Dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2015 yang diselenggarakan tadi malam, gelar Putri Indonesia pun berhasil diraih dara asal Jawa Tengah, Anindya Kusuma Putri. Di malam puncak pemilihan, mahkota disematkan di kepala wanita yang akrab disapa Anin ini, menggantikan tugas Elvira Devinamira.

Baca Juga :4 Artis Korea ini Awet Muda dan Tak Bisa Menua!

Masih hangat dengan perbincangan pemenang Putri Indonesia 2015, berikut ini merupakan daftar pemenang Putri Indonesia dari tahun ke tahun yang mampu menoreh prestasi di ajang internasional.

1. Indira Sudiro (1992) – Pemenang Miss Asean 1991

Lahir di Jakarta pada tanggal 1 Januari 1970, sosok wanita cantik Indira Sudiro berhasil meraih gelar Putri Indonesia yang diselenggarakan pada tahun 1992 silam. Wanita yang sekarang menjadi pengusaha ini merupakan orang pertama yang memenangkan kontes pemilihan Putri Indonesia.

Indira Sudiro, Putri Indonesia pertama | copyright wikipedia.org
Indira Sudiro, Putri Indonesia pertama | copyright wikipedia.org

Sebelum memenangkan ajang Putri Indonesia, pemilik nama lengkap Indira Paramarini Sudiro ini berhasil merebut mahkota Miss ASEAN yang diadakan di Ancol, Jakarta setahun sebelumnya. Namun sayangnya, dia ditarik kembali ke Indonesia pada saat pemilihan Miss Universe 1993 di Meksiko lantaran sesi bikini yang kala itu sangat kontroversial.

Selanjutnya : 2. Artika Sari Devi (2004) – Top 15 Miss Universe 2005

2. Artika Sari Devi (2004) – Top 15 Miss Universe 2005

Dara cantik asal Kepulauan Bangka Belitung ini memenangkan kontes ratu ayu Indonesia yang diadakan pada tahun 2004 lalu. Artika Sari Devi adalah Putri Indonesia ke Sembilan. Sosok yang akrab disapa Tika ini juga merupakan salah satu di antara pemenang Putri Indonesia yang terjun ke dunia hiburan.

Artika Sari Devi lolos 15 besar Miss Universe 2005
Artika Sari Devi lolos 15 besar Miss Universe 2005

Walau ditentang banyak orang, keberangkatanya ke Thailand untuk mengikuti ajang pemilihan Miss Universe ini cukup membanggakan. Artika Sari Devi merupakan sosok Putri Indonesia pertama yang mampu masuk ke dalam 15 besar. Karena prestasinya yang menembus 15 besar, Artika Sari Devi jadi ramai dibicarakan publik pada saat itu.

3. Nadine Chandrawinata (2005) – 1st Runner Up Best National Costumes

Tahun 2005 silam, artis dan model Nadine Chandrawinata berhasil merebut mahkota Putri Indonesia menggantikan Artika Sari Devi sebagai perwakilan DKI Jakarta. Dan setahun setelahnya, dia mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2006 yang dihelat di Los Angeles, Amerika Serikat.

Nadine Chandrawinata dalam balutan busana Kencono Ungu | copyright detik.com
Nadine Chandrawinata dalam balutan busana Kencono Ungu | copyright detik.com

Kendati tidak bisa menembus 15 besar, namun Nadine Chandrawinata juga mampu meraih prestasi dalam ajang pemilihan ratu ayu sejagat tersebut. Artis berdarah campuran Indonesia – Jerman ini meraih gelar 1st Runner Up Best National Costumes atau pemenang kedua kostum nasional terbaik dengan busana kebaya Ratu Kencono Wungu. Nadine terlihat sangat cantik dengan kebaya warna ungu yang dirancang oleh Anne Avantie.

4. Whulandary Herman (2013) – 3rd Runner Up Best National Costumes

Whulandary Herman juga merupakan salah satu pemenang Putri Indonesia yang meraih prestasi dalam ajang pemilihan Miss Universe 2013. Model dan presenter asal Padang ini mampu menembus 16 besar bersaing dengan 86 kontestan dari berbagai negara dalam ajang yang diselenggarakan di Moscow, Rusia tahun 2013 yang lalu.

Whulandary Herman dalam balutan busana bertema Reog Ponorogo | copyright youtube.com
Whulandary Herman dalam balutan busana bertema Reog Ponorogo | copyright youtube.com

Prestasi lain yang berhasil direbutnya yakni Best National Costumes Runner Up III dengan kostum bertajuk Reog Ponorogo. Kostum yang dikenakan Putri Indonesia 2013 ini merupakan hasil kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dan Solo Batik Fashion yang mampu mencuri perhatian para dewan juri. Sosok ratu ayu Indonesia yang akrab disapa Whulan ini merupakan Putri Indonesia kedua yang lolos ke dalam 16 besar setelah Artika Sari Devi.

5. Elvira Devinamira (2014) – top 15 Miss Universe 2014 dan Pemenang Best National Costumes

Dalam ajang pemilihan ratu ayu sejagat yang diselenggarakan di Miami Florida, Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira meraih prestasi yang menakjubkan. Selain masuk ke dalam 15 besar finalis, dara kelahiran Surabaya 28 Juni 1993 ini juga meraih penghargaan Best National Costumes dengan mengusung tema Borobudur ke ajang Miss Universe 2014.

Elvira Devinamira | copyright KapanLagi.com
Elvira Devinamira membawa kemegahan Candi Borobudur | copyright KapanLagi.com

Elvira nampak begitu cantik dengan kostum yang membawa keindahan dan kemegahan Candi Borobudur seberat 20 kg dari bahan taffeta, sutra, dan songket tersebut. Yup, kostum nasional bertajuk The Chronicle of Borobudur karya desainer ternama, Dynand Fariz. Kemegahan kostum yang dikenakan Elvira mampu mengalahkan kostum Miss Canada, Miss Germany, Miss India, dan Miss Argentina.

Semoga di ajang pemilihan Miss Universe tahun depan Indonesia bisa meraih prestasi yang tak kalah membanggakan.