Cocos, Pulau Kecil Milik Australia yang Mayoritas Muslim dan Berpenduduk Orang Indonesia

oleh Rizal
13:52 PM on Nov 8, 2016

Cocos, Pulau satu ini bisa dibilang sangat asing bagi orang-orang Indonesia. Jangankan bagaimana dalamannya, letaknya saja kemungkinan banyak yang tidak tahu. Ketidaktahuan seperti ini sebenarnya sangat disayangkan banget. Pasalnya, Cocos bisa dianggap sebagai salah satu bagian dari kita, Indonesia.

Ya, kita dan Pulau Cocos memang memiliki semacam keterkaitan. Terutama karena penduduknya yang rata-rata berdarah Indonesia, serta memiliki kemiripan bahasa dan juga bahasa. Belum lagi soal agama, di sana ternyata juga mayoritas memeluk Islam serta mempunyai kemiripan budaya keagamaan sama seperti di Indonesia. Sayangnya, Cocos sendiri adalah milik Australia meskipun jaraknya sebenarnya lebih condong ke Indonesia.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Tentang kesamaan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa bisa begitu. Ya, ternyata ada sebuah sejarah yang terjadi di masa lalu sehingga pada akhirnya menciptakan hal unik tersebut. Selengkapnya, berikut adalah seluk-beluk Pulau Cocos yang mungkin belum kamu ketahui.

Mayoritas Penduduknya Orang Melayu Indonesia

Dilihat dari teritorialnya, Pulau Cocos bukanlah wilayah Indonesia. Tapi, ketika kita pergi ke sana, rasanya seperti tak ke mana-mana. Alasannya tak lain karena orang-orang sana yang tipikal fisiknya sama dengan kita. Ya, memang, pulau Cocos ini dihuni oleh orang-orang Melayu. Lebih tepatnya Melayu Indonesia.

Penduduk Pulau Cocos [Image Source]
Penduduk Pulau Cocos [Image Source]
Akan dijelaskan nanti kenapa banyak orang Melayu di sini, namun yang jelas eksistensi saudara satu ras ini jadi mayoritas di Pulau Cocos. Menurut data nih, daerah ini 70 persennya adalah orang-orang Melayu, sedangkan sisanya adalah mereka yang berasal dari Eropa. Uniknya, para penduduk beda ras ini menempati wilayah yang tak sama. Untuk mereka yang Melayu menempati wilayah bernama Home, sedangkan masyarakat Eropanya tinggal di West Island.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA