Sebut “Rakyat Tidak Jelas”, Menteri Tedjo Jadi Olok-Olokan Netizen

oleh Centralismo
10:00 AM on Jan 26, 2015

Sebuah pernyataan kontroversial keluar dari Menko Polhumkam Tedjo Edy Purdjianto. Beliau menyebut KPK “membakar rakyat” dengan artian KPK memancing emosi rakyat untuk turun ke jalan dan menyebarkan “propaganda” #SaveKPK di internet. Selain itu, Menteri dari Kabinet Kerja tersebut juga mengatakan bahwa pendukung KPK adalah “rakyat tidak jelas”. Hal tersebut langsung memancing emosi rakyat Indonesia, khususnya mereka yang mendukung KPK.

“Kita malu punya Menko Polhukam seperti ini. Harusnya buat situasi politik dan keamanan jadi kondusif bukan memperkeruh. Itu keliru statementnya,” kata Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho, Minggu (25/1/2015), dikutip dari detik.com.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Berikut beberapa meme yang tersebar di media sosial yang menyatakan kemarahan rakyat pada Menteri Tedjo Edy Purdjianto.

1. Menteri Enggak Jelas

Seperti api dibalas api, para Netizen juga balas menyatakan bahwa Tedjo Edy adalah menteri yang tidak jelas. Para netizen menganggap bahwa selama inipun Tedjo miskin prestasi dan tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap Indonesia. Oleh sebab itu, rakyat ingin menteri Tedjo dipecat.

Menteri Gak Jelas
Menteri Gak Jelas

“Jokowi sudah bilang hindari gesekan. Peringatan juga diberikan ke Menko Polhukam untuk tidak memperkeruh suasana. Pertanyaan kita, ini Menko Polhukam atau timses BG,” ujar Emerson, salah satu aktivis ICW yang mendukung KPK.

2. Perjuangan yang Jelas

Pada hari sabtu, 24 Januari 2015 Tedjo mengatakan bahwa tidak seharusnya pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi membakar emosi rakyat sehingga mereka turun ke jalan. Menurut Tedjo, KPK akan lebih kuat jika didukung oleh konstitusi yang berlaku. “Bukan dukungan rakyat yang enggak jelas itu,” kata Tedjo di kompleks Istana Negara, Sabtu, 24 Januari 2015.

Perjuangan yang Jelas
Perjuangan yang Jelas

Hal ini jelas membuat rakyat yang bersusah payah mendukung KPK menjadi geram. Dalam foto berikut, seorang netizen mengatakan bahwa meski dilabeli sebagai “rakyat enggak jelas”, namun para rakyat memiliki perjuangan yang jelas yaitu memerangi korupsi dan menjadikan Indonesia negara yang lebih baik.

3. Rakyat Pembayar Pajak

Pada pertemuan di Istana Bogor, 23 Januari lalu, menurut Tedjo, baik KPK maupun POLRI sepakat untuk tidak saling memberikan pernyataan yang menyudutkan. Menurut Tedjo, statement dari kedua belah pihak haruslah membuat tenang rakyat. “Jangan membakar massa (dengan orasi) ‘Ayo rakyat, kita harus begini-begitu. Pernyataan itu adalah sikap kekanak-kanakan,” kata Tedjo.

Rakyat Pembayar Pajak
Rakyat Pembayar Pajak

Namun, menurut Netizen justru Tedjolah yang tidak jelas. Rakyat adalah pembayar pajak dan berkontribusi dalam perkembangan dan pembangunan bangsa. Menurut Netizen, tidak seharusnya seorang menteri mengeluarkan pernyataan seperti itu kepada rakyat yang membayar gaji menteri dengan pajaknya.

4. Tedjo = Tidak Jelas

Netizenpun mulai membuat arti kata baru dari kata “tedjo”. Tedjo diartikan sebagai sesuatu yang tidak jelas dan resmi menjadi bahasa pergaulan di internet saat ini. Hal ini juga pernah terjadi pada Jonru, yang namanya diidentikkan dengan kata “fitnah”.

Jadi Kata Baru
Jadi Kata Baru

Berbeda dengan sikap Tedjo yang cenderung kontra terhadap perjuangan rakyat, Ketua KPK Abraham Samad, menemui para aktivis antikorupsi yang menggelar aksi di halaman kantornyadi kawasan Kuningan, Jakarta, pada Jumíat malam, 23 Januari 2015. Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan apresiasi masyarakat setelah rekannya Bambang Widjojanto ditangkap oleh polisi.

5. Bangga Jadi “Rakyat Nggak Jelas”

Pernyataan dari Menko Tedjo justru membakar semangat rakyat untuk tetap mendukung dan terus memperjuangkan suara mereka. Banyak dari netizen yang memakai foto profil dengan gambar tanda panah hitam bertuliskan, “Saya Rakyat Nggak Jelas, Saya Bangga Dukung KPK”.

Semangat Perjuangan Rakyat
Semangat Perjuangan Rakyat

“Kita bergerak karena dukungan real tanpa perlu diminta. KPK tidak ajak-ajak. Kita atas kesadaran sendiri,” ucap seorang aktivis dari ICW. Foto profil ini mulai menjamur di Twitter dan di Facebook dengan hashtag #SayaRakyatNggakJelas #SaveKPK

Itulah tadi beberapa cara rakyat Indonesia untuk menyampaikan aspirasi dan pendapatnya. Terlepas dari siapapun yang mengeluarkan statement, kita harus tetap mendukung pemberantasan korupsi agar kita hidup lebih sejahtera.

Bagaimana tanggapan anda tentang Menko Tedjo? Apakah dia memang layak mendapat olok-olok demikian dari Netizen? Silahkan berkomentar. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA