunia itu. Dikisahkan kalau dirinya sempat tertidur di kantor karena kelelahan. Namun siapa sangka kalau ternyata dia bermimpi kedatangan bencana luar biasa seperti gunung meletus yang menenggelamkan pulau dan menewaskan banyak orang.

Dari sebuah mimpi jadi berita viral

Ketika bangun dari tidurnya, Samson menulis kejadian yang baru saja dilihatnya dalam mimpi itu. Bukan karena apa, memang kejadian itu seolah benar-benar nyata terjadi dan dia menuliskannya supaya tidak lupa. Catatan itu ditinggalkan di sana dan baru besok dirinya akan membawanya.

Dijadikan sebuah berita [sumber gambar]
Akan tetapi editor lain sepertinya membawa catatan itu dan mengira kalau apa yang tertulis di sana adalah kejadian yang benar terjadi. Alhasil banyak koran dan media cetak lainnya yang memberitakan hal serupa mengenai gunung berapi, pulau yang tenggelam hingga banyaknya korban jiwa yang bikin ngeri. Bahkan berita itu sudah menjadi buah bibir dari banyak orang kala itu.

Adanya bencana sungguhan yang terjadi

Ada yang unik dari berita yang berasal dari mimpi Samson itu, salah satunya nama pulau yang tenggelam itu. Dia menyebutnya Prelape, namun akhirnya meminta maaf karena mengira pulau itu hanya ada dalam mimpinya saja. Akan tetapi setelah beberapa hari berselang, bencana benar-benar terjadi di Nusantara di mana Krakatau meletus dengan luar biasa.

Bencana luar biasa [sumber gambar]
Banyak korban jiwa dan efek bencana yang tidak hilang bertahun-tahun lamanya. Yang unik dari kejadian itu adalah fakta kalau Krakatau punya nama lain di beberapa abad sebelumnya bernama Prepale mirip dengan yang ada dalam mimpi Samson. Hal itu serupa dengan apa yang diterbitkan koran Gadsden Times, 7 Oktober 1966.

Antara percaya dan tidak percaya mengenai hal tersebut

Adanya kejadian ini tentunya jadi sebuah misteri bagi banyak orang. Oleh sebab itu para peneliti mencari kebenaran akan ramalan Krakatau ini. Memang benar kalau Boston Globe menjadi media pertama yang memberitakan mengenai letusan luar biasa dari Krakatau.

Letusan Karakatau [sumber gambar]
Namun data mengenai pulau bernama Prepale tidak diketemukan diarsip manapun di sana. Oleh sebab itu masih banyak yang meragukan kebenaran mengenai ramalan yang satu ini. Yang ada hanya beberapa syair dari Nusantara mengenai dahsyatnya letusan waktu itu oleh seseorang bernama Muhammad Saleh yang ditulis dengan aksara Jawa.

BACA JUGA: 5 Fakta Letusan Gunung Krakatau yang Nyaris Bikin Dunia Mengalami Kiamat Kubra

Hal ini tentunya masih jadi sebuah pertanyaan besar di kalangan netizen maupun peneliti. Namun satu hal yang jelas adalah baik kejadian di masa lalu itu menjadi sebuah pengingat buat generasi yang sekarang. Agar bisa lebih menjaga alam dan selalu waspada pada bencana.