in

Penyelam Septic Tank, Pekerjaan yang Bikin Muntah tapi Punya Jasa Tak Karuan Besarnya

Tak dapat dipungkiri kalau banyak perkerjaan yang dianggap remeh namun sejatinya banyak berguna buat masyarakat. Semisal para penjega kebersihan, tukang sapu dan lain-lain. Padahal justru mereka lah pahlawan sejati, rela mengkotorkan diri demi membuat orang lain atau tempat yang disinggahi jadi nampak bersih.

Nah di Australia juga ada profesi lain yang seperti itu. Namun bedanya, hal yang dilakukan ternyata jauh lebih ekstrem. Bayangkan saja, mereka bahkan rela menyelam ke kolam kotoran manusia. Yuk mengenal profesi unik yang tak biasa ini.

Pekerjaan paling bikin mual di seluruh dunia

Memang namanya pekerjaan sulit-sulit gampang dicari saat ini, oleh sebab itu tawaran apapun yang datang diterima. Pun demikian jikalau pekerjaannya agak berat pun mau tidak mau harus dikerjakan demi menyambung hidup. Nah kalau pekerjaan yang satu ini, sepertinya tidak bisa dibayangkan betapa berat kalau dipikul.

Pekerjaan bikin eneg [sumber gambar]
Ya, penyelam septic tank mungkin bisa dibilang jadi pekerjaan paling bikin mual sedunia. Tepatnya di Australia sana, sering terjadi kerusakan pada mesin pengolah limbah manusia. Nah satu-satunya cara tentu adalah menyelam ke dalam limbah tersebut dan memperbaiki error yang terjadi di dalamnya. Dan salah satu sosok yang berani melakuka itu adalah Brendan Walsh yang sudah lebih dari 10 tahun menekuninya.

Awalnya jijik, namun kini jadi hal yang biasa

Tentu bukan hal yang mudah untuk seseorang menekuni pekerjaan tersebut. Pun demikian dengan Brendan, seperti yang dilansir Vice kalau dirinya dulu juga sempat mengalami kendalan masalah pekerjaannya. Tidaknya membutuhkan kemampuan menyelam, namun banyak tantangan lain yang dihadapi saat berada di dalam.

Penyelam Septic Tank [sumber gambar]
Semisal hampir tak ada cahaya yang masuk hingga bau yang mungkin bisa muncul meskipun baju selam sudah dilepas. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau untuk bekerja di sana, maka harus dilakukan pelatihan sekitar 2 bulanan baru bisa terjun.

Peralatan super canggih jadi penunjangnya

Dengan masuk ke dalam sebuah kolam yang dipenuhi oleh kotoran manusia tentu bukan masalah sepele. Kemungkinan hidung manusia tak akan kuat jika terus-terusan ada di dalam. Oleh sebab itu Brendan dibekali dengan peralatan yang luar biasa canggih untuk menyelam, berbeda dari biasanya.

Peralatan yang super canggih [sumber gambar]
Bayangkan saja, pria ini memakai pakaian karet anti kontaminasi yang ternyata seharga 88 juta rupiah perbuahnya. Pun demikian, peralatan menyelam itu hanya bisa bertahan 150-300 kali jika digunakan. Dengan adanya alat ini, para penyelam tak perlu khawatir lagi masalah bau, atau kontaminasi lainnya sehingga lumayan memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bayaran dan tanggung jawab jadi motivasinya

Salah satu alasan mengapa pria ini memilih pekerjaan ini tentu karena bayaran yang menggiurkan. Meskipun Brendan tidak menjelaskan jumlahnya namun dirinya meyakinkan kalau lebih dari cukup. Nah selain itu tentu masalah tanggung jawab, pasalnya jarang sekali orang yang berani untuk terjun ke kolam limbah kotoran manusia seperti dirinya.

Ilustrasi Septic tank [sumber gambar]
Namun jika ditanya masalah malu atau tidak menekuni bidang ini, Brendan sama sekali menyangkal kalau perkerjaan ini dianggap ‘jorok’. Buktinya meskipun dirinya baru saja melakukan penyelaman hal itu sama sekali tidak mempengaruhi kehidupannya. Sehabis terjun dari kolam limbah pun dirinya tetap makan lahap seperti biasa tanpa terbayang-bayang hal yang menjijikan.

Sosok seperti para penyelam septic tank ini mungkin jarang dipandang. Namun justru jasa mereka yang membuat banyak orang lain tidak mengalami masalah. Oleh sebab itu wajar saja kalau dirinya diberikan gaji yang besar mengingat dampak dan resiko dari pekerjaan yang dikerjakan.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

5 Istilah Nyeleneh dari Elit Politik Indonesia Ini Sempat Bikin Gaduh Rakyat Satu Negara

Sudah Menikah 13 Kali, Nenek Asal Kalimantan Ini Resmi Menjadi Istri Pemuda 23 Tahun