in

5 Profesi Dadakan di Momen Lebaran yang Menjanjikan Penghasilan Lumayan, Tertarik Mencoba?

Momen lebaran selalu jadi berkah tersendiri bagi umat Islam. Di mana semua orang mulai anak sekolah hingga karyawan diberi kesempatan libur panjang untuk menikmati hari kemenangan bersama keluarga. Di hari-hari idulfitri, biasanya masyarakat menghabiskan waktu untuk bersilahturahmi dengan kerabat. Tapi, ada juga lho yang memanfaatkan hari raya untuk bekerja.

Ya memang, ada beberapa profesi yang nggak libur meski sedang lebaran. Contohnya saja dokter, polisi dan sebagainya. Tapi, ada juga pekerjaan yang justru muncul mendadak saat hari raya. Memang butuh pengorbanan sih, tapi lima pekerjaan dadakan saat lebaran ini cukup menjanjikan.

Penjual ketupat

Sebagian orang berpendapat kalau hari raya tanpa ketupat itu nggak afdol, kayak sayur kurang garam. Makanya, setiap momen lebaran, diusahakan menyediakan ketupat lengkap dengan opor ayam di meja makan. Tapi lho, nggak semua orang bisa bikin ketupat. Dari cara menggulung janur kuning saja ribet, belum lagi porsi ngisi beras dalam kantung.

Ilustrasi ketupat matang siap makan [image source]
Daripada ribet, biasanya orang-orang sih lebih milih beli yang sudah jadi. Praktis dan dijamin hasilnya lebih rapi. Hal itulah yang biasanya dimanfaatkan oleh beberapa orang yang sudah ahli bikin ketupat. Biasanya nih saat hari raya, bakal banyak banget lapak yang dibuat dadakan oleh penjual ketupat. Harganya sedikit lebih mahal sih, tapi bisa dimaklumi karena kerja di hari raya itu sebuah pengorbanan.

Jasa tukar uang buat angpau lebaran

Idulfitri itu memang hari kemenangan umat Islam, tapi kayaknya yang paling menang itu para anak kecil, deh. Bayangin, di malam hari raya, mereka pasti nggak bisa tidur saking bahagianya karena besok bakal dapet angpau banyak. Ngaku aja, kalian pasti pernah ngerasain, kan? Kalau pernah kecil sih, pasti tau rasanya.

mbak cantik buka lapak tukar uang baru [image source]
Nah, momen berbagi angpau tersebut juga jadi berkah tersendiri bagi para penyedia jasa tukar uang. Kamu pasti sering kan melihat orang-orang memajang uang pecahan baru di pinggir jalan? Biasanya mereka mulai buka lapak saat akhir-akhir bulan puasa. Dan makin dekat dengan idulfitri, harga tukarnya juga makin mahal.

Penjual kue lebaran

Kue lebaran di meja ruang tamu juga salah satu yang paling wajib. Entah tradisi dari kapan, yang jelas kebiasaan ini masih berlaku hingga sekarang. Makin tahun, kue-kue di meja juga makin beraneka ragam. Dan kamu tau dong, yang paling ngehits saat ini apa? Iya, kue uler-uleran yang bikin gemes dan nggak tega buat makan. So, kue itu buatanmu atau ibumu? Mungkin 200% jawabannya beli.

Kue uler-uleran yang lagi nge-hits banget [image source]
Boro-boro bikin kue lebaran sendiri, selama puasa bawaannya pengen tidur sepanjang hari, kok. Semangatnya pas jelang magrib, pas mau beli takjil, hehe. Tapi tenang, hari gini banyak banget kok orang-orang yang buka lapak dadakan buat jual kue lebaran, macamnya lebih beragam pula.

Penjual kartu lebaran

Sehari sebelum hari raya, biasanya kartu lebaran bakal ditebar di mana-mana, khususnya buat orang terdekat. Iya sih, sejak ada WhatsApp, lebih banyak orang yang berbagi kartu lebaran hanya lewat pesan instan. Tapi rasanya kalau bisa ketemu langsung, bakal lebih afdol kalau kartu ucapannya berbentuk fisik ya.

Penjual kartu lebaran dadakan masih bertahan dari tahun ke tahun [image source]
Untung masih banyak para penjual kartu lebaran. Kerennya lagi, kalau kamu pesannya agak jauhan dari lebaran, kamu bisa nyetak sendiri nama hingga ucapan yang ingin ditulis.

Asisten rumah tangga pengganti

Banyak ibu-ibu manja yang langsung gegana (gelisah galau merana) kalau ditinggal asisten rumah tangganya mudik. Cucian numpuk, masakan hangus, kamar acakadut, lantai rumah penuh sampah. Pengennya si Bibik buruan balik, tapi nggak tega juga nelponin doi di kampung yang lagi nikmatin hari santai singkatnya bareng keluarga.

Asisten rumah tangga dadakan di hari lebaran [image source]
Karena nggak kuat sama ribetnya kerjaan rumah tangga, alhasil para nyonya terpaksa cari asisten rumah tangga sementara. Biasanya bakal banyak yang bersedia, tapi ya gitu, kerja di momen lebaran itu hitungannya harian dan harganya bisa dua kali lebih mahal. Kesempatan.

Itulah lima pekerjaan dadakan di momen lebaran. Di mana yang lain pada berhari raya, eh masih ada yang sibuk kerja. Tapi hasilnya lumayan, sih. Bisa aja memanfaatkan kesempatan ya, hehe…

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

7 Mobil Jadul Legendaris yang Keberadaannya Masih Sangat Diandalkan

Menengok Khidmat dan Bahagianya Momen Lebaran Para Pasukan Perdamaian TNI di Negeri Orang