Categories: Trending

5 Proyek Maut AS di Perang Dingin ini Jadi Bukti Kalau Amerika Memang GILA!

Bagi Amerika Perang Dingin adalah babak terpenting dalam sejarah perjalanan bangsa mereka. Ya, seperti yang kita tahu, di sinilah awal mulanya mereka menyebut dirinya adidaya setelah membuat Soviet yang gagah pecah dan mengakui kehebatan si Paman Sam. Menengok kembali Perang Dingin, Amerika bisa dibilang sangat berlebihan dalam perang ini. Pasalnya, mereka ternyata diam-diam merencanakan banyak ide gila.

BACA JUGA: 5 Rudal Penghancur Milik Indonesia ini Menjadi yang Terhebat di Asia Tenggara

Setidaknya ada lima buah proyek super rahasia yang mereka lakukan selama Perang Dingin. Namun, rata-rata dari semua rencana ini tidak terlaksana. Meskipun demikian, hal ini tak mengubah fakta kalau AS adalah negara gila yang mau melakukan apa pun untuk menang. Meskipun sekarang tidak, setidaknya dulu mereka pernah seperti itu.

Lalu, proyek-proyek gila apa saja yang pernah Amerika canangkan selama Perang Dingin. Simak kegilaan mereka lewat ulasan berikut.

1. Project A119, Misi AS Untuk Menghancurkan Bulan

Percaya atau tidak AS pernah mengusung proyek bernama A119, yakni semacam misi yang intinya mereka ingin menghancurkan bulan. Ya, bulan si satelit alam Bumi itu. Alasannya sendiri konon sangat konyol. Mereka ingin mengungkapkan misteri astronomi yang kala itu tengah marak. Menjawab misteri dengan menghancurkan, lucu sekali.

Project A119 [Image Source]
Misi ini juga bertujuan ingin menunjukkan kepada Soviet kalau AS lebih jawara. Bulan saja sanggup dilumat, apalah arti Soviet. Namun beruntungnya, proyek gila ini tidak pernah terealisasi. Padahal roket-roket berisi nuklir sepertinya sudah akan disiapkan.

2. Blue Peacock, Rencana Gila dari Buah Ketakutan AS

Blue Peacock bisa dibilang rencana militer AS paling ngawur selain menghancurkan bulan. Inti dari rencana ini adalah mereka ingin menempatkan ranjau-ranjau nuklir di sekitar Jerman. Ya, ranjau nuklir yang kalau dipicu akan bisa melumat Jerman sampai habis. Alasan rencana ini perlu dilakukan adalah agar Soviet tidak berani memasuki negara ini.

Blue Peacock [Image Source]
Sebenarnya ini adalah rencana yang bagus, tapi secara konsep sangat berisiko. Bagaimana tidak, ranjaunya sendiri dipasang di daerah kekuasaan Sekutu. Jika terpicu dan meledak yang hancur bukan hanya Soviet malah orang-orang mereka sendiri. Memandang hal tersebut, akhirnya rencana ini pun dibatalkan.

3. Proyek Stargate, Misi Pembentukan Pasukan ‘Dukun’ Maut yang Gagal Total

Amerika membentuk pasukan dukun? Sungguh hal yang tidak masuk akal. Tapi, yang seperti itu memang pernah ada dan hanya terjadi saat Perang Dingin. Sebuah proyek bernama Stargate ini bertujuan untuk membentuk pasukan elit yang berisi orang-berkemampuan khusus, yakni menerawang.

Kekuatan menerawang [Image Source]
Awal mulanya, para pasukan Stargate ini sudah terpilih sebanyak 22 orang. Mereka sudah akan mulai menjalani misi intelijen pertamanya. Namun, tak lama kemudian CIA membubarkan satuan tak jelas ini. Mereka beranggapan jika hal-hal tidak masuk akal seperti ini hanya akan menghambat banyak hal. Hanya ketika berhadapan dengan Soviet AS sampai bikin pasukan dukun.

4. Operasi Mencelakai Rakyat Sendiri

Perang Dingin tak hanya tentang Amerika dan Soviet, tapi juga melibatkan negara-negara lain. Termasuk Kuba yang ketika itu bersahabat bagai kepompong dengan Soviet. Hal ini membuat AS tidak suka, terlebih lagi Amerika memang punya masalah pribadi dengan Videl Castro alias pimpinan Kuba saat itu. Nah, oleh karenanya, AS kemudian merencanakan sebuah misi yang bisa dibilang gila dan kurang ajar.

Misi Northwood [Image Source]
Bernama Northwood, misi ini dilakukan dengan cara meledakkan tempat-tempat penting di AS agar mereka bisa legal menyerang Kuba. Bagaimana korelasinya? Ya, tentu saja dengan memfitnah Kuba dengan anggapan negara itu yang melakukannya. Untungnya rencana yang sangat mungkin membunuh orang-orang sipil AS sendiri ini ditolak mentah-mentah oleh Presiden John F Kennedy.

5. Project Horizon, Imajinasi AS yang Ketinggian

Tak cuma pasukan dukun elit, AS juga pernah bertindak irasional dengan mengusung sebuah proyek bernama Horizon. Proyek ini intinya adalah bagaimana AS bisa membentuk pangkalan militer di bulan. Proyek ini dimulai pada tahun 1959 dan estimasi biayanya mencapai $6 miliar.

Pangkalan militer di bulan [Image Source]
Rencananya, bulan akan dijadikan markas utama untuk 12 orang petugas di sana. Tujuannya, salah satunya adalah agar bisa mendukung pasukan AS di Bumi untuk menang melawan Soviet. Sudah bisa ditebak jika proyek ini adalah halusinasi yang ketinggian. Dan memang pada akhirnya Hozion ditolak oleh pihak yang berwenang karena tak mungkin dilaksanakan.

BACA JUGA: Bukan Main! 5 Senjata Sangar Amerika ini Sukses Dijiplak Tiongkok

Inilah bukti kalau Amerika memang edan. Mereka berusaha dengan sangat keras untuk bisa memenangkan persaingan walaupun dengan rencana yang super absurd dan tidak mungkin bisa dilakukan. Amerika sendiri pada akhirnya menjadi yang beruntung dalam Perang Dingin dan jadi negara nomor satu. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu AS sudah tak lagi jemawa, seperti sekarang-sekarang ini misalnya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago